Rabu, 14 Desember 2011

laporan KKN sendang dawung kangkung ikippgrisemarang

 

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi. Oleh karena itu Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan mahasiswa di luar kampus bersama dengan masyarakat (baik diperdesaan maupun diperkotaan) maka pembimbingannya dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), Kepala Desa atau Kepala Kelurahan, dan Camat. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai pengerak pembangunan dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat, mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, dan mampu memberikan solusinya. Dengan demikian, besar kemungkinan berbagai instansi ikut terlibat dalam kegiatan KKN.
Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang sebagai lembaga Pendidikan  Tinggi selalu berusaha melaksanakan Tri Dharmanya (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) secara optimal, baik di dalam maupun di luar kampus. Kegiatan Tri dharma dilakukan oleh setiap civitas akademikanya, termasuk mahasiswa.

1
Salah satu masalah yang dihadapai masyarakat dewasa ini adalah masih rendahnya partisipasi mayarakat dalam pendidikan. Dilain pihak, anggaran untuk bidang pendidikan yang disediakan pemerintah semakin terbatas besarnya, kurang dari 20%. Apabila dikaitkan dengan pelaksanaan otonomi daerah, urusan bidang pendidikan merupakan salah satu yang diserahkan kepada daerah. Jika permasalah pendidikan ini kurang mendapat perhatian, maka kondisinya akan semakin terpuruk. Hal ini akan berakibat pada rendahnya kualitas sumber daya manusia, yang pada gilirannya akan membawa dampak yang luas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Memperhatikan hal-hal tersebut, pada tahun 2011 Kuliah Kerja Nyata IKIP PGRI Semarang menetapkan tema, “Peran Pos Pemberdayaan Keluarga (POS DAYA) Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak”.

B.     Tujuan Penyelenggaran KKN Pos Daya
  1. Tujuan Umum
a.       Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat.
b.      Sebagai proses pembelajaran mahasiswa dalam berfikir, bersikap, dan berperilaku secara realitisdan akademis yang dilandasi dengan semangat dan komitmen yang tinggi untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.
c.       Sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.
d.      Sebagai proses pendidikan bagi mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dalam mengawal pembangunan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan Negara.
e.       Membentuk sarjana yang penuh berilmu, cakap, berbudi pekerti luhur,  serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945.
f.       Membentuk sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mempu mengembangkan pemikiran maupun penalaran untuk belajar memecahkan permasalahan yang kompleks secara prakmatis dan interdisipliner
g.      Mendekatkan Perguruan Tinggi dengan masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan pembangunan dan dinamika masyarakat.
  1. Tujuan Khusus
1.      Melakasanakan program POS DAYA.
2.      Mendidik mahasiswa berjiwa penuh pengabdian serta memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bangsa dan negara.
3.      Mahasiswa mampu menerapkan ilmunya secara tepat guna.
4.      Mahasiswa mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam kehidupan masyarakat, dan
5.      Meninngkatkan kepedulian mahasisw terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya bidang pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini melalui pendidikan lifeskill berbasis CRC.
C.    RENCANA KEGIATAN KKN Pos Daya
Rencana kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan tema POS DAYA (Peran Pos Pemberdayaan Keluarga, Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak yang dilaksanakan oleh mahasiswa IKIP PGRI Semarang tahun 2011 adalah penyuluhan kepada warga masyarakat tentang program kegiatan yang akan dilaksanakan, kemudian penjelasan pelaksanaan program kegiatan yang meliputi:
1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
2. Rumah Pintar
3. TK (Taman Kanak-kanak)
4. Jumat Bersih
5. Lomba Mewarnai antar TK
D.  Tempat Pelaksanaan KKN
Tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dengan tema POS DAYA (Peran Pos Pemberdayan Keluarga) Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak”, adalah di Kelurahan Sendangdawung, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.
E. Waktu Pelaksanaan KKN
Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dengan tema “POS DAYA (Peran Pos Pemberdayaan Keluarga) Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak, dilaksanakan mulai tanggal 19 September  2011 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2011.
F. Rencana Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup
Rencana kegiatan pembelajaran yang berspektif life skills meliputi:
1.         Persiapan Pendidik
·                     Pengenalan Warna.
·                     Bahan dan alat belajar bola-bola kecil yang berwarna-warni.
·                     Kegiatan pembuka: Salam yang dilanjutkan dengan berdoa kemudian bernyanyi bersama. Lagu “Tepuk PAUD”.
2.         Tahapan Pembelajaran
·  Kegiatan Pembuka
- Mengajak anak-anak berdiri untuk bergerak sambil berolahraga
- Bernyanyi sambil bergerak riang gembira
·  Kegiatan sebelum main
- Menyapa anak-anak
- Mengajak berdoa bersama
- Menanyakan kegiatan yang dilakukan anak setelah bangun tidur
- Menanyakan perasaan anak hari ini
- Memberi informasi kepada anak-anak yang akan dilakukan hari ini
- Membangun aturan main bersama anak
- Memberi dukungan selama anak main
- Memberi waktu main (±45 menit)
- Memperkuat dan memperluas bahasa anak
- Mengamati perkembangan dan kemajuan anak
- Penguatan setelah anak main
- Membereskan alat main dan memasukkan ke tempatnya
- Membentuk lingkaran bersama semua anak
- Menanyakan perasaan anak setelah main
- Menghubungkan dengan kegiatan yang akan dating
- Istirahat selama 15 menit untuk makan
- Transisi ke kegiatan berikutnya.





BAB II
PROGRAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN

A. Program
Program Kegiatan Kuliah Kerja Nyata “POS DAYA (Peran Pos Pemberdayan  Keluarga) Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak”, yang dilaksanakan oleh mahasiswa IKIP PGRI Semarang tahun 2011 meliputi:


1.      PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
a. Nama Program Kegiatan:
Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini.
b. Perumusan Masalah:

5
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (pasal 1, butir 1). Sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (pasal 1, butir 14). PAUD sebagai pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, memiliki kelompok sasaran anak usia 0-6 tahun yang sering disebut sebagai masa emas perkembangan. Disamping itu, pada usia ini anak-anak masih sangat rentan yang apabila penanganannya tidak tepat justru dapat merugikan anak itu sendiri. Oleh karena itu penyelenggaraan PAUD harus memperhatikan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan anak. Untuk itu, demi tercapainya pola pembelajaran yang mengarah pada pembentukan kecerdasan akademis, kecerdasan sosial, kecerdasan personal, dan peningkatan kreatifitas anak kami mencoba memahami diri anak melalui pendekatan-pendekatan yang memperhatikan fase perkembangan anak dan karakteristik anak yang senang bermain, menyanyi, dan bergerak bebas.
a. Tujuan dan Manfaat:
Tujuannya adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. Adapun manfaatnya adalah anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktifitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
b. Sasaran:
Anak usia dini (0-6 tahun) Kelurahan Sendangdawung.
c. Lokasi dan Waktu:
Berada di PAUD Ceria kelurahan Sendangdawung dan waktu pelaksanaan hari Rabu, Jum’at, dan Sabtu pukul 08.00 – 10.00 WIB.
d. Jadwal Kegiatan:
Hari/Jam Tempat :
Rabu, Jum’at, dan Sabtu pukul 08.00 – 10.00 WIB, di Kelurahan Sendangdawung.
f. Penanggung Jawab:
1) Galuh Wardani.
2) Sri Puji Rahayu.
2.      Rumah Pintar
a. Nama Program Kegiatan:
Pengembangan Perpustakaan Rumah Pintar dalam Rangka Mengefektifkan Pembelajaran.
b. Perumusan Masalah:
Membaca dapat membuat seseorang memiliki pengetahuan karena dengan membaca orang mengetahui sesuatu. Pengetahuan tersebut nantinya akan sangat berguna dalam menjalani kehidupan dan hidup berdampingan bersama masyarakat. Tetapi, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam membaca, salah satunya adalah karena kurangnya penyediaan bahan pustaka sebagai pembelajaran. Kendala terhadap kesempatan membaca tersebut sangat dirasakan oleh penduduk kelurahan Sendandawung. Bukan dikarenakan keterbatasan ekonomi untuk membeli buku bacaan, melainkan dikarenakan minat baca mereka berkurang dan keengganan untuk bersosialisasi di Rumah Pintar. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan mengajukan proposal kegiatan perpustakaan di Rumah Pintar dalam rangka peningkatan minat baca dan sosialisasi bermasyarakat. Melalui Rumah Pintar ini diharapkan penduduk kelurahan Sendangdawung  dapat membaca dengan gratis bacaan apa saja yang telah tersedia sesuai dengan apa yang mereka inginkan sehingga terlaksana suatu pembelajaran yang mumpuni. Mereka hanya perlu mendatangi Rumah Pintar yang ada untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan dengan membaca buku-buku tersebut. Dengan menyukseskan membaca, mari kita cerdaskan generasi kita.
Hal ini dilihat karena, pendidikan adalah salah satu pilar bangsa. Kejayaan suatu bangsa dapat terlihat dari pendidikannya. Suatu pendidikan itu memberikan pengertian tentang ilmu, pengetahuan, dan wawasan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan. Pendidikan hakekatnya mengubah perilaku manusia dari belum tahu menjadi tahu. Dewasa ini pendidikan di Indonesia masih memerlukan banyak perjuangan untuk tetap berdiri tegap menatap ke depan baik dari sistem, kurikulum, maupun pembelajarannya. Pendidikan formal yang dicanangkan pemerintah yakni wajib belajar sembilan tahun belumlah tercapai dengan baik. Karenanya, guru dan siswa dituntut untuk lebih profesional dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Demi tercapainya pendidikan yang mumpuni, para  siswa diarahkan untuk lebih giat belajar, membuka wawasan, pengetahuan, serta memahami dan mengamalkan apa yang disampaikan oleh guru. Para siswa sebelum mengikuti pembelajaran haruslah cukup persiapan baik dalam menerima materi maupun mengaplikasikannya. Untuk menunjang kegiatan belajar, kami berinisiatif mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar (BimBel). Bimbingan Belajar bisa dikatakan sebagai suatu proses pengulangan dari pembelajaran yang telah diterima ataupun persiapan untuk pembelajaran selanjutnya.
c. Tujuan dan Manfaat:
Tujuannya yang pertama adalah untuk membantu mencerdaskan warga melalui program Rumah Pintar, dan yang kedua untuk memanfaatkan waktu luang masyarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan akademis. Dimana kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan bantuan bahan pustaka untuk menarik minat baca anak-anak. Adapun manfaatnya adalah guna menambah pengetahuan dan memperluas wawasan wargaserta membantu sosialisasi warga di sekitar Rumah  Pintar dan memberikan pemahaman yang lebih setelah apa yang mereka dipelajari dan menyiapkan mereka untuk pembelajaran selanjutnya.
d. Sasaran:
Siswa TK, SD, dan SMP Kelurahan Sendangdawung
e. Lokasi dan Waktu:
Lokasi berada di kelurahan Sendangdawung dan waktu pelaksanaan mulai tanggal 19 September 2011.
6.    Jadwal Kegiatan:
21 September 2011: Sosialisasi rumah Pintar.
23 September 2011 – 15 Oktober 2011: Pengumpulan buku-buku dan pelaksanan rumah pintar.
Selasa, 18 Oktober 2011: penyerahan buku-buku sekaligus penataan buku-buku dari swadaya mahasiswa KKN IKIP PGRI SEMARANG 2011
g. Penanggung Jawab:
1) Murwantoro
2) Andris Nurul Inayah
3) Ahmad Suaidi
4) M. Muchlasin Arifian
5) Kribut Dawaryo
6) Galuh Wardani
7) Siti Fatiyah
8) Khamdani
9) Sri Puji Rahayu
10) Yosrizal Wisnu
f. Jadwal Kegiatan:
Senin di RT 05 pukul 19.30 WIB.
Rabu di Posko KKN pukul 18.30 WIB.
Kamis di RT 05 pukul 19.30 WIB.
Jum’at di Posko KKN pukul 13.30 WIB.
Sabtu di Posko KKN pukul 19.30 WIB.
Tingkatan
Senin SD kelas 3-6
Rabu SD kelas 4-5
Kamis SD kelas 6
Jum’at kelas 5 SD-kelas 7 SMP
Sabtu kelas 6 SD-kelas 8 SMP
7.    Penanggung Jawab:
Semua mahasiswa
3.      TK (Taman Kanak-Kanak)
a. Nama Program Kegiatan:
Mengajar anak-anak TK yang ada di Kelurahan Sendangdawung.
b. Perumusan Masalah
TK singkatan dari Taman Kanak-kanak yang merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Lama masa belajar seorang murid di TK biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester. Secara umum untuk lulus dari program di TK selama 2 tahun yaitu TK 0 (nol) kecil dan TK 0 (nol) besar. Umur rata-rata minimal kanak-kanak mulai dapat belajar di sebuah Taman Kanak-kanak berkisar 4-5 tahun sedangkan umur rata-rata untuk lulus dari TK berkisar 6-7 tahun. Setelah lulus dari TK, atau pendidikan formal dan pendidikan nonformal lainnya yang sederajat, murid kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi diatasnya yaitu Sekolah Dasar atau yang sederajat.
c. Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat dari pembangunan Taman Kanak-kanak yaitu mengisi memori pada anak usia dini dengan hal-hal yang positif, karena pada usia anak-anak TK merupakan memori emas, sebab pertumbuhan sel jaringan otak pada anak usia 0-4 tahun mencapai 50%, hingga usia 8 tahun mencapai 80% serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
d. Sasaran
Siswa TK yang ada di Kelurahan Sendangdawung.
e. Lokasi dan waktu
TK Mardi Rahayu di RW 05/RW 01, pelaksanaan pada pukul 07.30 – 10.00 WIB.
f. Jadwal Kegiatan
Setiap hari Senin-sabtu pada pukul 07.30-10.00 WIB
g. Penanggung Jawab
1) Siti Fatiyah
2) Khamdani
3) Andris Nurul Inayah
4) Ahmad Suaidi
Hari/Jam TK: Senin-sabtu pukul 07.30-10.00 WIB.


4.      Jum’at Bersih
a. Nama Program Kegiatan:
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Meningkatkan Etos Kerja.
b. Perumusan Masalah:
Kebijakan Indonesia Sehat 2011 menetapkan tiga pilar utama yaitu lingkungan sehat, perilaku sehat dan pelayanan kesehatan bermutu adil dan merata. Untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia Sehat 2010 telah ditetapkan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 131/Menkes/SK/II/2004 dan salah satu Subsistem dari SKN adalah Subsistem Pemberdayaan Masyarakat. Kebijakan Nasional Promosi kesehatan untuk mendukung upaya peningkatan perilaku sehat ditetapkan Visi Nasional Promosi Kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1193/MENKES/SK/X/2004 yaitu “Jum’at Bersih. Untuk melaksanakan program Promosi Kesehatan di Daerah telah ditetapkan Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Daerah dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI.No.1114/Menkes/SK/VIII/2005. Dalam tatanan otonomi daerah, Visi Indonesia Sehat 2011 akan dapat dicapai apabila telah tercapai secara keseluruhan Kabupaten/Kota Sehat.
c. Tujuan dan Manfaat:
Tujuannya adalah acuan bagi lintas program dan lintas sektor dalam rangka pengembangan program “Jum’at Bersih” percontohan untuk meningkatkan cakupan rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat secara bertahap dan berkesinambungan menuju Kabupaten/Kota Sehat. Adapun manfaatnya adalah setiap rumah tangga meningkat kesehatannya terutama mengenai jentik-jentik nyamuk dan tidak mudah sakit,  rumah tangga sehat dapat meningkatkan produktivitas kerja anggota keluarga, dan dengan meningkatnya kesehatan anggota rumah tangga maka biaya yang tadinya dialokasikan untuk kesehatan dapat dialihkan untuk biaya investasi seperti biaya pendidikan dan usaha lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota rumah tangga.
d. Sasaran:
Warga masyarakat kelurahan Sendangdawung
e. Lokasi dan Waktu:
Lokasi berada di RT 01/RW 03 Dukuh Wonokerto, Kelurahan Sendangdawung tanggal
a.    Penanggung Jawab: Semua Mahasiswa
5.      Lomba Mewarnai Antar TK se Sendangdawung
a. Nama Program Kegiatan:
Lomba mewarnai antar Tk se Sendangdawung untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak TK dalam mengenal warna.
b. Perumusan Masalah:
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (pasal 1, butir 1). Sedangkan Pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia 5 tahun sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (pasal 1, butir 14). Taman Kanak-kanak sebagai pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, memiliki kelompok sasaran anak usia 5-6 tahun yang sering disebut sebagai masa emas perkembangan. Disamping itu, pada usia ini anak-anak masih sangat rentan yang apabila penanganannya tidak tepat justru dapat merugikan anak itu sendiri. Untuk itu, demi tercapainya pola pembelajaran yang mengarah pada pembentukan kecerdasan akademis, kecerdasan sosial, kecerdasan personal, dan peningkatan kreatifitas anak kami mencoba memberikan motivasi anak untuk lebih terpacu dalam pengenalan warna, yang kami realisasikan ke dalam bentuk perlombaan “Mewarnai Gambar se Sendangdawung” yang diikuti kurang lebih 80 anak.
c. Tujuan dan Manfaat:
1.      Tujuannya adalah acuan untuk mengembangkan kreatifitas anak serta memunculkan potensi anak yang sebagian besar belum terekspose, melalui “Lomba Mewarnai Antar TK se Sendangdawung” ini di harapkan mampu mengangkat individu-individu yang berpotensi dalam bidang seni khusunya. Adapun manfaatnya adalah setiap anak mempunyai bakat dan minat tersendiri-sendiri dalam “Lomba Mewarnai Antar TK se Sendangdawung” ini cukup mampu mengembangkan bakat dan potensi anak khususnya dalam bidang seni. Dimulai dari memperkenalkan warna dan mengvisualisasikan ke dalam mewarnai suatu gambar hal ini cukup mampu mengembangkan daya imajinasi anak.
d. Sasaran:
Siswa TK sekelurahan Sendangdawung
e. Lokasi dan Waktu:
Balai desa Sendangdawung
d. Penanggung Jawab: Semua Mahasiswa

6.      Lomba Bulutangkis
a.       Nama program kegiatan:
Lomba bulutangkis “Sendangdawung Badminton Cup” junjung tinggi sportifitas dan kebersamaan.
b.      Perumusan Masalah:
              Partisipasi yang laksanakan adalah ikut berpartisipasi dalam kegiatan olahraga di desa Sendangdawung yang dilasanakan setiap malam jumat, malam senin, malam selasa, bertempat di GOR SMP N 3 CEPIRING. Adapun partsipasi lain yang dilakukan adalah mengadakan lomba bulutangkis ganda putra se-Sendangdawung yang bertempat di SMP N 3 CEPIRING, dalam hal ini kepanitian murni dari Mahasiswa KKN di desa Sendangdawung yang di dukung oleh kepala desa setempat. Selain itu acara perlombaan Bulutangkis juga mendapat dukungan dari warga masyrakat sekitar khususnya oleh para karangtaruna desa Sendangdawung. Perlombaan diikuti oleh para warga, tokoh masyarakat, serta para pemuda karangtaruna ikut memeriahkan acara tersebut.
c.       Tujuan dan Manfaat:
Dengan diadakannya lomba bulutangkis se-Sendangdawung ini diharapkan dapat membangkitkan minat warga khususnya para generasi muda untuk kembali mencintai dunia bulutangkis yang sudah mulai ditinggalkan. Sehingga kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan keakraban dan kesportifitasan antar warga.
d.      Sasaran:
Para pemuda se-Sendangdawung
e.       Lokasi dan waktu:
GOR SMP Negeri 3 Cepiring.
f.       Penanggung jawab:
Semua mahasiswa

A.Hasil
1.      Pendidikan Anak Usia Dini
a.       Peserta PAUD mendapat pengetahuan baru  dan lain sebagainya.
b.      Bertambahnya wawasan kader PAUD.
c.       Penambahan perlengkapan bermain anak
d.      Pembagian area bermain anak sesuai dengan aspek bermain anak.
e.       Timbulnya semangat bagi orang tua untuk memasukkan anaknya dalam PAUD.
2.      BIMBEL
a.       Terlaksananya BIMBEL sesuai program.
b.      Meningkatnya minat belajar pada anak-anak.

3.      Pelaksanaan Jum’at Bersih
a.       Terbentuknya lingkungan hidup yang sehat dan bersih
b.      Membersihkan dan menata secara rapi lingkungan di Kelurahan
c.       Pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL)
A.    Hambatan
1.      Pendidikan Anak Usia Dini
a.       Sarana prasarana
                                                             i.      Kurangnya peralatan.
                                                           ii.      Tempat kurang memadai, yaitu di rumah perangkat Desa (Halaman rumah).
b.      Kurangnya tenaga pendidik PAUD.
c.       Anak-anaknya susah diatur
2.      BIMBEL
a.       Kurangnya anggota KKN dalam menangani mata pelajaran tertentu.
b.      Waktu yang ditentukan tidak sesuai dengan jadwal yang diberikan.
c.       Jumlah anak yang tidak tetap sehingga adanya perbedaan jumlah pengajar dengan siswanya.
d.      Anak-anaknya susah diatur.
3.       
4.      Pelaksanaan JUM’AT BERSIH
Kurangnya kesadaran dari tiap anggota KKN kepada masyarakat untuk  berpartisipasi secara langsung. Serta sikap individualisme diantara mahasiswa masih tinggi.
5.      Lomba Bulutangkis
Pendaftaran peserta tidak sesuai dengan yang direncanakan dan ditetapkan panitia, karena kebanyakan dari peserta mendaftar ketika perlombaan akan dimulai.



B.       Cara Mengatasai Hambatan
1.      Partisipasi PAUD kelurahan Sendangdawung
    1. Membantu menyediakan sarana prasarana.
    2. Membantu menyiapkan ruang belajar sesuai dengan area bermain anak.
    3. Memberikan pengertian kepada kader melalui penyuluhan kepada warga.
    4. Mengalihkan pembelajaran dengan kegiatan menyanyi.
    5. Memfokuskan pengembangan mutu PAUD yang kurang berjalan.
  1. RUPIN
    1. Melakukan pembelajaran klasikal atau kelompok.
    2. Saling bertukar pengajar jika ada kesulitan pada mata pelajaran tertentu. Penyesuaian dalam pengaturan waktu.
    3. Memberikan motivasi kepada anak-anak untuk tetap belajar.
3.      Pelaksanaan Jum’at Bersih
Sebaiknya dari tiap anggota KKN sadar akan partisipasi kepada masyarakat. Pemberian jadwal kepada masing anggota KKN.
4.      Lomba Bulutangkis
Mendata peserta secara cepat. Terlebih dahulu membuat perkiraan daftar peserta semantara untuk menetapkan nomor undian yang nantinya diperlukan dan akan digunakan.
5.      Partisipasi Kegiatan di Masyarakat
    1. Diadakan pengumuman berlanjut setelah kegiatan berlanjut.
    2. Mambahkan program kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi masyarakat.
6.      Partisipasi Dalam Instansi Pemerintah Setempat
Melengkapi sarana dan prasarana yang ada.














Laporan Mingguan
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN

LAPORAN PROGRAM KERJA
PAUD
A.    PROGRAM
PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )
Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan jasmani dan rohani. Agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan  melalui jalur formal, nonformal, dan informal.

B.     PELAKSANAAN PROGRAM
Pelaksanaan program PAUD dilaksanakan di kelurahan Sendangdawung tepatnya di gedung BPD  RT 05/RW I oleh KKN IKIP PGRI Semarang mulai tanggal 21 September sampai 15 Oktober 2011. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai PAUD kemudian dilanjutka dengan mendata balita mulai umur 1-5 tahun pada tanggal 23September 2011. Setelah pendataan selesai dilakukan, orangtua diharapkan ikut berpartisipasi dengan mengajak anak balitanya agar mengikuti program PAUD.


C.    HASIL
Balita yang telah mengikuti program PAUD dari tanggal 21 September 2011 mengalami perkembangan yang maju dan ditunjukkan dengan sikap kreatif mereka saat mengikuti program PAUD, seperti berani menyanyi di depan kelas, Bermain busa sabun untuk melatih motorik anak, serta bermain stempel warna guna memperkenalkan warna pada anak.

D.    HAMBATAN
Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa KKN IKIIP PGRI Semarang dalam pelaksanaan program PAUD antara lain:
1.    Kesibukan orang tua dalam bekerja sehingga anak balitanya tidak ada yang mengantarkan ke tempat PAUD.
2.    Pada anak usia 1-2 tahun masih cenderung takut dan belum mau terlepas dari gendongan orang tua. Kendala lain yang dihadapi sementara belum ada.
E.     CARA MENGATASI HAMBATAN
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Mahasiswa IKIP PGRI Semarang memilih kegiatan PAUD dilaksanakan pada hari rabu, jumat dan hari sabtu pagi setiap jam 08.00-09.00 WIB untuk anak usia 1-2 tahun dan 09.30-10.30 WIB untuk anak usia 3-5 tahun.
2.      Untuk mengatasi anak usia 1-2 tahun yang masih cenderung rewel kita menarik perhatian anak dengan berbagai mainan sehingga anak bisa terlepas dari gendongan orang tua.










LAPORAN PROGRAM KERJA
RUMAH PINTAR
A.     NAMA PROGRAM
Rumah Pintar

B.     PELAKSANAAN PROGRAM
Pelaksanan program Rumah Pintar dilaksanakan di kelurahan Sendangdawung oleh mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang mulai tanggal 21 September – 15 Oktober 2011. Kegiatan ini diawali dengan mensosialisasikan program Rumah Pintar kepada warga yaitu bimbingan belajar unt uk anak usia 7 sampai 14 tahun dan taman bacaan pada tanggal 21 September. Warga masyarakat di minta untuk ikut berpartisipasi dengan mendaftarkan putra atau putrinya yang berusia 7 sampai 14 tahun untuk mengikuti program bimbel, untuk minggu pertama bimbingan belajar dimulai pada tanggal 23 dan 25 September. Sedangkan untuk taman bacaan, warga dimohon untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan buku baik bekas maupun baru. 

C.    HASIL
Kegiatan rumah pintar di kelurahan rumah pintar sudah tersosialisasikan di warga kelurahan Sendangdawung. Masyarakatnya antusias sekali terhadap program itu. 

D.    HAMBATAN
Adapun dalam program kerja rumah pintar mengalami banyak hambatan. Hambatan- hambatan yang kami alami adalah kurangnya fasilitas yang dapat mendukung berlangsungnya program rumah pintar diantaranya:
1.      Kurangnya buku- buku PAUD atau buku- buku yang dapat menunjang pembelajaran / aktifitas dalam rumah pintar. Karena   buku- buku diangggap sebagai fasilitas yang paling utama.
2.      Tidak adanya rak buku yang dapat digunakan untuk tempat meletakkan buku agar rapi
E.     CARA MENGATASI HAMBATAN
Dari analisis hambatan yang telah diuraikan di atas dapat diatasi dapat diupayakan cara mengatasinya.Adapun cara mengatasi hambatan – hambatan tersebut adalah :
1.      Mensosialisasikan kepada warga kelurahan Sendangdawung bahwa akan diadakannya Program kerja Rumah Pintar yang memiliki kegiatan bimbingan belajar khususnnya siswa usia 7 -14 tahun
2.      Mensosialisasikan kepada warga Sendangdawung bagi yang mempunyai buku-buku bekas atau yang masih dapat dipakai dapat disumbangkan melalui posko KKN atau pada saat kegiatan PAUD dan rumah pintar berlangsung kepada panitia program kerja rumah pintar.
3.       Sebagai tempat penempatan buku-buku atau rak buku akan diusahakan dari pihak kelurahan Sendangdawung dan siswa KKN.

















LAPORAN PROGRAM KERJA PAUD MINGGU KE 2


A. PROGRAM
Kegiatan PAUD. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan dan menggali potensi anak pada usia dini baik segi motorik, kognitif, bahasa dan sosial pada kelurahan sedangdawung.


B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan PAUD dilaksanakan tiap hari rabu,jumat dan sabtu di gedung BPD. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan hari rabu,jumat sabtu pagi yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok I anak usia 1-2 tahun yang di laksanakan pukul 08.00 – 10.00 WIB .
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI sebagai tutor di bantu oleh masyarakat khususnya guru PAUD. Program PAUD pada minggu ini dilaksanakan hari rabu tanggal 28 september 2011. Adapun kegiatan yang di laksanakan pada PAUD minggu ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk anak usia 1-2 tahun adalah bermain motorik kasar seperti menendang bola, memasukkan bola dalam keranjang dll.
2.      Untuk anak usia 3-5 tahun adalah membentuk bentuk dari plestisin serta menempel kertas warna merah, kuning dan hijau yang berbentuk lingkaran, persegi dan segitiga guna memperkenalkan macam bentuk dan warna.
           






C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program PAUD untuk minggu ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk anak usia 1-2 tahun yaitu dalam bermain sudah mampu menangkap instruksi dari tutor walaupun belum sempurna dan terkadang anak juga belum focus.
2.      Untuk anak usia 3-5 tahun yaitu dalam bermain plastisin anak sudah  mampu membentuk bola dan memanjang seperti ular. Sedangkan dalam menempel kertas berbentuk lingkaran, persegi, dan segitiga yang berwarna merah, kuning, hijau anak sudah mampu memempelkan bentuk kertas warna sesuai dengan macam bentuk yaitu lingkaran, persegi dan segitiga pada kertas putih yang terdapat gambar lingkaran, persegi dan segitiga yang sudah disediakan oleh tutor.

D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
Masih sulitnya mengatasi anak pada usia 1-2 tahun yang masih tergantung pada orang tuanya. Untuk saat ini hambatan lainnya belum ada.

E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
Para tutor tetap mengalihkan perhatian anak agar mau bermaian dan lepas dari orang tua dengan memberikan berbagai mainan untuk menarik perhatian anak.







LAPORAN PROGRAM KERJA TAMAN KANAK - KANAK
MINGGU KE 2

A. PROGRAM
Kegiatan TK (Taman Kanak ) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal kelurahan .


B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan TK dilaksanakan setiap hari kecuali minggu . Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada pukul 07.30 – 10.00 WIB .
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI membantu guru TK dalam pembelajaran . Program TK pada minggu ini dilaksanakan hari rabu tanggal 26 september 2011. Adapun kegiatan yang di laksanakan pada TK minggu ini adalah sebagai berikut:
1.      Hari senin,selasa bernyanyi lagu anak-anak secara individu.
2.      Hari rabu,kamis mewarnai gambar
3.      Hari jum’at,saptu senam dan memotong gambar hewan

C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program TK untuk minggu ini sangtlah baik, walaupun tak sebaik yang diharapkan tetapi anak didik mampu mengerjakannya secara mandiri dan dapat mengembangkan motoriknya lebih baik
D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
1.      Murid –murid kurang memperhatikan
2.      Sering makan waktu dalam proses belajar
3.      Masuk tidak tepat pada waktunya
4.      Ada salah satu murid yang terlalu manja pada mahasiswa KKN

E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program TK minggu ini adalah guru TK maupun para mahasiswa KKN memberikan pengarahan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam proses yang berkaitan dengan tata tertib.

LAPORAN MINGGU KE II PROGRAM KERJA RUMAH PINTAR
A.    PROGRAM
Program Rumah Pintar merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang sulit dijangkau karena letak geografis dalam memperoleh pendidikan dan informasi khususnya di RW 01 RT 05 Kelurahan Sedangdawung Kecamatan kangkung.
B.     PELAKSANAKAN PROGRAM
Program kegiatan yang telah terselenggara satu pekan sejak Senin,rebu,kemis, jumat dan Minggu, untuk minggu ke-2 tanggal 26 september – 2 oktober 2011 adalah  pelaksanakan Bimbingan Belajar. Waktu Pelaksanaan Bimbingan Belajar hari Senin (19.00), rabu (16.00), kamis (19.30), jumat (13.30), dan minggu (19.30). Pengumpulan buku rumah pintar pada tanggal 1 Oktober dan pembuatan rak buku pada tanggal 2 Oktober 2011

C.     HASIL.
Ø  Peserta Bimbingan Belajar ecara keseluruhan sebanyak 84 anak yang terdiri dari usia 4 -14 tahun.
Ø  Pengumpulan buku menghasilkan 300 buku yang diperoleh dari Sumbangan dank as KKN IKIP PGRI Semarang


D.    HAMBATAN

Ø  Fasilitas dan sarana prasarana yang kurang memadai, seperti :
Tidak  tersedianya meja dan kkursi, terbatasanya papan tulis, tempat yan terbatas.

E.     CARA MENGATASI HAMBATAN

Ø  Menggunakan tikar untuk alas belajar.
Ø  Mengunakan media kertas untuk menyampaikan materi sebagai pengganti whiteboard.
Ø  Dengan membagi kelas menjadi 5 sesi
-          Senin kelas 1 - 4 SD  RT 05 ( pukul 19.00 – 21.30)
-          Rabu Kelas 1 – 4 SD RT 03( pukul  16.00– 17.30)
-          Kamis Kelas 8 SMP RT 05 ( pukul 19.30 – 21.30)
-          Jumat kelas 1 – 4 SD 1 ( pukul 13.30 – 14.30)
-          Minggu kelas 6 SD – 8 SMP ( pukul 19. 30 – 21.30)

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM JUMAT BERSIH HARIAN MINGGU KE II

A.    PROGRAM
Kegiatan Jumat Bersih. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat Kelurahan Sedangdawung.






B.    PELAKSANAAN PROGRAM

Program kegiatan Jumat Bersih dilaksanakan tiap hari Jumat yang disesuaikan dengan kebiasaan warga dalam melaksanakan program Jumat Bersih biasanya dilakukan pada hari Jumat  pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Dalam melaksanakan program Jumat Bersih biasanya warga memprioritaskan pada kebersihan selokan dan mengumpulkan sampah plastik. Tidak hanya itu kegiatan Jumat Bersih di dalam rumah pun juga tidak luput. Warga menguras bak mandi untuk membersihkan dari jentik nyamuk guna menghindari penyakit Demam Berdarah.

C.    HASIL

Hasil yang dapat diperoleh dari pelaksanaan program ini dapat dilihat secara langsung dari kegiatan Program Jumat Bersih seperrti lingkungan tampak bersih dan rapi, saluran pembuangan air yang tadinya mampet menjadi lancar.


D.    HAMBATAN

Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program Jumat Bersih adalah :
1.         Dalam pelaksanaannya ada sebagian warga yang kurang antusias dalam bekerja
2.         Sosialisasi dari RW ke warga kurang
3.         Tidak semua warga dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini karena sibuk bekerja



E.    CARA MENGATASI HAMBATAN

1.      Terus memberikan penyuluhan agar warga sadar akan arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
2.      Melakukan program Jumat Bersih di hari Minggu. Karena di Hari Minggu mayoritas masyarakat yuang bekerja libur, sehingga diharapkan semua warga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Jumat Bersih



LAPORAN PROGRAM KERJA
PAUD MINGGU KE III

A. PROGRAM
Kegiatan PAUD. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan dan menggali potensi anak pada usia dini baik segi motorik, kognitif, bahasa dan sosial pada kelurahan Sendangdawung.

B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan PAUD dilaksanakan tiap hari rabu, jum’at dan sabtu di gedung BPD. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan hari rabu, jum’at  dan sabtu pagi  Pelaksanakan pukul 08.00 – 10.00 WIB.
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI sebagai tutor di bantu oleh masyarakat khususnya guru PAUD. Program PAUD pada   dilaksanakan hari rabu tanggal 5 September, hari jum’at tanggal 7 Oktober dan hari sabtu 8 Oktober 2011. Adapun kegiatan yang di laksanakan pada PAUD minggu ini adalah sebagai berikut:
Hari rabu tanggal 5 September 2011.
3.      Untuk anak usia 1-2 tahun adalah bermain motorik kasar seperti menendang bola, memasukkan bola dalam keranjang dll.
4.      Untuk anak usia 3-5 tahun adalah  meronce membuat kalung dari sedotan untuk memperlancar motorik kasar pada anak serta bernyanyi.


Hari jum’at tanggal 7 Oktober dan hari sabtu tanggal 8 Oktober 2011.
1.      Untuk anak usia 1-2 tahun adalah bermain motorik kasar seperti bermain  pasir ,serta bermain bebas.
2.      Untuk anak usia 3-5 tahun adalah  mewarnai dengan pewarna menggunakan cotton bud untuk melatih motorik halus menunjang dalam menulis.


           
C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program PAUD untuk minggu ini adalah sebagai berikut :
Hari rabu tanggal 5 Oktober 2011.
3.      Untuk anak usia 1-2 tahun yaitu dalam bermain sudah mampu menangkap instruksi dari tutor walaupun belum sempurna dan terkadang anak juga belum fokus serta untuk minggu ini anak sudah berlatih mandiri.
4.      Untuk anak usia 3-5 tahun yaitu dalam meronce dan membuat kalung dari sedotan anak sudah mampu meronce dan memasukkan sedotan dalam benang sehingga terbentuk kalung. Dalam pembelajaran ini anak juga sudah mulai mandiri.

Hari jum’at tanggal 7 Oktober dan sabtu 8 Oktober 2011.
1.      Untuk anak usia 1-2 tahun yaitu dalam bermain sudah mampu menangkap instruksi dari tutor walaupun belum sempurna dan terkadang anak juga belum fokus serta untuk minggu ini anak sudah berlatih mandiri.
2.      Untuk anak usia 3-5 tahun yaitu dalam mewarnai dengan pewarna menggunakan cotton Bud anak sudah mampu mewarnai dengan baik walaupun masih belum sempurna dalam memenuhi warna sesuai dengan pola.

D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
1.      Pada anak usia 1-2 tahun masih senang bermain sendiri dari pada kelompok .
2.      Ada beberapa orang tua yang masih ikut dalam kegiatan anak.


E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
1.      Para tutor tetap mengalihkan perhatian anak  agar mau bersosialisasi dengan temannya sehingga anak mau mermain bersama-sama dan mau berkelompok.
2.      Para tutor menginformasikan kepada orang tua untuk membiarkan anak agar bisa dan terbiasa mandiri.























LAPORAN PROGRAM KERJA TAMAN KANAK - KANAK


A. PROGRAM
Kegiatan TK (Taman Kanak ) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal kelurahan .
B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan TK dilaksanakan setiap hari kecuali minggu . Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada pukul 07.30 – 10.00 WIB .
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI membantu guru TK dalam pembelajaran . Program TK pada minggu ini dilaksanakan hari rabu tanggal  3 Oktober 2011. Adapun kegiatan yang di laksanakan pada TK minggu ini adalah sebagai berikut:
4.      Hari senin, selasa mewarnai tisue dengan cat air
5.      Hari rabu libur
6.      Hari kamis, jum’at, dan saptu bernyani,senam, dan menggambar.
C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program TK untuk minggu ini sangtlah baik, khususnya dilihat dari cara membedakan warna.
D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program TK adalah murid –murid dalam mewarnai kurang rapi, masih malu bila disuruh nyanyi didepan.

E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program TK minggu ini adalah guru membantu siswa untuk mengarahkan agar pekerjaannya menjadi rapi dan memberikan contioh kepada salah seorang anak untuk bernyanyi didepan sendirian, setelah itu diikuti teman – teman yang lainnya.
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM RUMAH PINTAR HARIAN MINGGU KE III


A.    NAMA PROGRAM
Nama program KKN di Kelurahan Sendangdawung yaitu Rumah Pintar.

B.    PELAKSANAAN PROGRAM
Pelaksanaan program Rumah Pintar dilaksanakan di kelurahan Sendangdawung oleh mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang yaitu pada hari Senin, Rabu, Kamis, Jum’at dan Minggu. Yaitu mulai dari SD sampai SMP kelas VIII. Pada waktu pelaksanaannya yaitu hari Senin pukul (19.00) yaitu SD kelas 1 sampai kelas 3, hari Rabu pukul (18.30) yaitu SD kelas 4 sampai kelas 5, hari Kamis pukul (19.30) yaitu SD kelas 6,  kemudian hari Jum’at pukul (13.30) yaitu SD kelas 5 dan kelas VII SMP, kemudian hari Minggu pukul (19.30) yaitu SD kelas 6 dan kelas VIII SMP. Kemudian di hari selanjutnya anak-anak datang ke rumah pintar yaitu untuk belajar dan membaca-baca buku tersebut.

C.    HASIL
Kegiatan Rumah Pintar dan pelaksanaan bimbel sudah berjalan lancar, anak-anak di Kelurahan Sendangdawung  sangat antusias dengan kegiatan bimbel tersebut dan kemudian dilengkapi dengan fasilitas buku-buku. Dan buku tersebut yang sangat membantu mereka untuk kegiatan belajar mengajar.

D.    HAMBATAN
Adapun dalam program kerja rumah pintar mengalami banyak hambatan. Hambatan-hambatan yang kami alami adalah kurangnya fasilitas yang dapat mendukung berlangsungnya program rumah pintar diantaranya yaitu kurangnya dana untuk menunjang fasilitas kegiatan yang ada dalam rumah pintar untuk melengkapi buku-buku pelajaran. Kemudian kurangnya tenaga pengajar dalam membimbing anak-anak yang terlalu sangat merepotkan, karena terlalu banyak anak yang sangat antusias jadi dalam mengelola bimbel kurang optimal.

E.    CARA MENGATASI HAMBATAN
Dari analisis hambatan yang telah diuraikan di atas dapat diatasi diupayakan cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah :
1.   Dalam kurangnya dana kami mengajukan proposal ke berbagai instasi untuk mendapatkan bantuan dana.
2.   Untuk mengoptimalkan bimbel yang kami lakukan yaitu kepada para pengajar mahasiswa KKN yang telah ditugasi pada pengajar bimbel yaitu  dibagi dengan mengelompokkan sesuai tingkat kelasnya.



















LAPORAN PROGRAM KERJA
PAUD MINGGU KE IV

A. PROGRAM
Kegiatan PAUD. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan dan menggali potensi anak pada usia dini baik segi motorik, kognitif, bahasa dan sosial pada kelurahan Sambirejo.

B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan PAUD dilaksanakan tiap hari Rabu,jumat dan sabtu di gedung BPD. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan hari Rabu, jum’at  dan Sapbtu pagi yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok I anak usia 1-2 tahun yang di laksanakan pukul 08.00 – 09.00 WIB dan kelompok II yaitu anak usia 3-5 tahun yang dilaksanakan pukul 09.30-10.30 WIB.
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI sebagai tutor di bantu oleh masyarakat khususnya ibu-ibu posyandu. Program PAUD pada minggu ini dilaksanakan hari minggu tanggal 12 Oktober dan hari jum’at tanggal 15 Oktober 2011. Adapun kegiatan yang di laksanakan pada PAUD minggu ini adalah sebagai berikut:
Hari  Rabu, Jum’at dan Sabtu antara lain .
5.      Untuk anak usia 1-2 tahun adalah bermain motorik kasar seperti menendang bola, memasukkan bola dalam keranjang dll.
6.      Untuk anak usia 3-5 tahun yaitu dalam mewarnai dengan pewarna menggunakan cotton Bud anak sudah mampu mewarnai dengan baik walaupun masih belum sempurna dalam memenuhi warna sesuai dengan pola.
7.      Untuk hari sabtu penyerahan alat peraga ke PAUD dan berpamitan dengan pengelola PAUD beserta peserta didik yang ada di PAUD.

.


C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program PAUD untuk minggu ini adalah sebagai berikut :
Hari Rabu, Jum’at dan Sabtu antara lain.
5.      Untuk anak usia 1-2 tahun yaitu dalam bermain sudah mampu menangkap instruksi dari tutor walaupun belum sempurna dan terkadang anak juga belum focus serta untuk minggu ini anak sudah berlatih mandiri.
6.      Untuk anak usia 3-5 tahun yaitu dalam mendengarkan cerita anak antusias dan terlihat tenang dalam mendengarkan cerita. Untuk kegiatan menempel perca dalam menghias kipas yang terbuat dari karton dan stick es cream anak sudah bisa menempel dan berkreatif sendiri.
7.      Untuk hari sabtu penyerahan alat peraga ke PAUD dan berpamitan dengan pengelola PAUD beserta peserta didik yang ada di PAUD.


D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
3.      Pada anak usia 1-2 tahun masih senang bermain sendiri dari pada kelompok .
4.      Ada beberapa orang tua yang masih ikut dalam kegiatan anak.
5.      Pemilihan Kader guna penerus tutor dalam kegiatan PAUD.

E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program PAUD minggu ini adalah:
3.      Para tutor tetap mengalihkan perhatian anak  agar mau bersosialisasi dengan temannya sehingga anak mau mermain bersama-sama dan mau berkelompok.
4.      Para tutor menginformasikan kepada orang tua untuk membiarkan anak agar bisa dan terbiasa mandiri.
5.      Mendiskusikan permasalahan kaderisasi dengan Lurah, ibu-ibu PKK, dan perwakilan dari tiap RW.



























LAPORAN PROGRAM KERJA ‘Lomba Mewarnai Antar TK Se-Sendangdawung’

A. PROGRAM
Kegiatan “Lomba Mewarnai Antar TK se Sendangdawung” ini di harapkan mampu mengangkat individu-individu yang berpotensi dalam bidang seni khusunya

B. Pelaksanaan Program
            Program  “Lomba Mewarnai Antar TK se Sendangdawungdilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2011WIB .
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI sebagai penyelenggara lomba. Dengan harapan agar peserta lomba cukup mampu mengembangkan bakat dan potensi anak khususnya dalam bidang seni

C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan lomba ini adalah anak –anak TK antusias dalam lomba mewarnai dan berhasil merebutkan juara I, II, III
D. Hambatan
   Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program lomba ini adalah orang tua murid masih menemani anak – anaknya dalam mewarnai gambar di lomba ini.

E. Cara Mengatasi Hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program ini adalah para paniti lomba memberikan peringatan kepada wali murid, agar tidak mendampingi anaknya sewaktu lomba dimulai.





LAPORAN PROGRAM KERJA
RUMAH PINTAR

A. PROGRAM
Program  yang ada di kelurahan Sendangdawung yaitu adanya program rumah pintar.

B. PELAKSANAAN PROGRAM
            Program kegiatan rumah pintar itu terdiri dari bimbel yaitu bimbingan belajar yang diselenggarakan pada hari hari Senin (19.00), rabu (16.00), kamis (19.30), jumat (13.30). Yang mengikuti program tersebut antara lain dari anak SD sampai dengan SMP kelas VIII.
           
C. Hasil
            Kegiatan yang ada di rumah pintar itu bagi anak- anak warga Sendangdawung anak- anaknya sangat antusias sekali terhadap adanya program tersebut. Sampai- sampai karena kebanyakan anak- anak sehingga ruangnya kurang kondisional bahkan para pengajarnya kualahan. 

D. Hambatan
            Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program Rumah pintar:
  1. Kurangnya para pengajar karena terlalu banyak anak yang ikut dalam kegiatan tersebut.
  2. Kurangnya buku- buku serta media yang dapat menunjang berlangsunganya kegiatan tersebut.






E. Cara Mengatasi Hambatan
1.      Untuk mengatasi kurangnya para pengajar karena terlalu banyak anak yang ikut dalam kegiatan tersebut yaitu kita mengelompokkan beberapa sesuai tingkatan kelas.
2.      Kurangnya buku- buku serta media yang dapat menunjang dalam kegiatan tersebut yaitu  mengumpulkan buku – buku dari warga. Selain itu mengajukan proposal pengadaan buku dari beberapa  pihak terkait.
JADWAL KEGIATAN RUMAH PINTAR MINGGU KE 4
No
Hari, tanggal
Waktu
Kegiatan
Tempat
1.
Senin, 10 Oktober 2011
19.00 – 21.30
bimbel

RT 05



2.
Rabu, 12 Oktober 2011
16.00– 17.30
Bimbel dan berpamitan
RT 03

3.
Kamis, 13 Oktober 2011
19.30 – 21.30
Bimbel dan berpamitan
RT 05



4.
Jum’at, 14 Oktober 2011
13.30 – 14.30
Bimbel berpamitan
SDN 1 Sendangdawung

5.
Sabtu , 15 Oktober 2011
19. 30 – 21.30
Bimbel dan berpamitan
Pos KKN







LAPORAN PROGRAM KERJA
JUM’AT BERSIH

A. PROGRAM
Kegiatan jum’at bersih. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan warga kelurahan Sendangdawung.

B. PELAKSANAAN PROGRAM
            Program kegiatan jum’at bersih dilaksanakan tiap hari jum’at.. Biasanya warga melakukan kegiatan tersebut di pagi hari pukul 07.00 WIB hingga selesai.
            Dalam pelaksanaanya warga bergotong royong bersama membersihkan lingkungan tempat tinggalnya. Tempat yang menjadi prioritas kegiatan kebersihan meliputi jalan raya, balai desa. Hampir semua anggota tiap keluarga turut serta dan antusias dalam mengikuti programn jum’at bersih. Hal ini dapat dilihat dari keceriaan warga meskipun harus berkotor-kotor.
           
C. Hasil
            Setiap program atau kegiatan tentu tidak lepas dari hasil yang dicapai. Dari pelaksanaan program ini dapat secara langsung dilihat dan dirasakan oleh warga. Karena lingkungann tampak bersih dan rapih. Selokan-selokan yang mampet menjadi lancar.

D. Hambatan
            Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program jum’at bersih adalah:
  1. Kurangnya kesadaran warga akan kebersihan lingkungan. Sehingga warga agak susah digerakkan.
  2. Kebanyakan warga sibuk bekerja, sehingga tidak ada waktu untuk melakukan kegiatan jum’at Bersih

E. Cara Mengatasi Hambatan
1.      Terus memberikan penyuluhan agar warga sadar akan arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga warga semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
2.      Melakukan kegiatan jum’at bersih. Karena dihari minggu mayoritas masyarakat yang bekerja libur,sehingga diharapkan semua warga dapat berpartisipasi dalam kegiatan jum’at bersih.
























LAPORAN PROGRAM KERJA
BADMINTON CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG

A. PROGRAM
Kegiatan BADMINTON. Program ini dilaksanakan guna meningkatkan dan menggali potensi maupun bakat para pemuda sendangdawung untuk dapat dikembangkan.

B. Pelaksanaan Program
            Program kegiatan badminton dilaksanakan pada hari senin – selasa pada tanggal 10-11 Oktober 2011. Bertempat di lapangan SMPN 3 CEPIRING yang berjumlah satu lapangan saja dan diikuti 20 pasang ganda putra..
            Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa KKN IKIP PGRI sebagai tutor di bantu oleh masyarakat khususnya pemuda KARANGTARUNA. Program BADMINTON CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG dilaksanakan selama dua hari yang melibatkan para pemuda –pemuda sendangdawung beserta perangkat yang ada di desa sendangdawung. Adapun kegiatan yang di laksanakan sebagai berikut:
Hari senin 10 Oktober 2011.
8.      Pembukaan yang dilakukan oleh kepala desa sendangdawung.
9.      Daftar ulang bagi peserta yang ingin mengikuti kompetisi badminton.
10.  Pertandingan badminton untuk menuju ke semifinal yang masing –masing pesertanya ganda putra.

Hari selasa 11 Oktober 2011.
3.      Pertandingan semi final untuk memperoleh juara I, II, dan III ganda putra.
4.      Penyerahan piala juara I, II, dan III ganda putra.
5.      Penutupan pertandingan Badminton CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG

           
C. Hasil
            Hasil dari pelaksanaan program BADMINTON CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG
Hari senin tanggal 10 Oktober 2011
8.      Untuk pembukaan berjalan dengan lancar..
9.      Untuk pertandingan dapat menyisihkan peserta melaju ke semi final.

Hari selasa tanggal 11 Oktober 2011.
3.      Untuk pertandingan dapat menghasilkan juara I, II, dan III ganda putra.
4.      Penutupan serta penyerahan piala berakhir dengan baik.

D. Hambatan
            Adapun hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program BADMINTON CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG adalah sebagai berikut.
1.      Proses pendaftaran tidak teratur.
2.      Peserta yang tidak mulai tepat waktu dalam proses pertandingan.

E. Cara mengatasi hambatan
Adapun cara untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan program BADMINTON CUP 2011 SE-SENDANGDAWUNG adalah
1.      Melibatkan karang taruna untuk mengatur proses pendaftaran.
2.      Menggunakan system diskualifikasi bila peserta tidak tepat waktu.






BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Kuliah Kerja Nyata (KKN)  merupakan salah satu kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang terintegrasi sehingga dilaksanakan di luar kampus dengan harapan mahasiswa sebagai penggerak pembangunan dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat mengetahui permasoalan-persoalan dan mampu memberikan solusinya.
Kuliah Kerja Nyata  (KKN) adalah salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  secara langsung di masyarakat. Tema KKN adalah Pos Pemberdayaan Keluarga ( POS DAYA ) dalam mewujudkan kota layak anak .Lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD) berspektif life skill adalah menggabungkan fungsi psiko-sosial, kepribadian, fisik dan akademis dari seorang anak. Tugas pentingnya adalah untuk menyediakan dasar awal dan umum, dimana di dalamnya itu termasuk  tingkah laku yang positif terhadap pendidikan anak usia dini, di mana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di ajarkan mengenai belajar keterampilan fisik yang di perlukan unuk bermain, mengembangkan keterampilan dasar untuk dapat membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, membuat mahasiswa menjadi lebih mandiri karena dapat turut serta dalam kehidupan sosial di masyarakat.

B.       Rekomendasi
Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan maka mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang 2011 merekomendasikan sebagai berikut:
Ø  Waktu KKN Pos Pemberdayaan Keluarga ( POS DAYA ) dalam mewujudkan kota layak anak agar waktunya lebih lama.
Ø  Perlunya kerjasama dari pihak kelurahan dengan mahasiswa sebelum melakukan survai di lokasi setempat agar terjalin komunikasi yang baik.
Ø  Harus ada kekompakan antar mahasiswa KKN dalam menyalurkan aspirasinya agar terjalin hubungan kerjasama yang baik sehingga mendukung pelaksanaan program.
Ø 

44
Pemberian data yang benar atau valid, sehingga surveyor tidak kebingungan atau rancu dengan warga yang di data ( adanya Pemekaran RT atau RW ).
Ø  Kepada pihak Kelurahan sebaiknya memberikan bimbingan kepada mahasiswa KKN mengenai kegiatan administrasi kantor.
Ø  Diharapkan kepada masyarakat dapat memanfaatkan dan melanjutkan progam kerja mahasiswa KKN sesuai dengan tema yaitu Pos Pemberdayaan Keluarga ( POS DAYA ) dalam mewujudkan kota layak anak.
C.      Kata Penutup

Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga ( POS DAYA ) dalam mewujudkan kota layak anak tahun 2011 ini kecuali kata terima kasih kepada semua pihak yang terkait yang telah banyak membantu kelancaran, kesuksesan progam kerja KKN IKIP PGRI Semarang dalam mengemban tugas dari pihak kampus yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah. Sehingga pelaksanaan KKN Pos Pemberdayaan Keluarga ( POS DAYA ) dalam mewujudkan kota layak anak.
Karenanya kami sampaikan banyak-banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan program kegiatan KKN IKIP PGRI Semarang Tahun 2011.





LAMPIRAN-LAMPIRAN


LAMPIRAN 1

DAFTAR NAMA MAHASISWA
KULIAH KERJA NYATA IKIP PGRI SEMARANG
DESA SENDANGDAWUNG KEC. KANGKUNG
TAHUN 2011

No.
Nama
NPM
Fakultas/Jurusan
1.
Murwantoro

FPBS/Bhs.Inggris
2.
Khamdani

FPBS/Bhs.Indonesia
3.
M. Muchlasin Arifian

FPB/ Bhs.Indonesia
4.
Ahmad Suaidi

FIP/ PPB
5
Yosrizal Wisnu

FPIPS/PKN 
6.
Galuh Wardani

FPBS/ Bhs.Indonesia
7.
Sri Puji Rahayu

FPBS/ Bhs.Indonesia
8.
Andris Nurul N

FPBS/ Bhs.Inggris
9.
Siti Fatiyah

FPMIPA/ Matematika
10.
Kribut Dawaryo

FPMIPA/ Biologi



LAMPIRAN II

STRUKTUR ORGANISASI KKN 2010 KELURAHAN GEMAH













WAKORDES : KHAMDANI


 



























LAMPIRAN III

DAFTAR NAMA PESERTA RUMPIN DI RT. 05 RW

No
Nama Siswa
Kelas
1.
Rizky Valentino
2 SD
2.
Choirul Nisa
2 SD
3.
Muhammad Azis S.
1 SD
4.
Mariska Agustina
1 SMP
5.
Mutia Wati
1 SMP
6.
Anisa kusuma W
3 SD
7.
Irine Astuti w.
3 SD
8.
Mada Arifah R
3 SD
9.
Firda Ighfirlina
3 SD
10.
Dian Ika l.
3 SD
11.
Aditya Putra p.
3 SD
12.
Eric Cahya p.
3 SD
13.
Tio Joko prasetya
1 SD
14.
Syifa Gazalla T
3 SD
15.
Dita Indriyani
3 SD
16.
Aulia Putri R
3 SD
17.
Ahmad Sidiq
1 SD
18.
Elmira
4 SD
19.
Retno dyah anggraini
3 SD
20.
Padarifa Rahmwati
3 SD
21.
Joko prasetyo
1 SD
22.
Rahul Budi Utomo
3 SD




LAMPIRAN IV

DAFTAR NAMA PESERTA/SISWA DI POSKO RUMPIN RW III

No
Nama Siswa
Kelas
1.
Denna Swastika Ratu
4 SD
2.
Muhammad Raihan maulana
3 SD
3.
Ilham Sri Purwaka
6 SD
4.
Yuanita Amalia Putri
2 SD
5.
Diajeng pangestika
TK
6.
Luhur Wahyu Sriwoko
TK
7.
Gimi Tatag Prabowo
6 SD
8.
N.Nugroho
1 SD
9.
Riodwi
1 SD
10.
Iin afriyanti
5 SD
11.
Mega Artika Putri l
2 SD
12.
Praja aisyah Nur F
5 SD
13.
Jihan Ainiyah
5 SD
14.
Pertiwi oktafiani
5 SD
15.
Maulina kartika
3 SD
16.
Vicky Adeniar pradana
6 SD
17.
Muhammad Rizky Khoirul
4 SD
18.
Imade Widnya Maulana
4 SD
19.
Ahmad Rizal Pamungkas
4 SD
20.
M.Fahmi Feriansyah
2 SD
21.
Khofidatul Muadhonah
5 SD





LAMPIRAN V
DAFTAR NAMA ANAK-ANAK PAUD
CERIA” RW III

No
Nama Anak
1.
Azalia Vera Riyanto
2.
Aditya
3.
Abiyasa
4.
Sila marta dinata
5.
Farid
6.
A.muchlis
7.
Aksan
8.
Amanda dwi yuliani
9.
Febrian eko prasetyo
10.
Alif
11.
Mira
12.
Hafidz
13.
Chelsia
14.
Fayala kumala sari
15.
Nailul muna
16.
Adelia chintya bella
17.
Moh.zidane
18.
Maulia nurul aini
19.
Dinia laita nasya
20.
Tegar
21.
Farel putra ade nugroho
22.
Dia ayu kusuma
23.
Farel b
24.
Nayna aprilia agusty
25.
Agnes


LAMPIRAN VI
DAFTAR NAMA PESERTA RUMPIN RW I



16.  Devi Selri Artika
17.  Isnaini Frida Yaya
18.  Ilham Aditia Pratama
19.  Ladina Felita Rahma
20.  Yuli Winaryani
21.  Sabrina Aisah Putri
22.  Okta Vianty
23.  Zahara Ayu Andin
24.  Puji Mulyani
25.  Anindya Raisania
26.  Pratiwi Oktaviani
27.  Vidyadhari
28.  Erika Nanda Putri
29.  Nur Laela Rahmawati

 
1.      Fatika Widyasari
2.      Danu Ageng Setiadi
3.      Aldi Ikhsan Maulana
4.      Ahmad Arif Fianto
5.      Yuanita Nuraini
6.      Dimas Setyadi
7.      Ermi Triswanto
8.      Dinia Laita Nasya
9.      Sabila Sofiatul Laily
10.  Laela Novita Sari
11.  Aldi Ageng Kusuma
12.  Ahmad Muklis
13.  Vani Ayu Pratiwi
14.  Sandi Heka Prabawa
15.  Nita Kurniawati



LAMPIRAN VI
DAFTAR SUMBANGAN PROPOSAL PENGADAAN ALAT DAN SUMBER APE DARI INSTANSI SWASTA DAN NEGERI
 KOTA SEMARANG

No
Tanggal
Nama Perusahaan
Jumlah Sumbangan
Penerima
1
6 Februari 2010
Super Honda Gemah Semarang
100.000
Lely Galih
2
9 Maret 2010
·         SPBU
·         LPM IKIP PGRI Semarang
·         50.000
·         250.000
Lely
Sukowi
3
11 Maret 2010
UD Bintang Surya Majapahit
100.000
Lely
Galih
4
12 Maret 2010
·         UD Jaya
·         CV. Graha Pramita
·         200.000
·         100.000
Lely
Galih
5
13 Maret 2010
·         Toko Majapahit Elektro
·         SPBU Penggaron
·         50.000
·         50.000
Lely
Sitin









Lampiran VII
KEUANGAN KKN IKIP PGRI SEMARANG TH. 2011
DESA SENDANGDAWUNG KECAMATAN KANGKUNG





TANGGAL
KETERANGAN
MUTASI
SALDO
DEBET
KREDIT
20 - 09 - 11
Dana motivasi dr kampus
 Rp     50,000

 Rp     50,000

Dana Konsumsi dari kampus
 Rp     50,000

 Rp   100,000

Kas mahasiswa @ Rp. 200.000
 Rp 2,000,000

 Rp 2,100,000
21 - 09 - 11
Print, Jilid, Copy proposal

 Rp  78,000
 Rp 2,022,000

Bener posko

 Rp  32,500
 Rp 1,989,500

Sumbangan mahasiswa
 Rp     60,500

 Rp 2,050,000
24 - 09 - 11
Belanja kebutuhan posko

 Rp  97,500
 Rp 1,952,500

Pulsa Kordes

 Rp  11,000
 Rp 1,941,500
28 - 09 - 11
Pembelian buku (RUPIN)

 Rp  97,000
 Rp 1,844,500

Belanja keperluan posko

 Rp  27,000
 Rp 1,817,500
30 - 09 - 11
Sumbangan mahasiswa
 Rp     31,000

 Rp 1,848,500
02 - 10 - 11
Belanja kayu dan paku (RUPIN)

 Rp 100,000
 Rp 1,748,500

Pembelian piala Lomba Badminton

 Rp 160,000
 Rp 1,588,500

Kesekretariatan Lomba Badminton

 Rp  33,500
 Rp 1,555,000

Pembelian cat (RUPIN)

 Rp  40,000
 Rp 1,515,000
06 - 10 - 11
APE PAUD

 Rp  20,000
 Rp 1,495,000

Laminasi, print, materai (Badminton)

 Rp  10,000
 Rp 1,485,000
11 - 10 -11
Konsumsi Lomba Badminton

 Rp  89,000
 Rp 1,396,000

Kesekretariatan Lomba Badminton

 Rp  68,000
 Rp 1,328,000

MMT

 Rp  50,000
 Rp 1,278,000

Belanja kayu

 Rp  10,500
 Rp 1,267,500

MAPSI
 Rp     15,000

 Rp 1,282,500
13 - 10 -11
Donatur SALAM SARI
 Rp   200,000

 Rp 1,482,500

Transport

 Rp  10,000
 Rp 1,472,500

Kesekretariatan Lomba Mewarnai

 Rp 210,000
 Rp 1,262,500

Tinta Spidol

 Rp  10,000
 Rp 1,252,500
14 - 10 - 11
Kesekretariatan Lomba Mewarnai

 Rp  85,500
 Rp 1,167,000

Jalan Sehat Kecamatan

 Rp 100,000
 Rp 1,067,000
17 - 10 - 11
Plakat

 Rp  60,000
 Rp 1,007,000

Copy, print

 Rp  60,000
 Rp   947,000

Pulsa Kordes

 Rp    6,000
 Rp   941,000

Tumpeng

 Rp 341,000
 Rp   600,000

APE PAUD

 Rp 300,000
 Rp   300,000

Snek Perpisahan

 Rp 200,000
 Rp   100,000

Print, jilid laporan

 Rp 100,000
 Rp             -












DAFTAR LAMPIRAN KEGIATAN

Ø  Daftar Anak-anak Yang Mengikuti Bimbingan Belajar
Ø  Daftar Jadwal BIMBEL
Ø  Daftar Mahasiswa KKN POS DAYA
Ø  Biodata Tim KKN POS DAYA
Ø  Daftar Nama Siswa PAUD
Ø  Dokumentasi Pembelajaran
Ø  Daftar Peserta Lomba Mewarnai Tingkat TK se Sendangdawung
Ø  Daftar Peserta Lomba Badminton Desa Sendangdawung









LAMPIRAN 1











LAMPIRAN

DAFTAR NAMA PESERTA RUMPIN DI RT. 05 RW

No
Nama Siswa
Kelas
1.
Rizky Valentino
2 SD
2.
Choirul Nisa
2 SD
3.
Muhammad Azis S.
1 SD
4.
Mariska Agustina
1 SMP
5.
Mutia Wati
1 SMP
6.
Anisa kusuma W
3 SD
7.
Irine Astuti w.
3 SD
8.
Mada Arifah R
3 SD
9.
Firda Ighfirlina
3 SD
10.
Dian Ika l.
3 SD
11.
Aditya Putra p.
3 SD
12.
Eric Cahya p.
3 SD
13.
Tio Joko prasetya
1 SD
14.
Syifa Gazalla T
3 SD
15.
Dita Indriyani
3 SD
16.
Aulia Putri R
3 SD
17.
Ahmad Sidiq
1 SD
18.
Elmira
4 SD
19.
Retno dyah anggraini
3 SD
20.
Padarifa Rahmwati
3 SD
21.
Joko prasetyo
1 SD
22.
Rahul Budi Utomo
3 SD



LAMPIRAN

DAFTAR NAMA PESERTA/SISWA DI POSKO RUMPIN RW III

No
Nama Siswa
Kelas
1.
Denna Swastika Ratu
4 SD
2.
Muhammad Raihan maulana
3 SD
3.
Ilham Sri Purwaka
6 SD
4.
Yuanita Amalia Putri
2 SD
5.
Diajeng pangestika
TK
6.
Luhur Wahyu Sriwoko
TK
7.
Gimi Tatag Prabowo
6 SD
8.
N.Nugroho
1 SD
9.
Riodwi
1 SD
10.
Iin afriyanti
5 SD
11.
Mega Artika Putri l
2 SD
12.
Praja aisyah Nur F
5 SD
13.
Jihan Ainiyah
5 SD
14.
Pertiwi oktafiani
5 SD
15.
Maulina kartika
3 SD
16.
Vicky Adeniar pradana
6 SD
17.
Muhammad Rizky Khoirul
4 SD
18.
Imade Widnya Maulana
4 SD
19.
Ahmad Rizal Pamungkas
4 SD
20.
M.Fahmi Feriansyah
2 SD
21.
Khofidatul Muadhonah
5 SD






LAMPIRAN
DAFTAR NAMA PESERTA RUMPIN RW I



30.  Devi Selri Artika
31.  Isnaini Frida Yaya
32.  Ilham Aditia Pratama
33.  Ladina Felita Rahma
34.  Yuli Winaryani
35.  Sabrina Aisah Putri
36.  Okta Vianty
37.  Zahara Ayu Andin
38.  Puji Mulyani
39.  Anindya Raisania
40.  Pratiwi Oktaviani
41.  Vidyadhari
42.  Erika Nanda Putri
43.  Nur Laela Rahmawati

 
16.  Fatika Widyasari
17.  Danu Ageng Setiadi
18.  Aldi Ikhsan Maulana
19.  Ahmad Arif Fianto
20.  Yuanita Nuraini
21.  Dimas Setyadi
22.  Ermi Triswanto
23.  Dinia Laita Nasya
24.  Sabila Sofiatul Laily
25.  Laela Novita Sari
26.  Aldi Ageng Kusuma
27.  Ahmad Muklis
28.  Vani Ayu Pratiwi
29.  Sandi Heka Prabawa
30.  Nita Kurniawati


















LAMPIRAN II














Jadwal Bimbingan Belajar di Kelurahan  Sendangdawung :

-         Senin kelas 1 - 4 SD  RT 05 ( pukul 19.00 – 21.30)
-         Rabu Kelas 1 – 4 SD RT 03( pukul  16.00– 17.30)
-         Kamis Kelas 8 SMP RT 05 ( pukul 19.30 – 21.30)
-         Jumat kelas 1 – 4 SD 1 ( pukul 13.30 – 14.30)
-         Minggu kelas 6 SD – 8 SMP ( pukul 19. 30 – 21.30)





























LAMPIRAN III













LAMPIRAN

DAFTAR NAMA MAHASISWA
KULIAH KERJA NYATA IKIP PGRI SEMARANG
DESA SENDANGDAWUNG KEC. KANGKUNG
TAHUN 2011

No.
Nama
NPM
Fakultas/Jurusan
1.
Murwantoro

FPBS/Bhs.Inggris
2.
Khamdani

FPBS/Bhs.Indonesia
3.
M. Muchlasin Arifian

FPB/ Bhs.Indonesia
4.
Ahmad Suaidi

FIP/ PPB
5
Yosrizal Wisnu

FPIPS/PKN 
6.
Galuh Wardani

FPBS/ Bhs.Indonesia
7.
Sri Puji Rahayu

FPBS/ Bhs.Indonesia
8.
Andris Nurul N

FPBS/ Bhs.Inggris
9.
Siti Fatiyah

FPMIPA/ Matematika
10.
Kribut Dawaryo

FPMIPA/ Biologi






























LAMPIRAN IV










BIODATA TIM KKN  KELURAHAN SENDANGDAWUNG KECAMATAN KANGKUNG
IKIP PGRI SEMARANG 2011

  1. NAMA                                       : Muhammad Muchlasin A.
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Kendal, 30 September 1990
ALAMAT                                  : RT 04 Kiringan, Sukorejo Kab. Kendal
FAK/PROGDI                          : FPBS/ Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

  1. NAMA                                       : Yosrizal wisnu prihanntor
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Jakarta 14 november 1989
ALAMAT                                  : asrama ex 408 penyangkringan weleri   
FAK/PROGDI                          : FPIPS/ PPKN

  1. NAMA                                       : Ahmad suaidi
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Rembang, 29 Agustus 1989
ALAMAT                       : Ds. Purworejo, Rt/Rw :02/02 Kec. Kaliori, Kab.Rembang
FAK/PROGDI                          : FIP / PPB

  1. NAMA                                       : Andris Nurul Inayah
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Semarang, 23 Oktober 1988
ALAMAT                                  : Jln. Mekar Raya RT 03/RW 02 Mangkang Wetan, Semarang Barat.
FAK/PROGDI                          : FPBS/ PBI

  1. NAMA                                       : Galuh Wardani
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Blora, 26 Juli 1990
ALAMAT                                  : Jln. Galaxy RT 01/RW02 Wulung timur,Kec. Randublatung. Blora.
FAK/PROGDI                          : FPBS/ PBSI

  1. NAMA                                       : Siti Fatiyah
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Wonosobo, 12 November 1989
ALAMAT                                  : Ds. BumirosoRT 04/RW 02 Kec. Watumalang. Wonosobo.
FAK/PROGDI                          : FPMIPA/ Pendidikan Matematika

  1. NAMA                                       : Sri Puji Rahayu
TEMPAT/TANGGAL LAHIR :
ALAMAT                                  : Ds. Banjarejo RT 05/RW 03 Kec. Guntur. Demak.
FAK/PROGDI                          : FPBS/ PBSI

  1. NAMA                                       : Murwantoro
TEMPAT/TANGGAL LAHIR :
ALAMAT                                  : Jl. Pahlawan No 2 RT 18/ RW 04 No.38 Kebondalem. Kendal.
FAK/PROGDI                          : FPBS/ PBI

  1. NAMA                                       : Kribut Dawaryo
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : BATANG 23Agustus 1987
ALAMAT                                  : Jl. Lingkar Pantura Subah, Ds. Kemiri Timur RT 02/RW 02. Batang
FAK/PROGDI                          :FPMIPA/BIOLOGI

  1. NAMA                                       : Khamdani
TEMPAT/TANGGAL LAHIR : Brebes, 19 Februari 1990
ALAMAT                                  : Jl. Lingkar Timur, Bumiayu No.20 RT 07/RW 06 Dukuhturi. Brebes.

FAK/PROGDI                          : FPBS/ PBSI















LAMPIRAN V













DAFTAR NAMA ANAK-ANAK PAUD
CERIA” RW III

No
Nama Anak
1.
Azalia Vera Riyanto
2.
Aditya
3.
Abiyasa
4.
Sila marta dinata
5.
Farid
6.
A.muchlis
7.
Aksan
8.
Amanda dwi yuliani
9.
Febrian eko prasetyo
10.
Alif
11.
Mira
12.
Hafidz
13.
Chelsia
14.
Fayala kumala sari
15.
Nailul muna
16.
Adelia chintya bella
17.
Moh.zidane
18.
Maulia nurul aini
19.
Dinia laita nasya
20.
Tegar
21.
Farel putra ade nugroho
22.
Dia ayu kusuma
23.
Farel b
24.
Nayna aprilia agusty
25.
Agnes

















LAMPIRAN VI

















DOKUMENTASI PEMBELAJARAN

1.      Kegiatan pembelajaran di PAUD














2.Kegiatan Perlombaan Bulutangkis















3.Kegiatan Pembelajaran diTK












4.Kegiatan Lomba Mewarnai Tingkat TK

















5.Kegiatan Jum’at Bersih














Daftar peserta Lomba Mewarnai Tingkat TK Se-Sendangdawung


1.Noval
2.Rizkilah
3.Eko
4.Agung
5.Bekti
6. Rosi
7.Nana
8.Khasna
9.Dian
10.Tyas
11.fian
12. Diah
13. Wulan
14. Bela
15. Ajeng
16.Anja
17. Diki
18. Linda
19. Rendi
20.Candra
21. Sari
22. Ridwan
23. Akila
24.Ilham
25. Icha
26. Farid
27. Banyu
28. Fandi
29. Anung
30. silva
31. Alam
32. Rama
33. Sandi
34. Stevani
35. Lilik
36. Aria
37. Sinta
38. Didik
39. Alco
40. Vico
41. Wisnu
42. Malaya
43. Ikbal
44. Alis
45.Elin
46. Devi
47. Dina.A
49. Yulfa
50. Lukman
51. Ninik
52. Faris
53. Wiwi
54. Dhoni
55. Dhani
56. Shikha
57. Andik
58. Dodik
59. Vivi
60. dhila







LAMPIRAN VII















Daftar Peserta Lomba Bulutangkis Ganda Putra Se-Sendangdawung:



  1. Imam Santoso
  2. Rohman
  3. David
  4. Widi
  5. Iska
  6. Adi
  7. Sigit
  8. Dani
  9. Bambang
  10. Sholeh
  11. Muchlis
  12. Kholis
  13. Salem
  14. Aming
  15. Ridwan
  16. Januar
  17. Priyanto
  18. Yeni
  19. Agung
  20. Suwarno





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar