Jumat, 16 Desember 2011

Memahami keanekaragaman mahkluk hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


A. Identitas
Nama Sekolah                        :            Mts Nahdhatus Syubban
Mata Pelajaran                        :            IPA/ Biologi
Kelas/semester                        :            VII/ Genap
Alokasi Waktu                       :            2 x 40 menit
Standar Kompetensi               :            Memahami keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi Dasar                  :            Mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk hidup

Indikator

1.      Mengetahui ciri – ciri mahkluk hidup
2.      Memahami ciri – ciri mahkluk hidup
3.      Mendata ciri – ciri mahkluk hidup dan tak hidup
B. Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu mengetahui ciri – ciri mahkluk hidup
2.      Siswa mampu memahami  ciri – ciri mahkluk hidup
3.      Siswa mampu mendata ciri – ciri mahkluk hidup dan tak hidup
C. Materi pembelajaran

Ciri – Ciri Mahkluk Hidup
v  Bergerak
Semua mahkluk hidup dapat bergerak. Manusia dan hewan dapatbergerak bebas atau pindah tempat. Untuk bergerak manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak. Alat gerak dapat berupa kaki untuk berlari, sirip untuk berenang,dan sayap untuk terbang.
Sebaliknya pada tumbuhan pergerakan tumbuhan dilakukan oleh sebagian tumbuhnya sehingga tidak jelas terlihat adanya perpindahan tempat. Ujung batang bergerak kearah datangnya cahaya,akar bergerak kebawah menembus tanah.
v  Makan
Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi mahkluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi,pertumbuhan,dan menggantikan sel yang rusak.Sedangkan air sebagai zat pelarut didalam tubuh.
Setiap mahkluk hidup mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mendapatkan makanan. Tumbuhan hijau dapat menyusun makanan sendiri dari air dan karbon dioksida dengan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis,hasil fotosintesis berupa zat tepung dan zat gula. Karena kemampuannya untuk membuat makanan sendiri,maka tumbuhan disebut sebagai mahkluk hidup autotrof. Mahkluk hidup juga ada yang bersifat heterotrof,yaitu mahkluk hidup yang menggunakan bahan organik sebagai sumber makanannya. Contohnya Manusia dan Hewan
v  Peka terhadap rangsang
Semua mahkluk hidup dapat bereaksi terhadap segala perubahan yang ada disekitarnya. Reaksi ini timbul bila ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya,panas,dingin,bau dari gas,sentuhan,grafitasi,rasa,dan lain – lain. Manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan. Misalnya,mata peka terhdap rangsangan cahaya,telinga peka terhadap getaran suara,hidung peka terhadap bau,kulit peka terhadap sentuhan,dan lidah peka terhadap rasa.
Tumbuhan tidak memiliki indra seperti manusia dan hewan,tetapi peka terhadap rangsangan. Misalnya ujung batang selalu menghadap kearah datangnya cahaya,ujung akar peka terhadap gaya grafitasi. Sifat yang mampu menanggapi rangsangan yang datang dari lingkungan disebut iritabilita.
v  Bernapas
Bernafas memerlukan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan Karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan akan digunakan untuk berbagai aktifitas tubuh.
Manusia dan hewan yang hidup didarat bernafas dengan pari-paru. Hewan air umumnya bernafas dengan insang. Tumbuhan bernafas untuk mengambil oksigen melalui lubang-lubang kecil pada daun yang disebut stomata,dan lubang-lubang kecil dibatang yang disebut Lenti sel.


v  Tumbuh
Semua mahkluk hidup mengalami pertumbuhan,mulia dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang nampak kecil waktu lahir,akan tumbuh menjadi remaja,dan kemudian dewasa. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar. Dengan kata lain tumbuh merupakan pertambahan ukuran tubuh yang tidak dapat kembali lagi keukuran semula. Pertambahan tersebut terjadi karena adanya penambahan jumlah dan pembesaran sel-sel penyusun tubuh.
v  Mengeluarkan zat sisa ( Ekskresi )
Pengeluaran zat sisa oleh mahkluk hidup sangat diperlukan. Zat sisa bersifat racun sehingga bila tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh. Contohnya Zat-zat sisa adalah urin,uap air,karbon dioksida,air,dan garam –garam mineral.
Tumbuhan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air melalui stomata dan lenti sel. Manusia mengeluarkan urin melalui ginjal,karbon dioksida dan uap air melalui paru-paru,air dan garam mineral melalui kulit berupa keringat.
v  Berkembang biak
Anak yang baru dilahirkan akan tumbuh menjadi besar dan sama dengan induknya. Itulah yang disebut berkembang biak.Semua mahkluk hidup dapat berkembang biak. Tujuan mahkluk hidup berkembang biak adalah melestarikan jenisnya. Cara berkembang biak setiap mahkluk hidup berbeda-beda. Perkembang biakan dapat terjadi secara generatif ( Kawin ) dan Vegetatif ( tak kawin ). Reproduksi generatif merupakan reproduksi dengan cara meleburkan sel telur dengan sel sperma. Reproduksi vegetatif merupakan reproduksi tanpa adanya peleburan sel telur dengan sel sperma. Reproduksi vegetatif dapat melalui pertunasan, stek, pembelahan diri, dan umbi.
v  Beradaptasi
Adaptasi adalah mahkluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Misal pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Unta menyimpan air dipunuknya saat lingkungan sekitarnya panas.



D. Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran                         :   Diskusi informasi
Model Pembelajaran               : Pembelajaran Cooperative learning model pembelajaran Think- Pair-Share


E. Kegiatan Pembelajaran
                                     
1.  Kegiatan Pendahuluan
Ø  Orientasi
1.      Guru memberi salam saat masuk ke dalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum melaksanakan proses pembelajaran
3.      Guru menanyakan kabar siswa, serta mempresensi siswa
4.      Guru menyampaikan materi yang akan diberikan yaitu ciri-ciri mahkluk hidup
Ø  Apersepsi
1.         Setelah guru menyampaikan bab yang akan diberikan, guru menanyakan bagaimana pendapat siswa serta bagaimana pengetahuan awal siswa
2.         Setelahsiswa mengetahui bab yang akan diajarkan, guru member pertanyaan:   Apabila kamu kita merasa kedinginan,apa yang akan terjadi pada tubuh kamu? Apa yang harus kita lakukan? Siswa memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut
 Kegiatan Inti                                                                  

Guru membimbing siswa untuk selalu berfikir kritis, logis, teliti, kerja sama, mandiri, dan tanggung jawab

Ø  Eksplorasi
1.      Guru memberi gambaran tentang ciri-ciri mahkluk hidup.
2.      Guru menyampaikan dan menjelaskan materi ciri-ciri mahkluk hidup.
3.      Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok.
4.      Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
5.      Masing – masing kelompok mendiskusikan jawaban dan pertanyaan yang telah diberikan
6.      Guru membimbing kelompok untuk melakukan diskusi dengan kelompoknya masing – masing
7.      Dari tiap - tiap kelompok mencari informasi dari beberapa sumber

Ø  Elaborasi
1.      Dari masing - masing kelompok memikirkan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan
2.      Jika salah satu anggota kelompok sudah mengetahui jawaban tersebut, maka anggota tersebut saling bertukar pikiran dengan kelompoknya masing – masing
3.      Setelah kelompok mengetahui jawabannya, maka perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan di depan
4.      Dari perwakilan anggota tadi, siswa tersebut membagi jawabanya kepada kelompok lain
5.      Tiap kelompok saling tanya jawab dan bertukar pikiran dengan kelompok lain

Ø  Konfirmasi
1.      Guru member umpan balik kepada siswa dengan berbagai pertanyaan
2.      Dari tiap – tiap kelompok, siswa mampu menarik kesimpulan dari diskusi
3.      Guru menyampaikan atau merefleksi hasil dari kesimpulan yang sebenarnya dari materi ciri - ciri mahkluk hidup
4.      Guru member penguatan terhadap kesimpulan dari siswa
C. kegiatan Penutup

1.       Guru memberikan beberapa tes lisan kepada beberapa siswa untuk mengulas kembali materi yang telah didiskusikan tadi
2.       Guru memberikan rencana pembelajaran selanjutnya
3.       Guru memberi penugasan kepada siswa, yaitu mencari sebuah artikel tentang klasifikasi mahkluk hidup
4.       Guru menutup proses pembelajaran dengan berdoa bersama dan diakhiri dengan salam

F. Sumber Belajar

Alat                               :     PPT ciri-ciri mahkluk hidup, LCD, komputer ( jika ada)
Sumber Belajar             :
·         Tim Abdi Guru.2006.IPA Terpadu Untuk SMP kelas VII.Jakarta:Erlangga. Halaman 123-125.

G. Penilaian

Dinilai Dari : Keaktifan siswa saat berdiskusi, Presentasi, Penugasan, tes lisan dan                             tertulis




Contoh soal lisan
Tumbuhan di kebun menjadi layu kemudian mati,jika tidak disirami. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan tersebut memerlukan?
Jawab : Air

Poin: 5

Contoh Soal Penugasan
Carilah artikel tentang klasifikasi mahkluk hidup

Poin : 25









Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                     Guru Mata Pelajaran,




SUPRIYADI S.Pd.MPd                                                     EMY WIJAYANTI S.Pd
NIP:196320 1 001                                                                 NIP:08320307
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( Ciri – Ciri Makhluk Hidup )

Dosen Pengampu : Endah Rita S.D, S.Si.,M.Si



LAMBANG IKIP PGRI
 




                                                           








Di Susun Oleh :




JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM IKIP PGRI SEMARANG
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar