RENCANA PELAKSANAAN MIKRO
(RPM)
Disusun untuk memenuhi tugas PPL 1
Oleh:
Desintya Indah Ayu Ainur Syah (08320219)
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN
ILU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPM)
Sekolah :
Mata Pembelajaran : Biologi SMP
Kelas/Semester :VII/Satu
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :20 menit
Standar Kompetensi : Memahami keaneragaman makhluk hidup
Kompetensi dasar :6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
Indikator :
· Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dmiliki
· Menjelaskan cii-ciri makhluk hidup
I. Tujuan pembelajaran
· Siswa Dapat membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
· Siswa dapat mendiskripsikan keaneragaman makhluk hidup untuk mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
· Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi pembelajaran
Semua mahluk hidup memiliki persamaan cir-ciri yang dapat membedakannya dengan benda mati. Ciri-ciri makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, memerlukan makan, tumbuh, menerima rangsang dan mengeluarkan zat sisa.
III. Metode/Model Pembelajaran
Metode pembelajaran
ü Ceramah
Model pembelajaran
ü Direct intruction
IV. Kegiatan pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran:
A. Kegiatan awal
1. Praktikan memberikan salam dan menanyakan keadaan peserta PPL
2. Guru melakukan presensi
3. Guru memberikan apersepsi
v Siapa diantara kalian pernah ke kebun binatang dan ke goa?
v Apa Kira-kira apa yang kalian temukan bila pergi kesana?
v Dapatkah kalian membedakan gajah dengan batu?
B. Kegiatan inti
v Eksplorasi
1. Guru menyampaikan kompetensi yang akan di capai
2. Guru menyampaikan materi sebagai penggantar
3. Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
v Elaborasi
1. Guru menunjukkan peserta didik secara bergantian dan meminta untuk mengedentifikasi gambar yang ditampilkan
2. Guru menanyakan alasan /dasar pemikiran dari hasil analisis peserta siswa
3. Guru meminta peserta didik yang lain untuk menanggapi dari hasil analis temannya tadi
v Konfirmasi
1. Guru mulai menanamkan konsep sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
C. Kegiatan akhir
1. Guru menginformasikan kepada peserta didik agar mempersiapkan materi selanjutnya
2. Guru menutup pelajaran dengan salam
V. Alat/bahan/sumber belajar
1. Buku paket biologi VII
2. Sumber-sumber yang relevan
VI. Media
1. LCD
2. Komputer
3. White board
VII. Evaluasi
1. Teknik : lisan dan kerja
Semarang,.....................................
Dosen Pembimbing Mahasiswa Praktikan
.................................... .......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar