Rabu, 14 Desember 2011

respirasi aerob


LEMBAR KERJA SISWA 1
 




RESPIRASI AEROB

Tujuan :Mendeskripsikan proses dalam respirasi aerob yang memiliki tahapan-tahapan, yaitu glikolisis, siklus Krebs, dan transpor elektron
Permasalahan
Bagaimanakah perbedaan proses glikolisis ,siklusKrebs, dan transpor elektron berdasarkan tahapan dan tempat terjadinya?
Cara kerja :
1.      Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa
2.      Setiap kelompok mendiskusikan tentang reaksi yang terjadi pada setiap tahapan, akseptor, dan banyaknya energi yang dihasilkan pada tabel pengamatan
3.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Gambar proses tahapan respirasi aerob
1.      Glikolisis

 

2.      Siklus Krebs

3.      Transpor elektron













Tabelpengamatan  :
Tahapan Respirasi

Tempat Reaksi
Akseptor
Banyaknya Energi (ATP)

Glikolisis

Siklus Krebs

Transpor elektron




Pembahasan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................








LEMBAR KERJA SISWA 2
 




RESPIRASI ANAEROB ( FERMENTASIALKOHOL)

Tujuan :Mengamati hasil dari peristiwa fermentasi alkohol
Dasar Teori
Respirasi anaerob disebut pula fermentasi. Tujuan fermentasi sama dengan respirasi aerob, yaitu mendapatkan energi. Hanya saja, energi yang dihasilkan dalam respirasi anaerob jauh lebih sedikit daripada respirasi aerob.
Permasalahan
Bagaimanakah urutan tabung reaksi yang menghasilkan endapan dan gelembung paling optimum sampai yang terendah?

Alat dan bahan :

1.      Labu Erlenmeyer
2.      Gelas kimia
3.      Sumbat untuk labu Erlenmeyer
berlubang 2
4.      Pipa plastik
5.      Termometer
6.      Timbangan
7.      Ragi roti
8.      Glukosa
9.      Batu kapur
10.  Fenolftalein (PP)
11.  Aquades
12.  Vaksin (malam)


Cara kerja :
1.      Larutkan batu kapur dengan air suling dalam gelas kimia. Biarkan beberapa saat sampai terjadi pengendapan. Pindahkan air kapur dari endapannya ke dalam gelas kimia lain. Tambahkan sedikit PP hingga berwarna merah muda.
2.      Masukkan air kapur yang sudah dicampur PP ke dalam tabung B
3.      Masukkan 50 ml air suling dalam tabung A, kemudian campurkan dengan glukosa sebanyak 10 gram. Kocoklah hingga larut, kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 2 gram.
4.      Tutuplah pipbua yang sudah diberi sumbat dan thermometer pada mulut labu Erlenmeyer.
5.      Catatlah kondisi awal larutan pada tabung A, seperti adanya gelembung udara, suhu, dan bau yang muncul. Untuk tabung B, catatlah kondisi awal keadaan larutan, seperti warna dan keberadaan endapan.
6.      Ulangi kegiatan 5 setelah diberi selang waktu sekitar 30 menit.

Pembahasan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kesimpulan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Pertanyaan :
1.      Jelaskan fungsi dari masing-masing bahan yang digunakan pada percobaan di atas!
2.      Perubahan apa yang terlihat pada larutan dalam tabung A? Jelaskan dengan persamaan reaksi kimianya!
3.      Perubahan apa yang terlihat pada larutan dalam tabung B? Jelaskan dengan persamaan reaksi kimianya!
4.      Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut!






LEMBAR KERJA SISWA 3
 




UJI KARBOHIDRAT HASIL FOTOSINTESIS

Tujuan :Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat
Dasar Teori
Pada tahun 1860, Sachs membuktikan bahwa pada proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat (amilum). Adanya amilum dapat dibuktikan dengan pengujian memakai iodium. Reaksi antara amilumdengan  iodium menghasilkan warna hitam. Ternyata, amilum terdapat pada daun yang terkena cahaya. Lakukan percobaan dibawah ini untuk  membuktikan percobaan Sachs yang terkenal sebagai uji iodium.
Permasalahan
Bagaimanakah cara membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat?

Alat dan bahan :
1.    Tanaman yang memiliki daun warna hijau seperti pohon mangga, pohon jambu, keladi hias, dll.
2.    Kertas timah
3.    Alkohol
4.    Iodium/ Lugol
5.    Air
6.    Penangas air

Cara kerja :
1.      Tutuplah sebagian daun-daun pada suatu tanaman seperti pohon mangga, pohon jambu, keladi hias dengan kertas timah, dan yang lain dibiarkan terbuka. Percobaan dimulai sebelum matahari terbit.
2.      Pada sore hari, petiklah daun-daun tanaman tersebut.
3.      Masukkan daun-daun yang ditutup  tersebut ke dalam air dan direbus.
4.      Ambil dan cucilah daun-daun itu dengan air.
5.      Masukkan ke dalam alkohol (supaya klorofilnya larut)
6.      Tetesi daun-daun tersebut dengan iodium atau lugol
7.      Amati perubahan yang terjadi

Pembahasan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Pertanyaan :
1.    Bagian daun manakah yang berwarna hitam dan yang tetap berwarna putih pucat?
2.    Mengapa dapat terjadi demikian?












LEMBAR KERJA SISWA
LEMBAR KERJA SISWA 4
 





Fotosintesis dan Kemosintesis

Tujuan : Mengetahuiperbedaan fotosintesis dan kemosintesis
Dasar Teori
Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan dengan menggunakan energi cahaya atau foton. Sumber energi cahaya alami adalah matahari yang memiliki spektrum cahaya infra merah (tidak kelihatan), merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu dan ultra ungu (tidak kelihatan). Yang digunakan dalam proses fotosintesis adalah spektrum cahaya tampak, dari ungu sampai merah, infra merah dan ultra ungu tidak digunakan dalam fotosintesis
Tidak semua tumbuhan dapat melakukan asimilasi C menggunakan cahaya sebagai sumber energi.Beberapa macam bakteri yang tidak mempunyai klorofil dapat mengadakan asimilasi C dengan menggunakan energi yang berasal dan reaksi-reaksi kimia, misalnya bakteri sulfur, bakteri nitrat, bakteri nitrit, bakteri besi dan lain-lain. Bakteri-bakteri tersebut memperoleh energi dari hasil oksidasi senyawa-senyawa tertentu..
Permasalahan
Bagaimanakah perbedaan proses fotosintesis dengan kemosintesis berdasarkan sumber energi dan organisme yang melakukannya ?
Cara kerja :
1.      Siswa membentuk kelompok 4-5 orang
2.      Setiap kelompok mendiskusikan permasalahan yang telah disediakan
3.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Pertanyaan
Perhatikan dua reaksi di bawah ini !
1.      Reaksi fotosintesis tumbuhan
klorofil
 
6 CO2 + H2O + energi cahaya                        C6H12O6 + 6 O2
       (karbon dioksida)   (air)                                                   (glukosa)  (oksigen)

2.      Reaksi kemosintesis bakteri nitrit

Jelaskan perbedaan sumber energi dan hasil yang diperoleh  dalam reaksi fotosintesis tumbuhan dan kemosintesisbakteri nitrit!

Pembahasan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................









Tidak ada komentar:

Posting Komentar