Sabtu, 17 Desember 2011

RPP Memahami manfaat keanekaragaman hayati


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah            : SMA N 01 Tanjung
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semmester     : x / Semeter genap
Alokasi waktu            : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

Standar Kompetensi :
Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan ciri-ciri division dalam dunia tumbuhan dan peraannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Indikator :
Pertemuan I
1.      Membandingkan ciri-ciri dari masing-masing divisio tumbuhan lumut dan paku melalui pengamatan gambar
2.      Mengklasifikasikan masing-masing divisio tumbuhan paku dan lumut berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki melalui pengamatan gambar
3.      Membagankan daur hidup dari masing-masing divisio tumbuhan lumut dan paku
4.      Mengaplikasikan peranan dari masing-masing division tumbuhan lumut dan paku
Pertemuan II
1.      Mendiskripsikan cirri-ciri tumbuhan gymnospermae melalui pengamatan gambar
2.      Mengklasifikasikan jenis tumbuhan gymnospermae berdasarkan ciri-cirinya melalui pengamatan gambar.
Pertemuan III
1.      Membandingkan ciri-ciri tumbuhan dikotil dan monokotil melalui pengamatan secara langsung.
2.      Mengaplikasikan peranan tumbuhan gymnospermae pada kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan I
1.      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri dari tumbuhan lumut dan paku melalui pengamatan gambar
2.      Siswa dapat membedakan ciri-ciri tumbuhan lumut dan paku melalui pengamatan
3.      Siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan lumut dan paku berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki
4.      Siswa dapat mmembedakan daur hidup tumbuhan lumut dan paku
5.      Siswa dapat mengaplikasikan peranan dari tumbuhan lumut dan paku ke dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan II
1.      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri dari tumbuhan gymnospermae melalui pengamatan gambar
2.      Siswa dapat membedakan ciri-ciri tumbuhan gymnospermae melalui pengamatan gambar
3.      Siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan gymnospermae berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki
4.      Sisawa dapat menjelaskan daur hidup tumbuhan gymnospermae
5.      Siswa dapat membagankan daur hidup tumbuhhan gymnospermae
6.      Siswa dapat mengaplikasikan peranan dari tumbuhan gymnospermae ke dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan III
1.      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri dari tumbuhan Angiospermae melalui pengamatan gambar
2.      Siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan Angiospermae berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki
3.      Siswa dapat menjelaskan daur hidup tumbuhan Angiospermae
4.      Siswa dapat mengaplikasikan peranan dari tumbuhan lumut dan paku ke dalam kehidupan sehari-hari
Materi  Pokok  :
Bryophyta, Ptridophyta, Spermatophyta
Strategi Pembelajaran :
Pertemuan I
Model                    :   Jigsaw
Metode                  :   Ceramah, Tanya jawab , Diskusi
Pertemuan II
Model                    :  Jigsaw
Metode                  :  Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Pertemuan III
Model                    :  Jigsaw
Metode                  :  Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
Pedahuluan
-          Guru masuk kelas dan megucapkan salam
-          Guru mengecek kehadiran
-          Orientasi :
-          Guru memperlihatkan gambar tempat-tempat yang banyak ditumbuhi lumut, seperti kamar mandi, sumur dan sungai.
-          Apersepsi :
-          Dari gambar tersebut, apa yang kalian lihat?  Apakah ditempat tersebut terdapat tumbuhan lumut?
-          Motivasi :
-          Mengapa tumbuhan lumut tumbuh di tempat-tempat tersebut?
Inti
-          Eksplorasi :
-          Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari guru mengenai tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.
Elaborasi :
-          Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 4-6 siswa.
-          Siswa mengelompok dengan anggota kelompoknya.
-          Siswa mendengarkan petunjuk dari guru tentang apa yang harus dilakukan dalam kelompok.
-          Masing-masing kelompok mendapatkan LKS yang telah disiapkan oleh guru.
-          Siswa dalam satu kelompok mendiskusikan LKS tersebut.
-          Konfirmasi :
-          Perwakilan dari masing-masing kelompok mengkomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
-          Kelompok yang lain diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil presentasi dari kelompok yang lain.
-          Guru menanggapi hasil presentasi seluruh siswa dan memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa.

Penutup
-          Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-          Guru memberikan tugas siswa untuk merangkum materi pembelajaran tentang gymnospermae.
-          Guru menutup kegiatan pembelajaran dan mengucapakan salam.

Pertemuan II
Pendahuluan
-          Guru masuk dan mengucapkan salam
-          Guru mengecek kehadiran
-          Orientasi : memperlihatkan berbagai gambar jenis-jenis makanan seperti emping, sayur asam dll.
-          Apersepsi : kalian pernah memakan atau melihat tersebut ? tahu tidak makanan terebut terbuat dari apa? Bahan dasarnya itu apa?

Inti
Eksplorasi :
-          Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari guru tentang materi gymnospermae
Elaborasi :
-          Siswa dibagi kelompok menjadi 4 kelompok
-          Siswa mengelompok dengan anggota kelompoknya dengan anggota kelompoknya masing-masing
-          Siswa diberi LKS yang sudah dipersiapkan oleh guru
-          Siwa mendengarkan penjelasan guru mengenai petunjuk yang harus dilakukan
-          Siswa mendiskusikan LKS tersebut
Konfirmasi :
-   siswa mengkomunikasikan hasil diskusinya
-          kelompok lain dieri kesempatan untuk menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain
-          guru menanggapi hasil presentasi semua kelompok dan member penguatan dari semua hasil diskusi siswa.
Penutup
-          guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
-          guru member tugas kepada masing-masing kelompok untuk membawa tanaman bayam, Lombok, tomat, kacang tanah, jeruk nipis, bunga pukul empat, bunga mawar,dll
-          guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

Pertemuan III
Pendahuluan
-          orientasi : guru meminta siswa untuk menunjukkan tanaman yang telah di bawa.
-          Apersepsi : nah dari berbagai macam tannaman yang kalian bawa, termasuk jenis apakah tanaman tersebut?
Inti
Eksplorasi
-          Siswa mendengarkan peenjelasan singkat dari guru tentang materi yang akan diajarkan
Elaborasi
-          Siswa mengelompok dengan anggota kelompoknya
-          Siswa mendapat LKS
-          Siswa mendengarkan petunjuk dari guru tentang pengamatan yang akan dilakssanakan
-          Siswa melakukan pengamatan
-          Siswa melaksanakan diskusi berdasarkan hasil pengamatan
Konfirmasi
-          Perwakilan dari massing-masing kelompok, mempresentasikan hasil diskusinya
-          Kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi hasil presentasi kelompok lain
-          Guru membrikan umpan balik dan penguatan tterhadap semua hasil presentasi siswa.
Penutup
-          guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
-          guru member tugas untuk mencari artikel tentang peranan tumbuhan monokotil dan dikotil untuk kehiddupan sehari-hari
-          guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
Sumber Belajar :
-          Buku ajar “Plantae,karangan: Fatmala dkk,hal:1-”
-          LKS
Penilaian :
-          Tes tertulis
o   Bentuk soal : pilihan ganda
Contoh instrumen :
1.      Perhatikan gambar di bawah!
1.           3.   
2.           4.
Manakah yang termasuk jenis tanaman dikotil?
a.      1, 2, 3
b.      2, 3, 4
c.       3, 4, 1
d.      4, 1, 2
e.       1, 2, 4
Jawaban : B
-          Bentuk uraian :
-          Contoh instrumen :
-          1. Jelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil?
-          Jawaban :
-         


http://www.ruangilmu.com/images/BIOLOGI/Kelas%20XI/reproduksi/BEDA%20MONO%20DAN%20DIKO.jpg
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar