RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah: SMP
NEGERI 28 SEMARANG
Mata Pelajaran : IPA
Terpadu
Kelas / Semester:
VIII / II
Alokasi waktu : 4 X
40’ ( 2 xpertemuan )
Standar
Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan
proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau
Indikator
1. Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam
fotosintesis.
2. Melakukan dan membuat laporan hasil
percobaan fotosintesis.
3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
Alokasi waktu :
4 X 40’ ( 2 xpertemuan )
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan
pengertian fotosintesis.
2.
Siswa dapat
menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3. Siswa dapat
menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
4.
Menuliskan
reaksi fotosintesis.
B. Materi Pembelajaran
1. Bagian daun yang berperan
dalam fotosÃntesis
2. Faktor yang mempengaruhi fotosintesis
Fotosintesis adalah proses pembentukan
zat makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan
karbondioksida dengan bantuan sinar matahari.
Fotosintesis
s angat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan,
proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia.
Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan. Proses fotosintesis ini tidak
berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen
fotosintetik. Disamping itu proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan
daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan
pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang
berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap energi matahari.
Kloroplas adalah zat hijau daun yang
terdapat pada semua tumbuhan yang berwarna hijau. Di dalam kloroplas terdapat
klorofil. Pigmen fotosintesis ini terdapat pada membran tilakoid. Pengubahan
energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk
akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma.Klorofil sendiri sebenarnya
hanya merupakan sebagian dari perangkat dalam fotosintesis yang dikenal sebagai
fotosistem. Fotosistem adalah unit dari tumbuhan yang menangkap energi matahari
(klorofil).
Persamaan
reaksi kimia fotosintesis
adalah sebagai berikut :
H2O (air) + CO2 (karbondioksida) + cahaya → CH2O (glukosa) + O2 (oksigen)
Lambat cepatnya proses fotosintesis ditentukan oleh :
1. Intensitas cahaya, laju fotosintesis maksimal jika banyak cahaya.
2. Suhu, enzim yang bekerja pada proses ini maksimal pada suhu yang diinginkannya.
3. Banyaknya karbondioksida, semakin banyak semakin maksimal proses fotosintesis.
4. Banyaknya air, semakin maksimal jika jumlah air banyak.
5. Tahapan pertumbuhan, tumbuhan yang masih berkecambah menunjukan laju fotosintesis yang maksimal dari pada tumbuhan yang dewasa.
Gambar:
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Kecepatan/Laju Fotosintesis
Faktor Dalam
(internal)
·
Kadar
klorofil
·
Bentuk
dan struktur daun
·
Anatomi
daun
·
Kedudukan
daun terhadap cahaya
·
Penyebaran
stomata
Faktor Luar
Intensitas cahaya :
·
semakin
tinggi intensitas cahaya matahari, maka semakin banyak energi cahaya yang
diserap oleh klorofil, sehingga laju fotosintesis meningkat.
·
Apabila
intensitas cahaya terlalu tinggi dapat merusak klorofil, fotosintesis menurun
dan bahkan berhenti, hal ini karena cahaya matahari yang terlalu kuat
mengandung UV. Intensitas tinggi .
Kadar CO2 di udara
·
Semakin
sedikit CO2 yang memasuki daun, laju fotosintesis akan menurun.
·
Apabila
kadar CO2 ditingkatkan perlahan-lahan maka laju fotosintesis akan
meningkat hingga tingkat tertentu.
Suhu
·
Laju
fotosintesis akan meningkat dengan kenaikan suhu.
·
Apabila
suhu terlalu tinggi, proses fotosintesis akan terhenti.
Kadar air dan ion organik dalam tanah.
·
Daun
yang layu menyebabkan penyerapan CO2 terhambat.
·
Tumbuhan
hijau pada tempat kekurangan unsur (Mg, N, Fe) akan
·
mengganggu
pembentukan klorofil sehingga proses fotosintesis terganggu.
C. Metode
pembelajaran
·
Model : NHT
·
Metode : Diskusi,
Tanya Jawab , Penugasan
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Konfirmasi kesiapan siswa
b.
Apersepsi :
Salah satu ciri makhluk hidup
adalah memerlukan nutrisi (makanan). Tumbuhan memiliki kemampuan untuk membuat
makanan sendiri dengan mensintesis zat anorganik menjadi zat organik. Apakah
kalian ketahui jika tumbuhan tidak dapat membuat makanan sendiri?
di daun,tepatnya di jaringan palisade, karena
di dalamnya terdapat kloroplas.
c.
Motivasi : Apakah kalian tahu dimanakah prosesFotosintesis pada tumbuhan itu terjadi? Untuk apa tumbuhan melakukan proses
fotosintesis?
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetesi dasar yang akan di capai.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
·
Guru menyajikan
materi fotosintesis sebagai pengantar.
·
Guru
menunjukan / memperlihatkan gambar
proses fotosintesis dan tempat
·
berlangsungnya
fotosintesis yang berkaitan dengan
materi yang sedang di pelajari.
§
Elaborasi
·
Guru menempelkan
gabar proses fotosintesis di papan atau di tayangkan lewat OHP
·
Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
·
memperhatikan /
menganalisis gambar proses fotosintesis dan tempat
·
berlangsungnya
fotosintesis.
·
Melalui diskusi
kelompok 5-6 orang siswa, kemudian hasil diskusi dicatat pada lembar keja siswa
(LKS) .
·
Tiap kelompok
yang nomornya di panggil / sesuai kode kelompoknya berhak untuk menjawab
pertanyaan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dan mulai menjelaskan materi
fotosintesis sesuai tujuan pembelajaran
3. Kegiatan
Penutup
Ø Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø Guru bersama siswa melakukan refleksi.
·
Guru Menugaskan
siswa :
Tugas individu :
Ø Untuk mempelajari factor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Konfirmasi kesiapan siswa
b. Apersepsi : Pada
waktu musim kemarau pernahkah kalian melihat tumbuhan misal pohon Jati yang
layu daunya kemidian merontokan daunya?
c.
Motivasi : Mengapa setiap musim panas/ kemarau tumbuhan banyak yang layu
daunya? Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetesi dasar yang akan di capai.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
·
Guru menyajikan
materi yaitu factor-faktor apasajakah yang mempengaruhi proses fotosintesis
pada tumbuhan sebagai materi pengantar
·
Guru menunjukan
dan memperlihatkan sebuah gambar tumbuhan yang hidup pada musim kemarau dan
hidup pada musim penghujan.
§
Elaborasi
·
Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk membandingkan / menganalisis
gambar tumbuhan yang hidup pada dua musim.
·
Setiap kelompok wajib
untuk mengerjakan dan mencatat hasil diskusi.
·
Tiap kelompok
diberikan kesempatan untuk
menyampaikan hasil diskusinya.
§
Konfirmasi
·
Mulai dari diskusi dan komentar siswa per kelompok, guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
·
Siswa dan guru
bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan.
3. Kegiatan
Penutup
·
Guru membimbing
siswa untuk membuat rangkuman pembelajaran factor yang mempengaruhi
fotosintesis dan hasilnya.
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Guru member tugas
individu untuk mempelajari tentang materi berikutnya yaitu gerak pada tumbuhan
Tugas
Siswa :
·
Tugas individu
siswa di suruh untuk mengerjakan Latihan uji kompetensi LKS halaman 21-23
·
Tugas kelompok ,
setiap kelompok wajib untuk menanam tumbuhan kancang panjang yang di tanam pada
media pot, kemudian setelah tumbuh diletakan didalam ruangan yang tidak terkena
sinar matahari secara langsung dan dilakukan pengamatan setiap hari
F. Sumber Pembelajaran
·
Buku IPA Biologi BSE kelas VIII
·
Gambar Proses Fotosintesis pada tumbuhan
·
LKS IPA Biologi
G. Penilaian.
INTRUMEN SOAL LATIHAN (PG)
1. Reaksi gelap pada
fotosintesis dinamakan demikian karena…
a. tidak dapat berlangsung siang hari
b. berlangsung di tempat gelap
c. memerlukan energi cahaya
d. terjadi terutama malam hari
e. proses yang belum dapat dijelaskan
a. tidak dapat berlangsung siang hari
b. berlangsung di tempat gelap
c. memerlukan energi cahaya
d. terjadi terutama malam hari
e. proses yang belum dapat dijelaskan
2. Yang tidak diperlukan untuk
proses fotosintesis adalah…
a.air
b.oksigen
c. karbon dioksida
d.sinar matahari
e. klorofil
a.air
b.oksigen
c. karbon dioksida
d.sinar matahari
e. klorofil
3. Faktor yang tidak berpengaruh
dalam meningkatkan aktivitas fotosintesis yaitu...
a. penambahan intensitas sinar merah
b. penambahan konsentrasi CO2
c. penambahan konsentrasi O2 udara
d. suhu optimum fotosintesis
e. penambahan intensitas sinar violet
a. penambahan intensitas sinar merah
b. penambahan konsentrasi CO2
c. penambahan konsentrasi O2 udara
d. suhu optimum fotosintesis
e. penambahan intensitas sinar violet
4. Pada fotosintesis, reaksi
pengikatan CO2 berlangsung di dalam...
a. klorofil
b. kloroplas
c. amiloplas
d. sitoplasma
e. stomata
a. klorofil
b. kloroplas
c. amiloplas
d. sitoplasma
e. stomata
5. Pada foosintesis nonsiklik
terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hidrogen yang diikat
oleh molekul akseptor. Berikut ini manakah yang merupakan akseptor hidrogen?
a. Flavin Adenin Dinukleotida (FAD)
b. Nikotinamin Adenin Dinukleotida (NAD)
c. Nikotinamin Adenin Dinukleotida Phosphat (NADP)
d. Asam phospoenolpiruvat (PEP)
e. Ribulose diphosphat (RDP)
a. Flavin Adenin Dinukleotida (FAD)
b. Nikotinamin Adenin Dinukleotida (NAD)
c. Nikotinamin Adenin Dinukleotida Phosphat (NADP)
d. Asam phospoenolpiruvat (PEP)
e. Ribulose diphosphat (RDP)
6. Tempat energi cahaya berubah
menjadi energi kimia dalam sel berlangsung dalam organel...
a.mitokondria
b. nukleus
c. ribosom
d. kloroplas
e. stomata
a.mitokondria
b. nukleus
c. ribosom
d. kloroplas
e. stomata
7. Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis
terbentuk pada...
a. reaksi terng saat fotolisis berlangsung
b. reaksi terang saat sensibilitas
c. reaksi gelap saat berlangsung oksidasi CO2
d. reaksi gelap saat berlangsung fiksasi oksidasi
e.reaksi gelap saat pengubahan gliseraldehid 3-P menjadi glukosa
a. reaksi terng saat fotolisis berlangsung
b. reaksi terang saat sensibilitas
c. reaksi gelap saat berlangsung oksidasi CO2
d. reaksi gelap saat berlangsung fiksasi oksidasi
e.reaksi gelap saat pengubahan gliseraldehid 3-P menjadi glukosa
8. Pada fotosintesis yang berlangsung di dalam
kloroplas terjadi proses-proses :
a.penguraian air oleh energi cahaya matahari
b. perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
c. pengikatan karbon dioksida dari udara
d. pengikatan oksigen dari udara
a.penguraian air oleh energi cahaya matahari
b. perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
c. pengikatan karbon dioksida dari udara
d. pengikatan oksigen dari udara
e.
pengikatan karbon dioksida menjadi
energy kimia
9. Fungsi klorofil pada proses fotosintesis
adalah...
a. CO2 untuk diubah menjadi glukosa
b. Membebaskan oksign dari karbohidrat
c. Menyerap sinar terutama sinar hijau
d. Menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia
a. CO2 untuk diubah menjadi glukosa
b. Membebaskan oksign dari karbohidrat
c. Menyerap sinar terutama sinar hijau
d. Menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia
e. Menyerap O2
10. .
Pada reaksi terang fotosintesis dihasilkan...
A. NADPH2, ATP, dan glukosa
B. NADPH2, ATP dan O2
C. ATP, O2, RDP
D. NADPH2, APG, H2O
E. RDP, APG, NADP+
A. NADPH2, ATP, dan glukosa
B. NADPH2, ATP dan O2
C. ATP, O2, RDP
D. NADPH2, APG, H2O
E. RDP, APG, NADP+
SOAL URAIAN
Jawablah
pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!!!
1. Fotosintesis terutama terjadi
di dalam jaringan bunga karang didalam jaringan tiang,
SEBAB??? (skor: 5)
SEBAB??? (skor: 5)
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....
2.
Proses
pembentukan karbohidrat dalam sel tumbuhan berlangsung dalam kloroplas
SEBAB??? (skor: 5)
SEBAB??? (skor: 5)
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
Semarang, Januari 2012
Mengetahui
|
|
Guru Pamong,
|
Mahasiswa Praktikan,
|
|
|
|
|
|
|
D.A. Djoko Susanto, S.Pt
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19690612 200801 1 018
|
NPM.
08320398
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Agus Setyono D, S,Pd, MM
NIP. 19620410 198302 1 003
LEMBAR DISKUSI SISWA / LKS 1
A.Tujuan
: Menjelaskan proses pembentukan zat makanan (glukosa) pada tumbuhan berdasarkan gambar fotosintesis
pada tumbuhan.
Waktu :
30 menit
B. Alat dan Bahan : Alat
tulis, buku yang releven, gambar proses fotosintesis
C.
Langkah kerja : Perhatikan gambar yang ada pada lembar
kerja ini, jelaskan proses fotosintesis, dan tempat berlangsungnya proses
fotosintesis
Gambar.1 Gambar. 2
1.
Berdasarkan kedua gambar diatas, gambar 1. (proses fotosintesis), dan gambar 2. (tempat terjadinya proses
fotosintesis) amati dan jelaskan proses tersebut!
Diskusi gambar. 1
|
Diskusi gambar. 2
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 2
A.Tujuan
: Menjelaskan dan
menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis , pada tumbuhan hijau
berdasarkan gambar pengamatan.
B. Alat dan Bahan : Alat
tulis, buku yang releven, gambar proses fotosintesis
C.
Langkah kerja : Perhatikan gambar yang ada pada lembar
kerja ini, jelaskan fakto-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
a.
Berdasarkan
gambar 1, Coba amati dan jelaskan bagaimanakah faktor luar yang ada pada gambar
di atas!
1.
............................................
.............................................
.............................................
2.
.............................................
.............................................
..............................................
3.
..............................................
..............................................
..............................................
b.
Jelaskan
faktor yang mempengaruhi laju fotosintesis pada suhu !
Jawab :
Instrumen soal lisan:
1. Proses
pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dapat terjadi dengan bantuan:
1.Intensitas cahaya, laju
fotosintesis maksimal jika banyak cahaya.
2.Suhu, enzim yang bekerja pada proses ini maksimal pada suhu yang diinginkannya.
3.Banyaknya karbondioksida, semakin banyak semakin maksimal proses fotosintesis.
4.Banyaknya air, semakin maksimal jika jumlah air banyak.
2.Suhu, enzim yang bekerja pada proses ini maksimal pada suhu yang diinginkannya.
3.Banyaknya karbondioksida, semakin banyak semakin maksimal proses fotosintesis.
4.Banyaknya air, semakin maksimal jika jumlah air banyak.
- serta karbondioksida dari udara diubah menjadi zat makanan yang diperlukan.
2. Jelaskan proses fotosintesis:
Tumbuhan memanfaatkan cahaya
matahari menjadi karbon dioksida dari udara, dan air dari tanah menjadi makanan
yang mengandung gula. Tumbuhan lalu mengeluarkan oksigen sebagai hasil yang
tidak terpakai, walaupun sebagian digunakan untuk bernapas
3. Dimanakah tempat terjadinya/ tempat
berlangsungnya proses fotosintesis?
4. Pada
fotosintesis, reaksi pengikatan CO2 berlangsung dimana?
Jawaban : kloroplas
pembahasan :
Pada fotosintesis, proses pengikatan CO2 memerlukan klorofil. Klorofil terdapat dalam plastida yang disebut kloroplas.
5. Yang
tidak diperlukan untuk proses fotosintesis adalah?
Jawaban : oksigen
pembahasan :
Oksigen tidak diperlukan untuk fotosintesis.
Oksigen tidak diperlukan untuk fotosintesis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar