Lembar Kerja Siswa
( LKS )
I. Tujuan : Mengetahui berlangsungnya proses osmosis
II. Alat dan Bahan
- Kentang
- Larutan gula pasir konsentrasi 5%
- Lautan gula pasir konsentrasi 20%
- Neraca / timbangan
- Stop watch
- Pisau
- Penggaris
- Kain atau tissue
- Beker glass
III. Cara Kerja
1. Memotong kentang menjadi tiga bagian, masing-masing berukuran 3x4 sebanyak 9 buah
2. Mengeringkan ketiga potongan umbi tersebut dengan tissue
3. Menimbang dan mencatat berat masing-masing umbi
4. Menyiapkan tiga beker glass, mengatur ketiga beker glass seperti :
o Beker glass I diisi air + umbin kentang, sampai umbi kentang terendam air
o Beker glass II diisi larutan gula 5% + umbi kentang
o Beker glass III diisi larutan gula 20% + umbi kentang
5. Membiarkan selama 24 jam ( satu hari satu malam )
( A) ( B ) ( C )
........................... ............................. ..........................
;;;;;;;;;;;;;;; ;;;; ;;;;;;;;;;;;;;;;;. ;;; ;;;;;;;;;;;;;.. ;;
;;;;;;; ;;;;;;; ;;;;;;;; ;;;;;;;; ;;;;;; ;;;;;;;;
;;;;;; ;;;;;;;;;;;;;;;; ;;;;;;;; ;;;;;;;;;;;;;;; ;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
Potongan sama air potongan sama air gula potongan sama
Jernih yang encer larutan gula yang
Pekat
6. Mengeluarkan ketiga umbi kentang pada saat yang bersamaan dan mengeringkan dengan tissue.
7. Berikan label pada setiap beker glass
8. Menimbang dan mencatat kembali berat kentang
9. Catat perubahan bentuk, warna atau tekstur umbi pada tabel hasil pengamatan
IV. Hasil Pengamatan
Tabel Pengamatan ( Konsentrasi 0 % )
No. | Perlakuan | Berat Kentang | Volume Larut Gula | Kondisi | ||
Awal | Akhir | Awal | Akhir | |||
A1. | | | | | | |
A2. | | | | | | |
A3. | | | | | | |
Tabel Pengamatan ( Konsentrasi 5 % )
No. | Perlakuan | Berat Kentang | Volume Larut Gula | Kondisi | ||
Awal | Akhir | Awal | Akhir | |||
A1. | | | | | | |
A2. | | | | | | |
A3. | | | | | | |
Tabel Pengamatan ( Konsentrasi 20 % )
No. | Perlakuan | Berat Kentang | Volume Larut Gula | Kondisi | ||
Awal | Akhir | Awal | Akhir | | ||
A1. | | | | | | |
A2. | | | | | | |
A3. | | | | | | |
V. Analisis
1. Dalam penelitian ini, mengapa panjang potongan kentang harus sama?
........................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Mengapa terjadi perubahan berat pada umbi ketang?
........................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Adakah perubahan warna, bentuk atau tekstur umbi? Mengapa?
........................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Dalam praktikum kali ini termasuk dalam larutan hipertonik, isotonik, atau hipotonik?jelaskan!
........................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Hal apa saja yang mempengaruhi ada tidaknya konsentrasi larutan pada umbi kentang?
........................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar