KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VII ( 1 )
SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA
Sekolah :
SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas :
VII
Semester :
I (SATU)
KKM :
65
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Memahami kalsifikasi zat
Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat
à Mengindentifikasikan sifat asam, basa,
garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
à Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan
sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
à Menggunakan alat sederhana untuk
menentukan skala keasaman dan kebasaan
Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari
à Melakukan percobaan untuk mengetahui
sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang
sepatu
5. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana
dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
à Membandingkan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada objek abiotik melalui
pengamatan
à Membandingkan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada objek biotik melalui
pengamatan
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung
lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
à Mengenal bagian bagian mikroskop
à Menggunakan mikroskop dengan benar
(mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objek Mikropis)
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan
pengamatan gejala-gejala alam
à Memegang, membawa dan memperlakukan alat
dan bahan secara aman
à Mendeskripsikan bahan-bahan yang
berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
à Mengindentifikasi simbol-simbol dalam
Laboratorium
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
à Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
à Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup
berdasar hasil observasi
à Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki
à Membedakan makhluk hidup yang satu
dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
à Mendeskripsikan pentingnya dilakukan
klasifikasi makhluk hidup
à Membuat perbandingan ciri-ciri khusus
tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom
à Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di
sekitar berdasar ciri yang diamati
|
60
63
60
70
65
60
60
55
|
70
75
67
60
75
70
75
70
|
65
70
60
65
70
55
60
70
|
65
69
62
65
70
60
65
65
65
65
65
67
63
65
66
70
61
63
|
Semarang,
Januari 2012
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 28 SEMARANG
|
Guru Mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
Agus Setyono
Daryanto, S. Pd .MM
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19640806198601003
|
NPM. 08320318
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VII ( 1 )
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN: IPA
Sekolah : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas : VII
Semester : II (DUA)
KKM : 65
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
à Mendeskripsikan keragaman tingkat sel
berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
à Mendeskripsikan keragaman tingkat
jaringan menurut sel-sel penyusunnya
à Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ
berdasarkan hasil pengamatan
à Mengkaitkan hubungan antara sel,
jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
7. Memahami saling ketergantungan dalam
ekositem
Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen
ekosistem
à Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam
ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
à Menggambarkan dalam bentuk diagram
rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu
ekosistem
Mengindentifikasikan pentingnya
keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
à Mendefinisikan makhluk hidup yang
tergolong langka
à Menyebutkan contoh makhluk hidup yang
tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
à Mengemukakan pentingnya membudidayakan
tumbuhan dan hewan langka
à Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis,
bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
à Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
à Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan kebutuhan pangan
à Memperkirakan hubungan populasi penduduk
dengan ketersediaan lahan
à Mejelaskan pengaruh meningkatnya
populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
à Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan
dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
à Menjelaskan pengaruh pencemaran air,
udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
à Mengusulkan cara penanggulangan
pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
65
60
|
75
70
|
63
60
|
66
63
61
69
67
63
67
62
66
65
65
65
65
65
67
65
63
|
Semarang,
Januari 2012
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 28 SEMARANG
|
Guru Mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
Agus Setyono
Daryanto, S. Pd .MM
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19640806198601003
|
NPM. 08320318
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VIII ( 2 )
SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN: IPA
Sekolah : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas : VIII
Semester : I (SATU)
KKM : 65
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Memahami
Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
à Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
à Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
à Membandingkan metamorfosis dan
metagenesis
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia
à Mendeskripsikan tahapan perkembangan
manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
à Membedakan ciri anak-anak dan remaja
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Membandingkan macam organ penyusun
sistem gerak pada manusia
à Membedakan fungsi tulang rawan, tulang
keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh
à Mengidentifikasi macam sendi dan
fungsinya
à Mendata contoh kelainan dan penyakit
yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya
Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
à Membedakan antara saluran pencernaan dan
kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
à Mendeskripsikan jenis makanan berdasar
kandungan zat yang ada di dalamnya
à Membandingkan pencernaan mekanik dan
kimiawi,
à Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit
pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
upaya mengatasinya
Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Membandingkan macam organ penyusun
sistem pernapasan pada manusia
à Membandingkan proses inspirasi dan
ekspirasi pada proses pernapasan
à Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada sistem pernapasan yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Mendeskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Membandingkan macam organ penyusun
sistem peredaran darah pada manusia
à Menjelaskan fungsi jantung, fungsi
pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
à Mendata contoh penyakit yang berhubungan
dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
67
67
61
67
63
67
62
68
63
70
68
63
61
67
65
63
67
62
66
|
Semarang,
Januari 2012
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 28 SEMARANG
|
Guru Mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
Agus Setyono
Daryanto, S. Pd .MM
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19640806198601003
|
NPM. 08320318
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VIII ( 2 )
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN: IPA
Sekolah : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas : VIII
Semester : II (DUA)
KKM : 65
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
|||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||||||||||||||||||||||||
2.
Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
à Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan
di akar, batang dan daun
à Menunjukkan letak epidermis, korteks,
dan stele pada tumbuhan
à Menjelaskan fungsi jaringan tertentu
yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
à Menunjukkan bagian daun yang berperan
dalam fotosintesis
à Melakukan dan membuat laporan hasil
percobaan fotosintesis
à Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi fotosintesis
Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
à Mendeskripsikan macam-macam gerak pada
tumbuhan
à Menjelaskan perbedaan gerak tropisme
dengan gerak nasti
Mengidentifikasi
hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
à Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
à Mendata contoh hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.
Memahami kegunaan bahan
kimia dalam kehidupan
Mencari informasi tentang kegunaan dan
efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
à Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
à Menjelaskan efek samping bahan kimia
yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Mengkomunikasikan informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia
à Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang
terdapat dalam makanan
à Mengidentifikasi efek samping bahan
kimia yang terdapat dalam suatu produk
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan
bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
à Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan
bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis,
pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
à Menunjukkan contoh makanan yang
menggunakan bahan kimia alami dan buatan
Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat
adiktif dan psikotropika
à Menjelaskan pengertian zat adiktif dan
psikotropika
à Menjelaskan dampak negatif zat adiktif
(rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan
sosial.
Menghindarkan diri dari pengaruh zat
adiktif dan psikotropika
à Menjelaskan cara menghindarkan diri dari
zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
à Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang
kesehatan
|
60
63
60
70
65
60
60
60
63
65
65
67
63
70
63
65
62
|
75
70
70
75
65
65
60
67
70
63
67
65
|
63
60
65
70
65
65
68
65
60
63
63
67
|
65
63
67
66
63
61
69
67
63
67
65
69
65
65
65
65
67
63
65
65
|
Semarang,
Januari 2012
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 28 SEMARANG
|
Guru Mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
Agus Setyono
Daryanto, S. Pd .MM
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19640806198601003
|
NPM. 08320318
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS IX ( 3 ) SEMESTER I
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN: IPA
Sekolah : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas : XI
Semester : I (SATU)
KKM :67
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
Mendeskripsikan
sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
à Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada sistem ekskresi yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
à Menyadari pentingnya menjaga kesehatan
organ sistem reproduksi
Mendeskripsikan
sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
à Menyebutkan macam organ penyusun sistem
reproduksi pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
à Menulis artikel tentang cara
penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
reproduksi
à Menyadari pentingnya menjaga kesehatan
organ sistem reproduksi
Mendeskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
à Membandingkan bentuk/bangun bagian organ
dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi
sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
à Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan
fungsinya
à Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada alat indera yang biasa dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
2.
Memahami kelangsungan hidup makhluk
hidup
Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan
perkembangbiakan
à Mengaitkan perilaku adaptasi hewan
tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
à Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
à Mendeskripsikan hubungan interspesifik
(antar populasi) dengan seleksi alam
à Menjelaskan peran perkembangbiakan
bagi kelangsungan hidup
à Mendiskripsikan cara perkembangbiakan
pada tumbuhan dan hewan
|
65
|
65
|
71
|
67
67
68
66
66
68
63
69
67
68
65
67
67
68
65
67
66
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS IX ( 3 ) SEMESTER II
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN: IPA
Sekolah : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas : IX
Semester : II (DUA)
KKM :
67
Kompetensi
dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
%
|
|||||||||||||||||||||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||||||||||||||||||||||||||
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
à Mendiskripsikan materi genetis yang
bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
à Membedakan pengertian sifat resesif
dominan dan intermediat
Mendeskripsikan proses pewarisan dan
hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
à Menentukan gamet dari genotip
tetua/induk
à menentukan rasio hasil persilangan
persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
à Mendefinisikan pengetian bioteknologi
à Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan
bioteknologi dalam produksi pangan
à Mendata produk-produk bioteknologi
konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
à Membuat produk bioteknologi sederhana
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe,
fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)
|
|
|
|
67
67
68
66
67
68
66
66
|
Semarang,
Januari 2012
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 28 SEMARANG
|
Guru Mata Pelajaran IPA
|
|
|
|
|
|
|
Agus Setyono
Daryanto, S. Pd .MM
|
Kribut Dawaryo
|
NIP. 19640806198601003
|
NPM. 08320318
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar