Rabu, 14 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IKIP WARNA
Disusun Oleh :
Kribut Dawaryo
BIOLOGI 6H


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2011




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Mata Pelajaran                     : Biologi
Kelas/Semester                     : XII/1
Pertemuan Ke-                     : 1-4
Alokasi Waktu                     : 7 x 45 menit
Standar Kompetensi           : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar                : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
Indikator                             : 1. Menjelaskan reaksi-reaksi yang terjadi pada respirasi (glikolisis, siklus Krebs, transpor elektron).
2. Menjelaskan reaksi yang terjadi pada respirasi anaerob (fermentasi  alkohol dan fermentasi asam laktat).
3. Menentukan zat yang dihasilkan pada proses fermentasi dengan melakukan percobaan
4. Menjelaskan reaksi-reaksi yang terjadi pada proses fotosintesis dan kemosintesis.
5. Menjelaskan keterkaitan antara proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

I. Tujuan Pembelajaran
A. Siswa dapat mendeskripsikan tahapan reaksi pada respirasi aerob.
B. Siswa dapat menjelaskan reaksi anaerob, yaitu fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat.
C. Siswa dapat membandingkan jumlah energi antara respirasi aerob dan anaerob.
D. Siswa dapat mendeskripsikan macam zat yang dihasilkan pada proses fermentasi melalui percobaan.
E.  Siswa dapat mendeskripsikan tahapan dalam reaksi fotosintesis.
F.  Siswa dapat menjelaskan reaksi kemosintesis dan macam organisme yang melakukan proses kemosintesis.
G. Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

II. Materi Ajar
Katabolisme adalah proses pemecahan molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim. Pada proses ini dihasilkan energi sehingga disebut juga sebagai reaksi eksergonik. Katabolisme terjadi pada respirasi aerob dan respirasi anaerob. Pada reaksi aerob terdapat beberapa tahap reaksi, yaitu glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron. Respirasi anaerob dikenal dengan fermentasi, misalnya fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat.
Kemosintesis tidak memerlukan cahaya sebagai sumber energi tetapi menggunakan zat kimia misalnya sulfida, nitrogen, sulfur, besi, amonia, dan nitrit. Zat kimia tersebut dioperoleh dari lingkungannya.
Reaksi pada katabolisme adalah reaksi penguraian yang memecah molekul dan cenderung melepaskan energi. Reaksi pada anabolisme cenderung memerlukan energi. Bisa dikatakan bahwa katabolisme memicu anabolisme karena katabolisme menyebabkan sintesis ATP  yang digunakan untuk anabolisme.

III. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
A.    Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi: Guru bertanya mengapa makanan, misalnya nasi, daging, dan susu sering dikatakan sebagai sumber energi? Bagaimana tubuh dapat mengubah makanan menjadi energi?
4.      Motivasi : Mengapa kita selalu melakukan respirasi?Apa yang dihasilkan saat kita bernafas?
B.     Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
·         Eksplorasi
1.      Guru meminta siswa untuk membaca literatur tentang proses dalam respirasi aerob yang memiliki tahapan-tahapan, yaitu glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron.
2.      Guru membentuk kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa


·         Elaborasi
1.      Guru membagikan lembar kerja siswa pada setiap kelompok dan meminta setiap kelompok mendiskusikan tentang tahap-tahap dalam proses respiraai aerob.
2.      Guru membimbing diskusi selama proses diskusi berlangsung
3.      Masing-masing perwakilan dari setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusi dengan menempelkan LKS pada papan tulis
4.      Guru memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk memberikan tanggapan atau menyampaikan pendapat.
·         Konfirmasi
1.      Guru menyimpulkan hasil diskusi
2.      Guru mengadakan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa
C.    Kegiatan Akhir (waktu: 10 menit)
1.      Guru dan siswa menyimpukan hasil pembelajaran
2.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
3.      Guru mengucapkan salam penutup
Pertemuan Ke-2
A.    Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi: Guru mengingatkan kembali tahap-tahap reaksi aerob dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang singkat. Selanjutnya, guru memancing minat siswa untuk mempelajari reaksi anaerob dengan bertanya mengapa tapai yang belum jadi apabila terlanjur terkena udara (O2) tidak akan pernah menjadi tapai dengan sempurna?
B.     Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
·         Eksplorasi
1.      Guru menjelaskan sedikit materi tentang fermentasi
2.      Guru membentuk kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa
3.      Guru bertanya tentang kesiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk unjuk kerja(hasil fermentasi)

·         Elaborasi
1.      Guru membagikan lembar kerja siswa pada setiap kelompok dan meminta setiap kelompok mendiskusikan tentang hasil fermentasi
2.      Guru membimbing praktikum selama proses praktikum berlangsung
3.      Masing-masing perwakilan dari setiap kelompok mengumpulkan hasil praktikum
4.      Guru memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk menyimpulkan hasil praktikum
·         Konfirmasi
1.      Guru menyimpulkan hasil praktikum
2.      Guru mengadakan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa
C.    Kegiatan Akhir (waktu : 10 menit)
1.      Guru dan siswa menyimpukan hasil pembelajaran
2.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
3.      Guru mengucapkan salam penutup
Pertemuan Ke-3
A.    Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi: Guru bertanya, ”Apakah perbedaan antara katabolisme dan anabolisme?”
4.      Motivasi: Mengapa tumbuhan melakukan fotosintesis?
B.     Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
·         Eksplorasi
1.      Guru menjelaskan sedikit materi tentang fotosintesis
2.      Guru membentuk kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa
3.      Guru bertanya tentang kesiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk unjuk kerja(hasil fotosintesis)
·         Elaborasi
1.      Guru membagikan lembar kerja siswa pada setiap kelompok dan meminta setiap kelompok mendiskusikan tentang hasil fotosintesis
2.      Guru membimbing praktikum selama proses praktikum berlangsung
3.      Masing-masing perwakilan dari setiap kelompok mengumpulkan hasil praktikum
4.      Guru memberikan kesempatan pada setiap siswa untuk menyimpulkan hasil praktikum
·         Konfirmasi
3.      Guru menyimpulkan hasil praktikum
4.      Guru mengadakan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa
c.       Kegiatan Akhir (waktu : 10 menit)
1.      Guru dan siswa menyimpukan hasil pembelajaran
2.      Guru memberi tugas untuk merangkum meringkas tahapan yang terjadi pada fotosintesis pada buku tugas untuk dikumpulkan minggu depan
3.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
4.      Guru mengucapkan salam penutup
Pertemuan Ke-4
A.    Kegiatan Awal (waktu: 5 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi: Guru bertanya kepada siswa, ”Apakah hanya tumbuhan yang mampu melakukan fotosintesis?”
4.      Motivasi :Bagaimana cara bakteri mendapatkan makanan?
B.     Kegiatan Inti (waktu: 30 menit)
·         Eksplorasi
1.      Guru meminta siswa untuk membaca literatur tentang kemosintesis
2.      Guru meminta siswa berpasangan dengan teman sebangkunya
·         Elaborasi
1.      Guru membagikan lembar kerja siswa pada setiap pasangan siswa
2.      Guru membimbing diskusi selama proses diskusi berlangsung
3.      Guru meminta masing-masing kelompok pasangan siswa untuk mengumpulkan LKS
·         Konfirmasi
1.      Guru menyimpulkan hasil diskusi
2.      Guru mengadakan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa

C.    Kegiatan Akhir (waktu: 10 menit)
1.      Guru dan siswa menyimpukan hasil pembelajaran
2.      Guru memberi tugas untuk merangkum tentang keterkaitan antara proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat pada buku tugas untuk dikumpulkan minggu depan
3.      Guru mengucapkan salam penutup
IV. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan: Tanya jawab, Praktikum, Diskusi, Penugasan
Model pembelajaran : Cooperative Learning, PBL, Picture and picture
Pendekatan :Proses, Inquiri
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A.    Buku Menjelajah Dunia Biologi, Sri Pujiyanto, 2008, TigaSerangkai halaman 34 – 53.
B.     Laboratorium, berupa peralatan seperti: beker gelas, pipa kaca bengkok (huruf L), pembakar spiritus (busen), dan perlengkapannya.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi:
A.    Sikap siswa saat proses pembelajaran (ranah afektif).
B.     Hasil belajar berupa:
1. Laporan kerja praktikum (ranah psikomotor dan kognitif).
2. Kuis (ranah kognitif).
3. Portofolio (ranah kognitif dan psikomotor).
C.     Tes tertulis
1. Jelaskan perbedaan antara anabolisme dan katabolisme berikut dengan contohnya!
2. Apa yang dimaksud dengan glikolisis?
3. Tuliskan dua tahap proses fotosintesis dan hasil akhir dari setiap tahapan tersebut!
4. Tuliskan perbedaan antara fermentasi cuka dan fermentasi alkohol!
5. Apakah perbedaan antara fotosintesis dan kemosintesis?




Mengetahui,                                                                Dilaksanakan, ..........................
Kepala Sekolah                                                           Guru Biologi




(___________________)                                            (___________________)
NIP. ................................                                           NIP. ...............................


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar