Jumat, 16 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas) 1
Pertemuan                 : 10, 11 dan 12
Alokasi Waktu           : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi:3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar  : 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
Tujuan                           :Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia

             
I.          Indikator
·         Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia
·         Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
·         Menggambarkan struktur persendian
·         Mendeskripsikan struktur tulang
·         Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
·         Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
·         Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia

II.        Materi Ajar
·         Komponen penyusun alat gerak manusia:
1.                                    Rangka
2.                                    Otot
·         Hubungan antar tulang :
1.                                          Sinartrosis
2.                                          Diartrosis
·         Berbagai macam persendian
·         Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
·         Gangguan pada sistem gerak manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
                              
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·                     Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
·                     Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia.
·         Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia.
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian  mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan
·         Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1.

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.                                                    Kegiatan awal  (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·                     Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1.
·                     Siswa mengamati struktur tulang.
·                     Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang.
·         Siswa mengumpulkan laporan praktikum.

Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·    Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
·    Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
·    Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot.
·         Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot.
·         Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia.
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia.

V.   Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XI / 1
Materi Pokok : Sistem Gerak Pada Manusia
Pertemuan ke : 1
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, Tanya tawab
Pendekatan : Pendekatan Konsep
Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
II. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
III. Indikator
Siswa mampu mengidentifikasi menunjukkan nama-nama tulang dengan menggunakan torso.
IV. Materi Pembelajaran
Struktur tulang, sendi, otot
V. Startegi Belajar Mengajar
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
yang dikembangkan
I. PENDAHULUAN
Apersepsi: guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pembuka, yaitu:
1.Bila siswa melakukan pindah tempat apakah termasuk suatu gerak?
2.Mengapa manusia bisa melakukan suatu gerak?
10 menit
Afektif: Kemampuan menyampaikan pendapat
Kognitif: Pengetahuan awal (dasar)
II. INTI
1. Guru membawa torso kemudian menunjukkan bagian-bagian (nama) tulang menggunakan torso tersebut.
2. Guru menyuruh salah satu siswa untuk maju menunjukkan bagian tulang yang masih mereka ingat.
3. Guru menjelaskan tentang sendi dan otot.
4. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan tentang hal-hal yang belum jelas.
70 menit
Kognitif: Penguasaan materi
III. PENUTUP
Kesimpulan
Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari fungsi dari tulang, sendi, dan otot serta mekanisme gerak pada manusia.
10 menit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar