Sabtu, 17 Desember 2011

Teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas.

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/Semester                        : XII/2
Pertemuan Ke-                        : 12
Alokasi Waktu                        : 2 × 45 menit (2 jam pelajaran)
Standar Kompetensi               : Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas.
Kompetensi Dasar                   : Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi.
Indikator                                 :
1.      Menjelaskan pengertian evolusi menurut teori Darwin danneodarwinisme
2.      Mendeskripsikan bukti-bukti menurut teori evolusi Darwin
3.      Membagankan bukti baru yang menunujukan kelemahan teori evolusi Darwin dan neodarwinisme.
4.      Mendeskripsikan kencederungan teori baru tentang evolusi

       I.            Tujuan Pembelajaran

a.       Siswa mampu menjelaskan pengertian evolusi menurut teori Darwin danneodarwinismeberdasarkan literature.
b.      Siswamampumendeskripsikanbukti-buktimenurutteorievolusi Darwin.
c.       SiswamampuMembagankanbuktibaru yang menunujukankelemahanteorievolusi Darwin danneodarwinismeberdasarkanorgan peninggalan, variasi, dan spesies serta fosil).
d.      SiswamampuMendeskripsikankencederunganteoribarutentangevolusi.

    II.            Materi Ajar
Teori evolusi Darwin banyak mendapat dukungan, tetapi tidak sedikit pula jumlah orang yang menentangnya. Kelompok penentang Darwin berupaya keras untuk menunjukkan bahwa teori yang dikemukakan oleh Darwin memiliki banyak kelemahan. Adapun bukti-bukti yang menunjukkan kelemahan teori Darwin tersebut antara lain berupa organ peninggalan (alat tubuh yang tersisa), variasi, dan fosil.
Berawal dari pengatanya, pemikiran darwin adanya variasi mulai berkembang. Darwin kemudian memperoleh ide tentang evolusi yang di dasarkan atas pokok-pokok pikiranya, yaitu:
a.       Makhluk hidup bervariasi dan bebrapa variasi sifatnya dapat diturunkan. Tidak ada
dua individu yang sama persis dalam satu spesies (kecuali kembar identik).
b.      Setiap populasi cenderung bertambah banyak, karena setiap makhluk hidup mampu berkembangbiak. Untuk berkembang biak perlu makanan yang cukup. Dan jumlah individu yang dilahirkan lebih banyak daripada yang dapat bertahan hidup.
c.       Kenyataan menunjukkan bahwa pertambahan populasi tidak bertahan terus menerus.
d.      Individu-individu berkompetisi untuk memperoleh sumber daya agar mampu bertahan hidup.
Sifat-sifat yang diwariskan milik beberapa individu membuat mereka dapat bertahan hidup dan bereproduksi pada keadaan lingkungan tertentu.
e.       Akibat seleksi lingkungan tersebut, hanya individu yang adaptif terhadap lingkungan yang dapat hidup dan menurunkan sifat yang adaptif tersebut. Seleksi alam akhirnya akan mengubah sifat dalam populasi, bahkan menghasilkan spesies baru.
            Pokok-pokok pikiran dalam teori darwin tersebut dapat dilihat dari hasil pengamatan sehari-hari yang dapat kita jumpai, antara lain sebagai berikut:
a.       Adanya variasi individu dalam satu keturunan.
b.      Bertambah banyaknya populasi.
c.       Adanya perjuangan spesies untuk bertahan hidup.
d.      Adanya peristiwa seleksi alam. Hanya individu yang sesuai dengan lingkunganya yang dapat memenangkan persaingan dan hidup terus serta bertambah banyak. Sebaliknya, yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkunganya akan kalah dan musnah.
August Weismann
Weismann pun menyimpulkan bahwa:
a.       Perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan ke geneasi berikutnya.
b.      Evolusi adalah masalah pewarisan gen-gen melalui sel kelamin, atau evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika.
Pandanganbaru:
Dewasa ini, terdapat kecenderungan perkembangan teori creationism  dengan adanya fakta dari hal-hal berikut ini:
  1. Penemuan model DNA oleh Watson dan Crick
Penemuan model gen (1953) yang terkenal dengan nama double helix (tangga tali berpilin ganda) Keteraturan dan kerumitan moddel DNA dalam menentukan urutan basa tidak akan muncul secara kebetulan.. Dengan kata lain, tidak mungkin suatu sel berubah menjadi makhluk hidup yang lebih kompleks dan seleksi alam bukanlah terjadinya evolusi.
  1. Hukum penurunan sifat oleh Mendel
Gregor Johann Mendel (1822-1884) mengemukakan bahwa penurunan sifat induk kepada keturunanya disebabkan oleh faktor penentu yang sekarang diketahui sebagai gen.
  1. Paleontologi
Berdasarkan studi tentang fosil yang ditemukan, tidak ada perbedaan masa kini yang berbeda dengan fosil yang ditemukakan.
III. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
Guru mengucapkan salam
Guru menpresensi siswa, menanyakan kabar siswa dan memberikan simpati kepada siswa
Apersepsi: Guru meminta siswa mengutarakan pendapatnya tentang tingkat kepercayaan mereka terhadap teori evolusi Darwin.
Motivasi: bagaimana menurut kalian tentang temuan-temuan terbaru yang berhubungan dengan evolusi? Dan mengapa teori darwin banyak diperdebatkan sampai sekarang?
Acuan:
Evolusi menurut darwin merupakan hal pertama pencetus tentang teori evolusi, dan bagaiman jika dikaitkan dengan perkembangan saat ini.
B.     Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
Ø  Eksplorasi
·         Guru menggali pengetahuan siswa tentang teori evolusi darwin dan pengaruhnya terhadap zaman sekarang.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran dan menjelaskan alat-alat yang diperlukan untuk debate tentang teori evolusi darwin dan kecenderungan pandangan baru yang menentang teori evolusi darwin Dari berbagai literatur.
·         Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, 4 kelompok setuju dengan konsep teori evolusi darwin, dan 4 kelompok menentang teori evolusi darwin
Ø  Elaborasi
·         Siswa mendefinisikan tentang masalah yang sudah disediakan
·         Guru mendampingi tiap kelompok untuk memberikan arahan tentang tugas yang sedang dikerjakan.
·         Guru mendorong siswa untuk mencari informasi tentang masalah yang didiskusikan
·         Guru membantu siswa merencakanan presentasi didepan kelas
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi dari kelompok dengan mengirim 1 wakil yang berperan menjadi tokoh-tokoh evolusi
Ø  Konfirmasi
·         Siswa merefleksi hasil diskusi dari presentasi yang dilakukan
·         Guru memberikan umpan balik dan menjadi penengah saat diskusi atau debat tersebut
C. Kegiatan Akhir (waktu: 10 menit)
·         Guru memberikan tugas mencari artikel yang berhubungan dengan teori evolusi darwin.
·         Guru memberikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
·         Guru mengucapkan salam
IV. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan:
A.    Diskusi ( menggunakan penokohan)
B.     Tanya jawab
C.     Penugasan
Model: model pembelajaran PBL
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
Bahanajar yang telahdisusun
Lingkungan sekitar.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi:
A.    Sikap siswa saat proses pembelajaran (ranah afektif).
B.     Penilaian hasil belajar berupa:
1.Laporan hasil diskusi (ranah kognitif).
2.Produk berupa artikel (ranah psikomotor).

Penilaian dapat menggunakan acuan penilaian sebagai berikut:

Aspek yang Dinilai
Skor Maksimal
Skor yang Diperoleh
1. Kebenaran artikel
2. Kemutakhiran data
3. Hasil artikel
30
20
50

Jumlah skor
100



Mengetahui,                                                    Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah                                                           Guru Biologi




(___________________)                                            (___________________)
NIP. ................................                                           NIP. ................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar