Jumat, 16 Desember 2011

RENCANA PERSIAPAN MENGAJAR STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KETRAMPILAN MENGADAKAN VARIASI


RENCANA PERSIAPAN MENGAJAR
STRUKTUR DAN FUNGSI SEL
KETRAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
Dosen pengampu: Agung Purwoko M,Pd


Disusun:
Isrowati
08320395
6-H

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2011
RENCANA PERSIAPAN MENGAJAR

Mapel                          : Biologi
Kelas/ Semester           : XI / 1 (satu)
Waktu                         : 1 x 20 menit
SK                               : Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Ketrampilan Mengajar: Mengadakan Variasi
I.                   Kompetensi Dasar
 Mengidentifikasi Organel Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan

II.                Indikator
Menjelaskan organel-organel penyusun sel hewan

III.             Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan organel-organel penyusun sel hewan dengan diberi gambar organel penyusun hewan

IV.              Bahan Ajar/ materi:
Komponen penyusun sel pada hewan terdiri atas 3 komponen dasar yaitu membrane sel, inti sel, dan sitoplasma. Membran sel, inti sel, nukleus, sitoplasma (terdapat organel-organel berupa mitokondria, retikululm endoplasma, ribosom, badan golgi, lisosom, badan mikro, vakuola, sentrosom dan sentriol).
Fungsi masing-masing organel dari sel hewan antara lain:
1.             Membran sel (selaput plasma)
Membran plasma merupakan bagian terluar sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan luar. Membran sel merupakan selaput selektif permeabel artinya hanya dapat dilalui molekul-molekul tertentu.
Membran sel mempunyai fungsi antara lain sebagai berikut:
1.    Sebagai reseptor rangsang dari luar
2.    Melindungi agar isi sel tidak keluar dari sel.
3.    Mengontrol kegiatan biokimiawi, seperi oksidasi dan respirasi
4.    Mengontrol zat-zat yg boleh masuk maupun keluar meninggalkan sel.
2.    Nukleus
Nukleus atau inti sel merupakan organel yang terbesar di dalam sel, Nukleus atau inti sel merupakan bagian penting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel.
3.    Nukleolus
Merupakan anak inti yang tersusub atas fosfoprotein, orthosfat, DNA dan enzim. Fungsi sebagai berikut:
1.    Pengatur pembelahan sel.
2.    Pengendali seluruh kegiatan sel
3.    Pembawa informasi genetik.
4.    Sitoplasma
Sitoplasma merupakan materi yang mengisi antara inti dan selaput plasma. Sitoplasma yang berada dalam nukleus disebut nukleoplasma.
5.    Mitokondria
Berkaitan dengan fungsi tersebut mitokondria sering disebut the power house of cell. Mitokondria berfungsi dalam oksidasi makanan, respirasi sel, dehidrogenasi, fosforilasi oksidasif, dan sistem transfer elektron.
Oksidasi zat makanan di dalam mitokondria menghasilkan energi dan zat sisa.
6.    Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma (RE) tersusun atas tumpukan kantung ( rongga) dari membran yang sejajar dan membentuk suatu sistem yang tersebar seperti jala di seluruh bagian sel. Fungsi dari RE kasar yaitu mensintesis protein, dimana pada permukaannya terdapat ribosom dan sedangkan pada RE halsu berperan pada sintesis lemak dan steroid.
7.    Ribosom
Ribosom merupakan organel berbentuk bulat yang tersusun atas nukleoprotein, sejumlah membrannya menempel pada RE kasar yang ikut serta dalam sintesis protein.
8.    Badan golgi
Badan golgi pada sel hewan menghasilkan enzim pencernaan dari kelenjar-kelenjar pencernaan, organel ini juga menyintesis polisakarida tertentu yang akan ditambahkan pada protein yang berasal dari ribosom, membentuk glikoprotein berupa musin (lendir).
9.    Lisosom
Secara ringkas, fungsi lisosom adalah sebagai berikut.
Mencerna substansi yang diambil secara endositosis, misalnya pada sel darah putih yang memakan bakteri.
1.         Autofagosit, suatu proses peleburan struktur-struktur yang tidak dikehendaki di dalam sel, misalnya menghancurkan organel lain yang sudah tidak berfungsi lagi.
2.         Eksositosis.
3.         Autolisis, yaitu penghancuran diri sel dengan cara membebaskan semua isi lisosom dalam sel, misalnya penghancuran ekor pada kecebong pada waktu menginjak dewasa dengan cara menyerap kembali ekornya.
10.          Sentriol
Sentriol terletak di dekat permukaan luar nukleus. Setiap sentriol terdiri atas sebaris silinder sebanyak 9 mikrotubula. Sentriol berperan dalam proses pembelahan sel.
11.          Mikrofilamen
Rantai ganda protein yang saling bertautan dan tipis, terdiri dari aktin
12.          Mikrotubulus
Memiliki fungsi untuk mengarahkan gerakan sel, serta membantu pembelahan sel secara mitosis.
13.          fili

V.                 Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Pendekatan Konseptual
Metode                  : Cooperative Learning, Tanya jawab
Model                    : NHT (Number Head Together)

VI.             Kegiatan pembelajaran
no
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Metode
Sumber/alat
A
PENDAHULUAN
·      Menyiapkan kelas
·      Guru mengucapkan salam sesuai waktu PBM pagi atau siang,
·      Guru mengecek kehadiran siswa
Apersepsi awal
·      Guru memberikan gambaran tentang sel berupa:
Pada saat kalian sedang berkeringat, secara tidak langsung pasti akan mengusap keringat dengan sapu tangan, guru menunujukkan sapu tangan apakah kalian tau sapu tangan tersusun dari apa?
Kita uraikan, sapu tangan tersusun dari kain,kain jika diurai tersusun dari benang, benang dari kapas.
Bagaimana dengan tubuh kita?
Coba kita analisis seperti sapu tangan tadi.
Bagian unit terkecil dari tubuh adalah?

Motivasi: apakah hewan memiliki struktur sel yang khas?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru memberikan tentang aturan pembelajaran model NHT.

3  menit
Ceramah
Dan Tanya jawab
Presensi
B
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·      Guru menjelaskan tantang garis besar penyusun sel hewan dengan disajikan video.
·      Siswa membagi dalam 4 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4 orang dan setiap anggota kelompok diberi nomer 1 sampai 4
(Tahap Penomoran)
·      Siswa bergabung dengan tim yang telah ditentukan
·      Siswa mencari informasi dari buku panduan yang tersedia.

Elaborasi
·      Guru memberikan LKS , didalam LKS terdapat pertanyaan yang harus didiskusikan
( Tahap 2: mengajukan pertanyaan)

·      Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan pertanyaan 1, 2. Dan memastikan tiap anggota dalam kelompoknya mengetahui jawabannya.
(Tahap 3 : berpikir bersama)
·      Siswa mengisi  bersama kelompoknya table yang disediakan guru untuk ditempelkan dipapan tulis
·      Guru berkeliling mengarahkan dan membimbing bila ada kelompok yang
mengalami kesulitan.

·      Guru memanggil nama kelompok dan diteruskan menyebut nomer dilakukan secara acak. untuk menjawab pertanyaan yang sudah diberikan. Dilakukan 2 kali untuk 2 pertanyaan
·      Siswa yang nomernya terpanggil menjawab pertanyaan dari diskusi yang telah dilakukan dikelompoknya dan menempelken table yang telah didiisi.
(tahap 4 : Menjawab)

·      Guru mengamati hasil diskusi dari kelompok lain, dan memberikan semangat bagi kelompok yang belum berhasil (jika ada)
·      Siswa yang lain memberi tanggapan,
apakah setuju atau tidak setuju dengan jempol ke atas atau ke bawah.
Konfirmasi
·      Guru memberikan umpan balik kepada siswa
·      Siswa menyimpulkan dari hasil diskusi
13 menit
Diskusi, presentasi, ceramah
Buku panduan
C
KEGIATAN PENUTUP
·      Guru memberikan penguatan kesimpulan kepada siswa
·      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
·      Guru memberikan tugas untuk mencari gambar tentang sel hewan dan artikel sel hewan.
·      Guru memberikan rencana pembelajaran selanjutnya
·      Guru mengucapkan salam.
5 menit
Tanya jawab, ceramah
Buku paduan

VII.          Alat/ bahan/ media/ sumber

Alat           : Komputer, LCD
Media        : Slide Power Point, Gambar, Video
Sumber      : PRATIWI, D.A , dkk.2007. Biologi untuk SMA kelas IX. Jakarta : Erlangga.
Instrument Penilaian
Tes lisan:
1.      Apakah aku?
Saya berbentuk bulat besar, letak aku ditengah-tengah sel
Fungsi dari aku adalah mengendalikan kegiatan sel
Siapakah aku?

a.       Lisosom
b.      Centriol
c.       Dinding sel
d.      Nukleus
2.      Apakah fungsi aku?
aku berbentuk seperti jala yang tersebar diantara sel.
aku terbagi menjadi dua jenis, yaitu kasar dan halus.
Apakah fungsi aku?
a.       Bereperan dalam turgiditas sel
b.      Sintesis protein dan sintesis lemak.
c.       Melindungi dan mempertahankan bentuk sel
d.      Membantu tumbuhan untuk berdiri tegal melawan gravitasi
3.      Siapakah aku?
Aku merupakan salah satu organel yang berbentuk bulat seperti tongkat,
Aku mempunyai fungsi untuk melakukan respirasi sel
Aku adalah?
a.       Mitokondria
b.      Ribosom
c.       Lisosom
d.      Plastida
Mengetahui:

Dosen pembimbing


Agung Purwoko M,Pd



Guru mata pelajaran


Isrowati (08320395)



LEMBAR KERJA SISWA
Nama anggota:

1)      …………
2)      …………
3)      …………
4)      …………
1.      Amatilah gambar sel hewan dibawah ini dengan cermat
           
1.      Pada gambar yang ditunjukan pada nomer 1 sampai 7 sebutkan nama organelnya? Jelaskan masing-masing fungsinya!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.      Pada gambar yang ditunjukan pada nomer 8 sampai 14 sebutkan nama organelnya? Jelaskan masing-masing fungsinya!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar