Jumat, 27 Januari 2012

Tata Krama Mahasiswa Dalam PPL

Tata Krama Mahasiswa Dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan


  • Kedatangan anda ke sekolah/instansi lain harus dengan sopan dan menjaga nama baik almamater.
  • Selalu diawali konsultasi dengan kepala sekolah/pimpinan, agar mudah komunikasi selanjutnya.
  • Menjaga hubungan kemitraan antara sekolah/instansi dengan Unesa, jangan dipandang sebagai hubungan pribadi.
  • Selalu menjaga hubungan baik dengan semua staf di sekolah/instansi, jangan hanya kepada guru pamong/pendamping semata-mata.
  • Selalu menyapa dan memberi salam kepada semua guru/staf jika bertemu.
  • Kedatangan anda di PPL meskipun telah dianggap sebagai Guru Pemula, namun harus memandang diri anda sebagai tamu yang akan belajar lebih banyak di sekolah.
  • Selalu berpikiran positif tehadap semua orang yang ada, jangan memandang rendah karena kualifikasi akademik, pekerjaan, atau memandang bidang ilmu anda lebih unggul/dipentingkan.
  • Biasakan selalu berkonsultasi dengan teman untuk mengambil tindakan/keputusan, meskipun bersifat pribadi.
  • Biasakan selalu menyapa dengan semua staf di sekolah, senyum ramah dan selalu menganggukkan kepala, baik waktu menyapa atau tidak.
  • Gunakan sapaan terhadap teman PPL degan predikat bapak/ibu, baik di sekolah maupun di masyarakat, karena saat PPL anda sebagai guru pemula.
  • Selalu menunjukan kreatifitas di tempat PPL, agar citra diri dan citra lembaga/almamater ikut menjadi baik.
  • Meskipun di tempat PPL/PKL telah disediakan fasilitas, berusahalah memenuhi sendiri fasilitas yang sama (minum, alat tulis, bahan praktek, dll.).
  • Biasakan membersihkan ruangan setiap selesai kegiatan, baik di kelas maupun di ruang guru.
  • Selalu kembalikan barang yang dipinjam/dipakai pada tempatnya.
  • Jika Kost biasakan lapor kepada RT setempat dan menunjukkan identitas kelembagaan Unesa.
  • Menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar.
  • Hindari terlibat kebiasaan yang kurang baik dimasyarakat (minuman keras, judi, atau suka hura-hura).
  • Biasakan memeriksa semua kewajiban dan peminjaman sebelum mengakhiri PPL/PKL.
  • Upayakan selalu menjalin komunikasi dengan sekolah mitra, meskipun sudah berakhir PPL, siapa tahu suatu saat anda membutuhkan tempat berkarya.
  • Selalu ijin kepada pamong atau kepala sekolah jika meninggalkan sekolah dalam aturan jam PPL, meskipun jam dan hari PPL yang ditetapkan dianggap terlalu banyak.
  • Jangan membuat rencana/perilaku yang disembunyikan yang menurut anda menyelamatkan kekurangan anda, tetapi bila ketahuan malah fatal, sebaiknya terbuka apapun kesalahan yang diperbuat.
  • Jangan berboncengan sepeda motor di jalan raya yang melebihi kapasitas motor.
  • Selalu gunakan kelengkapan kendaraan, sebagai insan akademik harus mejadi pelopor taat aturan/hukum.
  • Selalu diingat/dicek pesan-pesan/permintaan dari sekolah sejak awal hingga akhir, jika mampu memenuhi permintaan pihak sekolah berikan, jika tidak mampu jujur katakan dan berikan alasannya, karena akan menyulitkan mengambil nilai atau kadang ditagih kepada peserta PPL berikutnya yang dirasa memberatkan.
  • Jangan menciptakan seremonial yang berlebihan dan memberatkan ketika datang atau berpamitan PPL, meskipun kebetulan kelompok PPL anda mampu, karena akan berdampak pada kelompok PPL berikutnya jika tidak bisa membuat acara serupa akan ditagih/dibanding-bandingkan.
Versi PDF | Versi DOC

Tags :

Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Contoh Makalah Landasan Pembelaran, Landasan Pembelajaran, Pengertian Nilai, Filsafat Pengetahuan Praktek Teknik Di Lapangan, Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Praktek Teknik Lapangan, Teknik Praktek Filsafat Di Lapangan, Pengalaman Praktek Lapangan Keguruan, Peranan Filsafatpengetahuan Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Makalah Tentang Ppl, Macam Macam Tata Krama, Karya Imiah Tentang Taat, Contoh Laporan Praktek Lapangan Di Sd, Jurnal Bk, Cerita Mengenai Lingkungan, Moral Mahasiswa Di Lingkungan Kampus, Pengertian Tentang Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Minuman Keras, 20 Contoh Tata Krama Di Berbagai Bidang, 20 Macam Tata Krama, Akibat Tidak Bertata Krama, Apa Contoh Contoh Nilai, Apa Itu Lapangan Sekolah, Apa Itu Praktek Pengembangan Lapangan, Apa Saja Penerapan Tata Krama Di Rumah, Apa Saja Sifat Pemikiran Filsafat Dan Berikan Contoh, Apa Yang Dimaksud Nilai Nilai Sekolah, Apakah Yang Dimaksud Pusat Sumber Belajar, Aplikasi, Aplikasi Nilai Moral, Aplikasi Ppl Di Sd, Arti Filosofi Tata Krama, Arti Krama, Arti Tata Krama, Arti Tata Krama Dalam Lingkungan Sekolah, Artikel Cara Menerapkan Tata Krama Dan Kesopanan Di Sekolah, Artikel Sopan Santun Di Sekolah, Bagaimana Cara Menghadapi Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Belajar Citraan, Belajar Praktik, Berikan Contoh Kebudayaan Dalam Aplikasi Di Lapangan, Bertata Krama Di Sekolahan, Cara Memgajar Waktu Ppl, Cara Menjaga Tata Krama, Cara Praktek Citra Diri, Cerita Lingkungan, Cerita Tata Krama, Cerita Lingkungan Rumah, Cerita Lingkungan Sekolah, Cerita Mengenai Tata Krama, Cerita Tata Krama, Cerita Tata Krama Dalam Bermasyarakat, Cerita Tata Krama Di Sekolah, Cerita Tentang Lingkungan, Cerita Tentang Lingkungan Kuliah, Cerita Tentang Lingkungan Rumah, Cerita Tentang Lingkungan Sekolah, Cerita Tentang Penerapan Tata Krama Di Masyarakat, Cerita Tentang Penerapan Tata Krama Disekolah, Cerita Tentang Tata Krama, Cerita Tentang Tata Krama Di Lingkungan Sekolah, Cerita Yang Berisi Tata Krama, Contoh Contoh Moral, Contoh Contoh Nilai Di Sekolah, Contoh Contoh Nilai Moral, Contoh Contoh Etika Yang Baik, Contoh Contoh Jurnal Pendidikan Bk, Contoh Contoh Moral, Contoh Contoh Nilai Mahasiswa, Contoh Contoh Nilai Moral, Contoh Contoh Tata Krama, Contoh Contoh Tidak Sopan, Contoh Dampak Positif Di Lingkungan Sekolah, Contoh Etika Yang Benar Dalam Perkuliahan, Contoh Kebudayaan, Contoh Laporan Kuliah Lapangan, Contoh Laporan Praktek Guru, Contoh Laporan Praktek Keguruan, Contoh Laporan Praktek Pengalaman Lapangan, Contoh Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Sd, Contoh Laporan Tentang Kuliah Karya Lapangan, Contoh Makalah Etika Pergaulan, Contoh Makalah Landasan Pembelaran, Contoh Moral, Contoh Moral Adalah, Contoh Moral Di Rumah, Contoh Moral Yang Baik, Contoh Moral Yg Baik, Contoh Nilai Moral, Contoh Nilai Moral Karakter Di Sekolah, Contoh Nilai Nilai Moral, Contoh Nilai Nilai Sekolah, Contoh Pelaksanaan Nilai Moral, Contoh Penerapan Dari Nilai Moral, Contoh Penerapan Tata Krama Disekolah, Contoh Sifat Pemikiranfilsafat, Contoh Sopan Santun, Contoh Sopan Santun Di Sekolah, Contoh Tata Krama, Contoh Tata Krama Dan Sopan Santun Kepada Guru, Contoh Tata Krama Di Lingkungan Sekolah, Contoh Tata Krama Di Rumah, Contoh Tata Krama Disekolah, Contoh Tata Krama Pergaulan, Contoh Tidak Sopan, Contoh Unsur Moral, Cotoh Sifat Mahasiswa Dalm Berbudaya, Dampak Negatif Dan Positif Tata Krama, Dampak Pergaulan Mahasiswa Di Kampus, Dampak Pergaulan Yang Positif, Dampak Positif Belajar Disekolah, Dampak Positif Bertata Krama Di Sekolah, Dampak Positif Dan Menjaga Lingkungan, Dampak Positif Di Lingkungan Sekolah, Dampak Positif Di Sekolah, Dampak Positif Pergaulan Lingkungan, Dampak Positif Sekolah, Dampak Positif Teknologi Dalam Tata Krama, Dasar Dasar Ppl Praktik Pengalaman Pengalaman, Dasar Implementasi Praktek Pengalaman Lapangan, Dasar Praktik Pengalaman Lapangan, Dasar Praktik Pengalaman Lapangan Keguruan, Dasar Teori Kuliah Lapangan, Dasar Teori Pentingnya Kuliah Lapangan, Defini Si Kuliah Lapangan, Definisi Kuliah Lapangan, Definisi Kuliah Lapangan Adalah, Definisi Nilai Moral, Definisi Nilai Nilai Sekolah, Definisi Sekolah, Definisi Tata Krama, Deleted, Etika Keguruan, Etika Pergaulan Mahasiswa Dilingkungan Kampus, Etika Pergaulan Pada Masy Umum, Filsafat Dalam Praktek Teknik Lapangan, Filsfat Praktek Di Lapangan, Hal Positif Ppl, Hasil Dari Penerapan Tata Krama, Hubungan Portofolio Dengan Karakteristik Anak, Hubungan Tata Krama Denga Motivasi Belajar, Implikasi Ppl Bk Dalam Bidang Keilmuan, Jelaskan Tentang Sifat Pemikiran Filsafat, Jenis Citraan, Jenis Jenis Citraan, Jenis Jenis Tata Krama, Jenis Jenis Tata Krama Di Lingkungan Rumah, Jenis Kuliah Lapangan, Jenis Penjagaanpelajaran Di Rumah, Jenis Tata Krama, Jurnal Bk Perkembangan, Jurnal Pendidikan Ppl, Karya Ilmiah Tentang Taat, Karya Ilmiah Alam, Karya Ilmiah Tentang Alam, Kode Etik Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Landasan Dasar Ppl, Landasan Dasar Praktek Pengalaman Lapangan, Landasan Media Pembelajaran, Landasan Teori, Landasan Teori Belajar Taat Aturan, Landasan Teori Ilmiah, Landasan Teori Karya Ilmiah, Landasan Teori Karya Ilmiah Citraan Alam, Landasan Teori Lingkungan Sekolah, Landasan Teori Pembelajaran Ppl, Landasan Teori Pendidikan Karakter, Landasan Teori Pengajaran, Landasan Teori Tata Krama Sekolah, Landasan Teori Tatakrama Sekolah, Landasan Teoritis, Landasan Teoritis Pembelajaran Ppl, Landasan Teoritis Pembelajaran Praktek Pengalaman Lapangan, Lapangan Pendidikan, Laporan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Ppl, Laporan Kelompokppl Keguruan, Laporan Kuliah Lapangan, Laporan Pengalam Lapangan Dari Penelitian, Laporan Pengalaman Praktek Lapangan, Laporan Praktek Pekerjaan Lapanganppl, Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Keguruan Penjaskes, Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Keguruan Penjaskes Individu, Laporan Prktik Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Lingkungan Rumah, Macam Macam Tata Krama, Macam Macam Tata Krama, Macam Macam Cerita Pengalaman, Macam Macam Cerita Tata Krama, Macam Macam Model Praktek Keguruan, Macam Macam Praktek Keguruan, Macam Macam Tata Krama Di Lingkungan Masyarakat, Macam Macam Tata Krama Di Masyarakat, Macam Macam Tata Krama Disekolah, Macam Macam Tatakrama, Macam Macamtata Krama, Macam Tata Krama Beserta, Mahasiswa Dan Praktek Di Lapangan, Makalah Tentang Peranan Filsafat Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Makalah Landasan Desain Pesan Pembelajaran, Makalah Landasan Media Pembelajaran, Makalah Landasan Pembelajaran, Makalah Landasan Pembelajaran Teoritis Ppl, Makalah Landasan Teoritis Ppl, Makalah Pembelajaran, Makalah Pergaulan Mahasiswa Di Lingkungan Kuliah, Makalah Ppl, Makalah Praktek Pengajaran Lapangan, Makalah Tentang Landasan Pembelajaran, Makalah Tentang Praktek Dalam Teknologi Pendidikan, Makna Nilai Dan Moral, Manfaat Pembelajaran Tentang Pengalaman Di Sekolah, Materi Ppl Keguruan, Media Pembelajaran Praktek, Mener Apkan Konsep Dasar Pengembangan Moral Pada Anak Usia Dini, Menerapkan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Disekolah Oleh Guru, Metode Belajar Praktek Lapangan, Metode Belajar Praktik, Metode Dalam Mempraktekkan Citra Diri, Metode Lapangan Pendidikan, Metode Pembelajaran Lapangan, Metode Pembelajaran Praktek Lapangan, Metode Pembelajaran Praktik Lapangan, Metode Pengajaran Praktik, Metode Praktek Citra Diri, Metode Praktek Lapangan, Model Model Praktek Keguruan, Model Pembelajaran Dalam Ppl, Model Pembelajaran Dengan Praktek Lapangan, Model Pembelajaran Ppl, Model Praktek Keguruan, Moral Anak Usia Dini, Motorik Dasar, Motorik Dasar Tentang Praktek Lapangan, Motorik Dasar Tentang Pratek Lapangan, Negatif Dan Positip Terhadap Lingkungan Sekolah, Nilai Nilai Moral Anak Usia Dini, Pelaksanaan Moral, Pembelajaran Kuliah Lapangan, Pembelajaran Ppl, Pendidikan Karakter Dalam Praktik, Penelitian Kepala Sekolah Dalam Budaya Jujur, Penelitian Tatakrama, Penerapan Tata Krama Anak Usia Dini, Penerapan Tata Krama Disekolah, Pengalaman Dalam Praktek, Pengalaman Di Sekolah, Pengalaman Di Sekolah Belajar Moral, Pengalaman Ppl, Pengalaman Sd, Pengalaman Tentang Etika Keguruan, Pengaruh Positif Lingkungan Pendidikan, Pengaruh Mahasiswa Dalam Menjaga Nama Baik Universitas, Pengaruh Positif Pergaulan, Pengaruh Tp Pada Lingkungan Sekolah, Pengembangan Moral Anak Usia Dini, Pengertian Budaya Secara Aplikasinya, Pengertian Citraanjenis Dan Contohnya, Pengertian Komunikasi Bahasa Menurut Dalam Buku, Pengertian Kuliah Lapangan, Pengertian Lingkungan Moral, Pengertian Lingkungan Rumah, Pengertian Lingkungan Sekolah, Pengertian Nilai Dan Moral, Pengertian Nilai Mahasiswa, Pengertian Nilai Moral, Pengertian Nilai Moral Dan Pendidikan, Pengertian Nilai Nilai Sekolah, Pengertian Pengalaman Lapangan, Pengertian Praktek Lapang, Pengertian Praktek Lapangan, Pengertian Praktik, Pengertian Praktik Lapangan, Pengertian Praktik Pengalaman Lapangan, Pengertian Program Praktek Lapangan Menurut Undang Undang, Pengertian Sifat Pemikiran Filsafat, Pengertian Tata Karma Di Sekolah, Pengertian Tata Krama, Pengertian Tata Krama Beserta Oenerapan, Pengertian Tata Krama Dalam Lingkungan Sekolah, Pengertian Tata Krama Dalam Pendidikan, Pengertian Tata Krama Di Sekolah, Pengertian Tatakrama, Pengertian Umum Kuliah Lapangan, Pengetahuan Filsafat Dalam Praktek Teknik Lapangan, Penjelasan Praktek Guru, Pentignya Kuliah Lapangan Bagi Pendidikan, Pentingnya Belajar Lapangan, Pentingnya Kuliah, Pentingnya Kuliah Lapangan, Pentingnya Kuliah Lapangan Bagi Mahasiswa, Pentingnya Perguruan Tinggi, Pentingnya Ppl, Pentingnya Praktik Belajar Lapangan Dalam Pendidikan Perguruan Tinggi, Peranan Filsafat Pengetahuan Teknik Elektro Di Lapangan, Peranan Filsaat Pengentahuan Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Peranan Filsafat Dalam Pengetahuan Teknik, Peranan Filsafat Dalam Praktek Teknik Di Lapangan, Peranan Filsafat Pengetahuan, Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Prakrek Teknik Di Lapangan, Peranan Filsafat Pengetahuan Dalam Teknik Praktek Lapangan Kerja, Peranan Filsafat Pengetahuan Dalanm Praktek Teknik Di Lapangan, Peranan Filsafat Praktek Di Lapangan, Peranan Landasan Teori Karya Ilmiah, Peranan Pengetahuan Filsafat Teknik Di Lapangan, Positif Dan Negatifnya Dampak Pergaulan Mahasiswa Dilingkungan Kampus, Ppl, Ppl Keguruan, Ppl Praktek Pengalaman Lapangan, Praktek Pengalaman, Praktek Pengalaman Lapangan, Praktek Pengalaman Lapangan Adalah, Praktek Pengalaman Sd, Praktek Pengembangan Lapangan Sekolah, Praktek Teknik Lapangan Filsafat, Praktek Teknik Lapangan Menurut Peranan Filsafat, Praktek Teknik Lapangan Merupakan, Praktik Pengalaman Lapangan Dasar, Praktik Tp Komunikasi Dan Pendidikan, Prinsip Dasar Praktek Pengalaman Lapangan, Seminar Awal Praktik Pengalaman Lapangan, Sifat Sifat Pemikiran Filsafat Dalam Filsafat Ilmu, Sifat Sifat Pemikiran Filsafat Ilmu, Sifat Dan Karakteristik Pemikiran Filsafat, Sifat Dasar Ilmiah, Sifat Dasar Teori Ilmiah, Sifat Pemikiran Filsafat, Sifat Sifat Mahasiswa, Sopan Santun Di Sekolah, Sopan Santun Di Sekolah Artikel, Strategi Pembelajaran Dalam Penerapan Nilai Nilai Pada Paud, Tata Krama Belajar, Tata Krama Berpamitan, Tata Krama Dalam Bermasyarakat, Tata Krama Dalam Lingkungan Negara, Tata Krama Dalam Lingkungan Sekolah, Tata Krama Dan Sopan Santun Dalam Segala Hal, Tata Krama Di Dalam Rumah, Tata Krama Di Lingkungan Sekolah, Tata Krama Di Rumah, Tata Krama Dimasyarakat, Tata Krama Dirumah, Tata Krama Disekolah, Tata Krama Mahasiswa, Tata Krama Mahasiswa Di Lingkungan, Tata Krama Mahasiswa Di Lingkungan Masyarakat, Tata Krama Saat Pkl, Tatak Rama Disekolah, Tatakrama Di Rumah, Tatakrama Di Sekolah, Tatakrama Dirumah, Tatakrama Sekolah, Teknik Berpamitan Yang Sopan, Teknik Praktek Filsafat Dalam Lapangan Sesuai Profesi, Teori Belajar Teoritis, Teori Dan Pengalaman Lapangan, Teori Ilmiah Pendidikan, Teori Karya Ilmiah, Teori Kuliah Lapangan, Teori Lingkungan, Teori Lingkungan Sekolah, Teori Metode Belajar Praktik, Teori Pendidikan Dasar Bagi Anak Landasan Teoritis, Teori Pengajaran, Teori Ppl, Teori Sopan, Teori Tentang Karya Ilmiah, Teorikarya Ilmiah, Tipe Tipe Metode Belajar Praktek Dan Teori, Teori Pendidikan Dasr, Tatakrama Mahasiswa Dalam Praktik, Jurnal Pendidikan Tentang Praktikum Lapangan, Macam Macam Etika Pergaulan Mahasiswa, Difinisi Pratek Kuliyah Lapagan Adalah, Laporan Ppl Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Etika Mahasiswa Dalam Bidang Praktek, Guru Praktek Lapangan, Praktek Pengalaman Lapangan Ppl, Contoh Praktek Materi Sopan Santun Di Sekolah, Tata Krama Orang Alim, Contoh Dampak Positif Landasan Filosofis Bk, Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Penjaskes, Tata Krama Dalam Pkl, Contoh Kasus Manfaat Belajar Filsafat Ilmu, Pengertian Praktek, Pengertian Sopan Santun Pada Guru Di Sekolah, Penerapan Tata Krama Dalam Kehidupan, Ppl Praktek Keguruan, Makalah Implementasi Pilar Pilar Filsafat Keilmuan Dalam Praktek, Pendidikan Tata Krama Di Rumah, Praktik Pengalaman Lapangan, Kajian Teori Makalah Tentang Kualitas Etika Moral Mahasiswa, Makalah Pergaulan Mahasiswa, Cara Untuk Meningkatkan Motifasi Dan Kinerja Guru Penjas Yang Efektif Didalam Pelaksanaan Pembelajaranlapangan, Makalah Praktek Komunikasi Dimasyarakat, Contoh Laporan Kuliah Kerja Lapangan, Contoh Teori Dasar Laporan Kerja Praktek, Pentingnya Menerapkan Tata Krama Di Rumah, Tata Krama Dalam Sapa Menyapa, Tata Krama Mahaiswa, Contoh2 Ppl Bk Belajar, Penerapan Budaya Jujur Di Sekolah, Contoh Laporan Kerja Perpustakaan, Uraian Satu Motor Dipakai Berboncengan Melebihi Kapasitas Dipandang Dari Teori Budaya, Definisi Tata Krama Kejujuran, Landasan Mahasiswa Dalam Ppl, Materi Ppl, Contoh Contoh Tata Krama Di Lingkungan Sekolah, Tata Krama Pada Saat Pkl, Pergaulan Anak Universitas Yang Positif, Contoh Cerita Pengalaman Moral Disekolah, Contoh Laporan Ppl Penjas, Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Mahasoswa Lengkap, Pengalaman Tatakrama, Makalah Laporan Masyarakat Yang Lapor Rt, Laporan Ppl Penjaskes, Laporan Hasil Ppl Paud, Apa Pengertian Dari Etika Dalam Lingkungan Sekolah, Peraturan Praktek Pengalaman Lapangan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar