Jumat, 16 Desember 2011

RPP SISTEM GERAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah telaah kurikulum
Dosen Pengampu : Sumarno, M.Si


ikip



DISUSUN OLEH :
1. Nur chofifah         08320328
2. Diyah anshori       08320300
3. Ida nurcholifah    08320390

 5 H

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :   SMP N 1 Semarang
Mata Pelajaran            :   IPA Terpadu
Kelas / Semester          :   VIII / 1
Standar Kompetensi   :   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar       :   Mendeskripsikan sistem gerak,sistem pernafasan dan sistem
                                        peredaran darah pada manusia dan hubunganya
                                        dengan kesehatan
Indikator                     :
·         Mendeskripsikan berbagai alat gerak
·         Mendeskripsikan berbagai penyakit yang mengganggu sistem gerak
·         Mendeskripsikan berbagai organ sistem pernafasan pada manusia
·         Mendeskripsikan berbagai fungsi dari organ sistem pernafasan
·         Membandingkan proses inspirasi dan proses ekspirasi dalam sistem pernafasan
·         Membagankan proses pernafasan pada manusia
·         Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mendeskripsikan macam organ penyusun sistem peredaran darah manusia
·         Mendeskripsikan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah
·         Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
 Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit ( 3 kali pertemuan )

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Pertemuan Pertama
1.   Siswa mampu menunjukkan macam persendian
2.   Siswa mampu membedakan struktur dan cara kerja otot polos,otot lurik,dan otot jantung
3.  siswa mampu mendeskripsikan sistem gerak dan hubunganya dengan kesehatan



·         Pertemuan Kedua
1.   Siswa mampu mendeskripsikan pengertian dan tujuan dari pernafasan
2.   Siswa mampu mendeskripsikan macam dan fungsi organ pernafasan
3.   Siswa mampu membedakan antara inspirasi dan ekspirasi
4.   Siswa mampu membedakan antara pernafasan perut dan pernafasan dada.
5.  Siswa mampu menyebutkan contoh penyakit yang menggangu sistem pernafasan


·         Pertemuan Ketiga
1.   Siswa mampu membedakan ciri dan fungsi pembuluh nadi,pembuluh balik dan pembuluh kapiler
2.  Siswa mampu mendeskripsikan pengertian peredaran darah
3. Siswa mampu mendeskripsikan fungsi macam organ penyusun sistem peredaran darah

B.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Sistem Gerak Manusia
Kerangka tubuh manusia dapat terbentuk karena hubungan antar tulang yang satu dengan tulang yang lain.Hubungan antar tulang tersebut dinamakan peresendian.Dari sifat geraknya, persendian dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu sendi mati,sendi kaku dan sendi gerak.
A.    Sendi Mati
     Sendi mati adalah hubungan antar tulang yang sudah tidak dapat digerakkan lagi.misalnya adalah persendian pada tulang tengkorak kepala.
B.     Sendi Kaku
     Sendi kaku adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan adanya sedikit gerakan misalnya adalah persendian pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki,hubungan tulang rusuk dengan tulang belakang dan tulang dada.
C.     Sendi Gerak
     Sendi gerak adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan lebih bebas.
            Berdasarkan sifat geraknya,sendi ini dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu sendi engsel,sendi peluru,sendi putar dan sendi pelana.
  1. Sendi Engsel
Sendi engsel adalah persendian yang memungkinkan gerakan satu arah,seperti gerakan pada pintu.Misalnya adalah persendian pada siku dan lutut

  1. Sendi peluru
Sendi peluru merupakan hubungan dua tulang,yang satu berbentuk mangkuk sendi dan yang lain berbentuk bonggol yang bersesuaian.Sendi peluru merupakan persendian yang dapat bergerak kesegala arah.Misalnya adalah persendian pada lengan atas dengan gelang bahu dan tulang paha dengan gelang pinggul.
  1. Sendi putar
Sendi putar merupakan persendian yang mengakibatkan salah satu tulang dapat berputar terhadap tulang yang lain sebagai poros sendi.Misalnya adalah persendian pada lengan atas dengan gelang bahu dan tulang paha dengan gelang pinggul.
  1. Sendi Pelana
Sendi pelana merupakan persendian yang memungkinkan gerakan kedua arah.Misalnya adalah persendian pada tulang telapak tangan dengan ibu jari.
Penyakit atau kelainan tulang yang dapat disebabkan oleh infeksi kuman penyakit.Kelainan tersebut diantaranya adalah
a)      Polio,disebabkan oleh virus polio.Penyakit ini dapat menyebabkan penderita menjadi lumpuh.pencegahanya yaitu pemberian imunisasi pada saat bayi.
b)      Sifilis,menyebabkan penderita tidak bertenaga atau mengalami layu semu.
c)      Artritis yaitu peradangan pada sendi
D.    Macam-macam otot
a.       Otot polos
Ciri-cirinya yaitu :
1.      Terdiri atas sel-sel otot polos
2.      Terdapat satu inti pada setiap selnya
3.      Berbentuk gelondong
4.      Tidak melekat pada rangka tubuh
b.      Otot lurik
Ciri-cirinya :
1.      Terdiri atas sel-sel otot lurik
2.      Sel memiliki banyak inti
3.      Berbentuk silindris panjang
4.      Melekat pada rangka tubuh
c.       Otot jantung
Ciri-cirinya yaitu :
1.      Terdiri atas sel-sel otot lurik
2.      Berbentuk silindris
3.      Memiliki banyak inti sel
4.      Gerakan tidak cepat
E.     Cara Kerja Otot
a.       Otot antagonis
Yaitu otot yang hubungan kerjanya bersifat berlawanan.
b.      Otot sinergis
Yaitu dua otot yang dapat bekerja sama atau bekerja secara bersamaan.
2.      Sistem pernafasan
A.    Pengertian pernafasan
    Pernafasan pada manusia merupakan serangkaian pengambilan oksigen dan pengeluaran sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air.
B.     Alat pernafasan manusia
a)      Hidung
Hidung berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk yaitu melalui bulu-bulu hidung dan selaput lendir. Selain itu, hidung juga dapat menyesuaikan udara yang masuk agar sesuai dengan suhu dan kelembaban.
b)      Faring
Faring merupakan saluran pernafasan yang berada pada lintasan makanan dan udara.
c)      Laring
Laring meupakan daerah kotak suara dengan selaput suara. Pada laring terdapat katup pangkal tenggorok ( epligotis ) dan tulang rawan yang membentuk jakun.
d)     Trakea
Trakea terletak di depan kerongkongan. Trakea tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Trakea bercabang dua yaitu ke kanan menuju paru-paru kanan dan ke kiri menuju paru-paru kiri.
e)      Bronkus
Bronkus tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin .
f)       Paru-paru
Paru-paru terletak di dalm rongga dada di atas diafragma. Paru-paru manusia ada sepasang, sebelah kanan dan kiri. Pada bagian kiri terdiri atas dua lobus dan kanan terdiri atas tiga lobus.
C.     Proses pernafasan
1)      Pernafasan dada
Pernafasan dada terjadi karena gerakan otot-otot antar tulang rusuk. Proses pernafasan dada diawali dengan kontraksi otot tulang rusuk, akibatnya tuilang rusuk terangkat. Rongga dada mengembang sehingga terjadi inspirasi. Sebaliknya saat otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk kembali pada kedudukan semula. Rongga dada kembali mengecil sehingga udara keluar atau ekspirasi.
2)      Pernafasan perut
Pernafasan perut terjadi akibat gerakan sekat diafragma. Sekat diafragma berkontraksi sehingga menjadi datar dan paru-paru mengembang ke arah perut. Akibatnya paru-paru mengembang, udara luar masuk ke dalam paru-paru ( inspirasi ). Pada saat sekat diafragma relaksasi, paru-paru mengempis sehingga udara dalam paru-paru terdorong keluar ( ekspirasi ).
F.      Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernafasan
Beberapa penyakit yang menyerang sistem pernafasan di antaranya :
1.      Asma , terjadi penyempitan pada saluran pernafasan.
2.      Tuberkulosis, adanya infeksi pada paru-paru oleh bakteri.
3.      Trakitis, adanya infeksi pada trakea.
4.      Influenza, adanya infeksi pada saluran pernafasan oleh virus..
5.      Pneumonia, terjadi radang pada paru-paru.
6.      Kanker paru-paru, disebabkan terlalu banyak merokok.
3.      Sistem peredaran darah
Sistem peredaran darah merupakan alat transportasi pada manusia yang terkoordinasi dalam suatu sistem. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, jantung dan pembuluh darah.
A.    Darah
Darah berguna untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh sel-sel tubuh serta mengangkut karbondioksida dan zat-zat sisa ke organ pengeluaran.
Darah terdiri dari plasma darah ( meliputi serum dan fibrinogen ) dan sel darah ( meliputi sel darh merah, sel darah putih, dan keping darah ).
B.     Jantung
Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung lebih kurang sebesar genggaman tangan kita masing-masing. Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang bekerja terus-menerus sepanjang hidup kita. Pada dasarnya, jantung adalah semacam otot yang memiliki rongga. Rongga jantung manusia terdiri atas 4 ruangan yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan,  dan bilik kiri.
C.    Pembuluh darah
Pembuluh darah adalah suatu saluran yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Beberapa macam pembuluh darah yaitu
1.      pembuluh nadi ( arteri )
pembuluh nadi merupakan pembuluh yang membawa darah keluar dari jantung menuju kapiler. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta yaitu pembuluh nadi yang meninggalkan bilik kiri jantung.
2.      pembuluh balik ( vena )
pembuluh balik adalah pembuluh yang mengalirkan darah kembali ke jantung. Vena dibedakan atas vena tubuh dan vena pulmonalis. Vena tubuh merupakan pembuluh balik yang berasal dari seluruh tubuh kecuali paru-paru. Vena tubuh mengalir darah yang kaya dengan karbondioksida. Vena pulmonalis adalah pembuluh balik yang berasal dari paru-paru dan di dalamnya mengalir darah yang kaya dengan oksigen.
Perbedaan abtara pembuluh arteri dan vena yaitu
a.       arteri berfungsi mengalirkan darah keluar dari jantung menuju kapiler sedangkan vena berfungsi mengalirkan darah kembali ke jantung.
b.      Arteri memiliki dindind yang tebal dan elastis sedangkan vena memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis.
D.    proses peredaran darah manusia
a.       Peredaran darah besar
peredaran darah besar adalah peredaran darah jantung ke seluruh tubuh. Peredaran darah besar dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh.
b.      Peredaran darah kecil
Peredaran darh kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah kecil dimulai dari bilik kanan jantung mengangkut karbondioksida menuju ke paru-paru. Di dalam paru-paru, karbondioksida dilepas dan diganti oksigen.
E.     Gangguan pada sistem peredaran darah diantaranya :
1.      peracunan pada hemoglobin
2.      anemia
3.      leukimia
4.      hemofilia
5.      hipertensi
6.      hipotensi
7.      sinkop
8.      gagal jantung
9.      stroke
C.  METODE PEMBELAJARAN
1)      Model pembelajaran          : Cooperative Learning
2)      Metode pembelajaran        : Diskusi
                              : Penugasan
                              : Ceramah
D.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN
v  Pertemuan I :  Sistem gerak manusia
1.     Kegiatan Pendahuluan 
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk ke dalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
3.      Guru menanyakan ada tidak siswa yang sakit kepada salah satu siswa, kemudian mempresensinya
4.      guru menanyakan kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya, untuk mengeetahui apakah siswa telah memahaminya
5.      Guru menyampaikan sub bab materi yang akan disampaikan, yaitu mengenai sistem gerak manusia.

§  Motivasi dan Apersepsi  :
1.      Guru memberikan gambaran tentang sistem gerak manusia
2.      Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan seperti :
Apakah kalian pernah melakukan olahraga?dan apabila kalian melakukan olahraga apakah kalian merasakan sendi tulang kalian bergerak?

2.     Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
1.       siswa dapat mencari informasi dengan menggunakan buku, atau melalui browsing internet untuk materi sistem gerak Siswa dapat mencari sumber dari internet dengan alamat website :
                                                                                      
b)     Elaborasi
1.Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok
   terdiri atas empat siswa.
2.Kemudian, siswa diminta menggolongkan macam-macam sendi menurut
   sifatnya.
3.Siswa diminta menjelaskan macam-macam sendi gerak menurut arah geraknya
4.Siswa diminta menunjukkan sendi-sendi yang menghubungkan tulang-tulang
    Manusia
5.Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan  masalah tersebut

c)      Konfirmasi
1.      Guru memberikan nilai plus atau hadiah bagi kelompok yang dapat memecahkan masalah dalam diskusi dengan baik
2.      Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan pertanyaan yang dapat memotivasi siswa tentang sistem gerak
3.      Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil yang telah dicapai
3.     Penutup
a.       Guru menyimpulkan kembali hasil diskusi kelas
b.      Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilakukan dengan konsisten dan terprogam
c.       Guru mempersiapkan tindak lanjut dalam bentuk remidi
d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
e.       Guru memberikan tugas kepada siswa yaitu mendata macam penyakit yang berhubungan dengan sistem gerak pada manusia.
f.       Menutup pelajaran



v  Pertemuan II :Sistem pernafasan pada manusia
1.   Pendahuluan
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk kedalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
3.      Guru menanyakan kabar siswa, kemudian mempresensinya
4.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya, untuk mengeetahui apakah siswa telah memahaminya
5.      Guru menyampaikan sub bab materi yang akan disampaikan, yaitu mengenai sistem pernafasan

§  Motivasi dan Apersepsi :
Guru memberikan motivasi dan apersepsi yaitu dengan meminta siswa melakukan lari di tempat selama 5 menit. Kemudian guru menanyakan kepada siswa ” apa yang kalian rasakan setelah kalian melakukan lari-lari kecil? Apakah sama seperti sebelum melakukan lari-lari kecil?

2.   Inti
a)      Eksplorasi
1.      Siswa dapat melihat buku paket biologi SMP kelas 8 karangan saeful karem dkk halaman 39-53 sebagai refrensi lain
2.      Guru memfasilitasi siswa untuk mengembangkan pengetahuan siwa melalaui media pembelajaran, seperti powerpoint tentang proses pernafasan pada manusia.
b)     Elaborasi
1.      Siswa diminta membentuk kelompok,masing-masing kelompok terdiri atas lima siswa kemudian siswa diminta berdiskusi tentang proses pernafasan dan organ-organ dalam proses pernafasan.
2.      Siswa dapat mencari jawaban pada buku paket biologi SMP kelas 8 karangan
Kadaryanto,S.pd. dkk halaman 43-58, LKS atau pada refrensi lain
3.      Siswa diberi waktu 15 menit untuk mendiskusikannya

4.      Setelah diskusi selesai, bersama-sama dengan siswa, menarik kesimpulan dari keempat diskusi



c)      Konfirmasi
1.      Guru memberi nilai plus untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari permasalahan yang ada
2.      Guru menyampaikan kesimpulan yang sebenarnya dari diskusi kelas
3.      Guru memberikan konfirmasi penilaian elaborasi dan eksplorasi
3.   Penutup
a.   Guru memberi refleksi kegiatan, seperti memberi 3 petanyaan secara lisan untuk memperkuat pengetahuan siswa
                  b.  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari artikel tentang penyakit yang
                       berhubungan dengan pernafasan.
c.   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
d.   Menutup pelajaran

v  Pertemuan III : Sistem peredaran darah manusia
1.   Pendahuluan
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk kedalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum proses belajar mengajar dimulai
3.      Guru menanyakan ada tidak siswa yang tidak masuk kelas kepada salah satu siswa, kemudian mempresensinya
4.      Guru mengulas sedikit materi pada pertemuan sebelumnya untuk meningkatkan daya ingat siswa
5.      Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan, yaitu mengenai sistem peredaran darah manusia dan contoh penyakit yang ditimbulkan

§  Guru memberikan Apersepsi yang berupa ’’ biasanya jika kalian selesai olahraga, apa yang kalian rasakan pada jantung atau nadi kalian? Apakah denyutnya lebih cepat atau justru lebih lambat?”
§  Guru memberikan motivasi, ”Dengan demikian kita akan mempelajari materi yang berhubungan tentang jantung yaitu sistem peredaran darah”.   
§  Prasyarat pengetahuan :
Apakah yang dimaksud dengan sistem peredaran darah ?
2.   Inti
a.      Eksplorasi
1.Guru membentuk kelompok
2.Tiap kelompok terdiri dari 4 orang,yaitu terdiri dari kelompok asal dan kelompok
   ahli
                       3.Guru membimbing tiap anggota kelompok, dari kelompok asal ke kelompok ahli
                       4.Dari kelompok baru ini masing-masing kelompok ahli mencari informasi dari
                             beberapa sumber
                       5.Sumber dapat didapat dari website :
http://www.crayonpedia.org/mw/peredaran darah_Manusia,_dan_Kesehatan

b.      Elaborasi
1.      Dari masing-masing kelompok ahli mendiskusikan masalah
2.      Setiap kelompok memecahkan masalah
Seperti,
Kelompok 1 :Membedakan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
Kelompok 2 : Mengamati dan mendeskripsikan organ-organ yang berhubungan
                      dengan sistem peredaran darah manusia
Kelompok 3 : menyebutkan dan mendeskripsikan berbagai penyakit yang
                      ditimbulkanya
3.      Siswa diberi waktu 15 menit untuk mendiskusikannya
4.      Setelah itu, kelompok baru kembali ke kelompok asal atau kelompok ahli masing-masing untuk mendiskusikan permasalahan yang telah didapat kepada kelompok asalnya, begitu seterusnya
5.      Setelah diskusi selesai, bersama-sama dengan siswa, menarik kesimpulan dari keempat diskusi
c.       Konfirmasi
1.      Guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan kepada siswa
2.      Guru memberikan kesimpulan
3.      Mengkonfirmasi ulang penilaian
3.   Penutup
a. Guru memberikan nilai plus untuk siswa yang aktif dalam berdiskusi
b. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
c. Menutup pelajaran

E.                 SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
·         Buku Paket Biologi SMP Kelas 8 karangan saeful karem dkk halaman 44-126
·         LKS
·         Internet, alamat website :

Media Peembelajaran  :
·         OHP/komputer –LCD
·         Power point

F.                 PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik Penilaian :
-          Tes Tertulis
-          Tes Unjuk kerja
Bentuk Instrumen :
-          Isian
-          Pilihan Ganda
Contoh Instrumen :
Tes Isian :
1.   Deskripsikan macam-macam sendi gerak pada manusia !
2.   Mengapa menghirup udara pernapasan lewat hidung lebih baik dari pada lewat mulut?
3.   Jelaskan perbedaan ciri-ciri pembuluh nadi dan pembuluh balik !
                                                                                                       
Jawaban :
1.      Sendi gerak pada manusia :
a.       Sendi engsel yaitu persendian yang memungkinkan gerakan satu arah seperti gerakan pada pintu misalnya persemdian pada siku dan lutut.
b.      Sendi peluru yaitu hubungan dua tulang yang satu berbentuk mangkuk sendi sedangkan tulang yang lain berbentuk bonggol yang bersesuaian. Sendi peluru merupakan persendian yang dapat bergerak ke segala arah misalnya persendian pada lengan atas dengan gelang bahu.
c.       Sendi putar yaitu persendian yang mengakibatkan salah satu tulang dapat berputar terhadap tulang yang lain sebagai poros sendi misalnya persendian pada tulang atlas dengan tulang pemutar.
d.      Sendi pelana yaitu persendian yang memungkinkan gerakan kedua arah misalnya persendian pada tulang telapak tangan dengan ibu jari.

2.      Karena di dalam hidung terdapat selaput lender dan bulu-bulu hidung yang berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh menjadi bersih. Selain itu, udara yang masuk melalui hidungbisa mengalami penyesuaian terhadap suhu dan kelembaban sesuai dengan kondisi tubuh kita.

3.      Perbedaan pembuluh nadi, vena dan kapiler.
Ø  Pembuluh nadi berfungsi mengalirkan darah keluar dari jantung menuju kapiler. Sedangkan pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah kembali ke jantung.
Ø  Pembuluh nadi memiliki  dinding yang tebal dan elastic sedangkan vena memiliki dinding yang tipis dan tidak elastic.
Ø  Pada pembuluh nadi, denyut nadi dapat dirasakan sedangkan vena tidak dapat dirasakan.
Tes PG    :
1. yang ternasuk ciri-ciri otot polos adalah........
a. selnya berinti banyak
b. kerjanya tak sadar
c. sel berbentuk silindris
d. terdapat pada rangka
Jawaban B

2. Inspirasi pernafasan perut akan terjadi jika......
a. otot antar tulang rusuk berkontraksi, maka menyebabkan tulang rusuk terangkat
b. otot antar tulang rusuk relaksasi menyebabkan tulang rusuk kembali pada kedudukan semula
c. sekat diafragma berkontraksi maka diafragma menjadi agak datar
d. sekat diafragma relaksasi maka diafragma menjadi agak cekung
Jawaban C

3. darah yang kaya akan ioksigen adalah darah yang berasal dari........
a. arteri pulmonalis
b. vena pulmonalis
c. vena cava atas
d. vena cava bawah
Jawaban B
           


2.      Instrumen Penilaian         :
Nilai yang diperoleh =
 
                                                Skor yang diperoleh
                                                                                            X 100 %
                                     Skor maksimal

Semarang,.......................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel

...........................................                                         ......................................
()                                  ()
NIP.    196011061983031010                                    NIP. 198405192009022005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar