Kamis, 26 Januari 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VII ( 1 )  SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA


Sekolah           : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas               : VII
Semester         : I (SATU)
KKM              : 65

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
2.      Memahami kalsifikasi zat
            Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
à Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
à Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
à Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
            Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
à Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu

5.      Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
à Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan
à Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
à Mengenal bagian bagian mikroskop
à Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objek Mikropis)
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
à Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman
à Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
à Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
à Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
à Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi
à Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
à Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
à Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
à Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom
à Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati






60


63



60





70












65



60







60


55





60

65

60






65

60
65




63


70

55

55






70


75



67





60












75



70







75


70





75

65

70






75
70
65




75


70

65

68






65


70



60





65












70



55







60


70





60

70

65






60
60
65




60


70

63

66






65


69



62





65












70



60







65


65





65


65


65






67

63

65




66



70


61


63


Semarang,     Januari 2012
Mengetahui

Kepala SMPN 28 SEMARANG
Guru Mata Pelajaran IPA






Agus Setyono Daryanto, S. Pd .MM
Kribut Dawaryo
NIP. 19640806198601003
NPM. 08320318







































KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VII ( 1 )  SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2011/2012









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA


Sekolah      : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas          : VII
Semester     : II (DUA)
KKM                    : 65

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
à  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
à  Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
à  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
à  Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
7.      Memahami saling ketergantungan dalam ekositem
Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem
à  Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
à  Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
Mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
à  Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
à  Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
à  Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
à  Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
à  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
à  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
à  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
à  Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
à  Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
à  Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
à  Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan





57


60

58


68








65



60






65

60

67

60





60


60

65

60





66


60

60





75


70
65


75








75



70






70

65

70

74





70


70

70

73






70


75

70







67


60

60



66








63



60






66

60

60

63





65


65

60

62






65


60

60





66



63


61



69








67



63






67


62


66


65





65



65


65


65






67



65



63



Semarang,     Januari 2012
Mengetahui

Kepala SMPN 28 SEMARANG
Guru Mata Pelajaran IPA






Agus Setyono Daryanto, S. Pd .MM
Kribut Dawaryo
NIP. 19640806198601003
NPM. 08320318



























KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VIII ( 2 )  SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012






















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA


Sekolah      : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas          : VIII
Semester     : I (SATU)
KKM                   : 65

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.     Memahami Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
           Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
à  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
à  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
à  Membandingkan metamorfosis dan metagenesis
           Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
à  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
à  Membedakan ciri anak-anak dan remaja
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
           Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à  Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
à  Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh
à  Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
à  Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
           Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
à  Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
à  Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
à  Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
à  Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
           Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à  Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
à  Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
à  Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
           Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à  Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
à  Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
à  Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari






66


60
60




60


60







61

60

65

60








65


70

65

60






60

65

65







67
65


65






70


75
65




75
65







75

60

75

65







75


70

60

60






70

65

60







70
60


70






65


65
60




65


65







65

66

64

64








70


65

65

65






70

65

65







65
65


65






67



67


61




67



63







67


62


68


63








70



68


63


61






67


65


63







67


62


66

Semarang,     Januari 2012
Mengetahui

Kepala SMPN 28 SEMARANG
Guru Mata Pelajaran IPA






Agus Setyono Daryanto, S. Pd .MM
Kribut Dawaryo
NIP. 19640806198601003
NPM. 08320318
































KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS VIII ( 2 )  SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2011/2012























KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA

Sekolah      : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas          : VIII
Semester     : II (DUA)
KKM                    : 65


Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
2.      Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
           Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan
à  Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
à  Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
à  Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
           Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
à  Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
à  Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
à  Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
           Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
à  Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
à  Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
           Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
à  Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
à  Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.      Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
à  Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
à  Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia 
à  Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
à  Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
à  Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
à  Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
à  Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
à  Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 
Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
à  Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
à  Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan






65

60

70



60


63


60





70


65





60

60









60


63





65


65






67





63




70


63






65



62






70

65

65




75

70
65




75


75





70

70







70


75





65


65






60





67




70


63






67



65






60

63

67




67

60

60





66


63





60

66







65


70





65


65






68





65




60


63






63



67






65


63


67




66


63


61





69


67





63

67









65


69





65


65






65





65




67


63






65



65


Semarang,     Januari 2012
Mengetahui

Kepala SMPN 28 SEMARANG
Guru Mata Pelajaran IPA






Agus Setyono Daryanto, S. Pd .MM
Kribut Dawaryo
NIP. 19640806198601003
NPM. 08320318



















































KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS IX ( 3 )  SEMESTER I



















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA


Sekolah      : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas          : XI
Semester     : I (SATU)
KKM                   :67

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.     Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
           Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
à Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
à Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
           Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
à Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
à Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
à Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
           Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
à Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
à Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
à Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya
à Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
2.     Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
           Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
à Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
à Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
à Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
à Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
à Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan







65



70


67



68






68

65
68


68






70


65


66

70











70

70



66

70

65
















65


67
70


70







70


70

63


69






65


70


70

69











65

65



70

70

67














71


65
67


60






62

69

60



72






67


70


60

62











67

70



60

62

68














67


67

68



66






66


68

63



69





67



68



65


67











67

68




65


67


66




























KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
KELAS IX ( 3 )  SEMESTER II




















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA

Sekolah      : SMP NEGERI 28 SEMARANG
Kelas          : IX
Semester     : II (DUA)
KKM                   : 67
Kompetensi dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
2.     Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
à Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
à Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
à Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
à menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan
Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
à Mendefinisikan pengetian bioteknologi
à Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
à Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
à Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)




67

66



68
66





68

66
64


64




69

70



67
65





70

70
68


68




65

65



70
67





65

68
66


67




67


67



68
66





67

68
66


66
Semarang,     Januari 2012
Mengetahui

Kepala SMPN 28 SEMARANG
Guru Mata Pelajaran IPA






Agus Setyono Daryanto, S. Pd .MM
Kribut Dawaryo
NIP. 19640806198601003
NPM. 08320318


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar