Sabtu, 17 Desember 2011

Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains lingkungan teknologi dan masyarakat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Telaah Kurikulum II
Dosen Pengampu : Sumarno, M.Si






DISUSUN OLEH :
Nur Chofifah (08320328)
Nur Fita Sari (08320329)
Solikhul Hadi (08320330)
Tri Mulyani (08320334)

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :   SMA N 1 SLAWI
Mata Pelajaran            :   IPA BIOLOGI
Kelas / Semester          :   XII / 2
Standar Kompetensi    :
Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains lingkungan teknologi dan masyarakat.
Kompetensi Dasar     :      
Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains lingkungan teknologi dan masyarakat
Indikator                    :
1.    Mengkonseptualisasikan  prinsip dasar bioteknologi.
2.    Membandingkan  perbedaan bioteknologi konvensional dan modern.
3.    Menganalisis kekurangan dan kelebihan bioteknologi konvensional dan modern.
4.    Mencontohkan produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan.
5.    Menerapkan  pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi.
6.    Menganalisa dampak bioteknologi bagi sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
7.    Menerapkan prinsip-prinsip Rekayasa Genetika dalam berbagai bidang
8.    Menganalisis dampak bioteknologi bagi sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat misalnya teknologi bayi tabung, kloning, produk pertanian tanaman transgenik.
9.    Mengumpulkan artikel berkenaan dengan aplikasi bioteknologi bagi perkembangan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
         

Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit ( 3 kali pertemuan )


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Pertemuan Pertama
1.      siswa dapat mengkonseptualisasikan  prinsip dasar bioteknologi.
2.      Siswa dapat membandingkan  perbedaan bioteknologi konvensional dan modern.
·         Pertemuan Kedua
1.      Siswa dapat mendiskripsikan pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi
2.      Siswa dapat mampu mendeskripsikan contoh-contoh penerapan bioteknologi pada pengembangan bahan pangan
3.      Siswa dapat memproses pembuatan tempe
·         Pertemuan Ketiga
1.      Siswa dapat mampu mendeskripsikan contoh-contoh penerapan bioteknologi pada pengembangan bahan pangan
2.      Siswa dapat mengetahui proses rekayasa genetika

B.   MATERI PEMBELAJARAN
A.    Prinsip Dasar Bioteknologi
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, jamur, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya.
B.     Bioteknologi Tradisional dan Modern
Secara umum, bioteknologi dapat dibedakan menjadi bioteknologi konvensional (tradisional) dan modern.
Ciri-ciri bioteknologi  konvensional adalah :
1.    Dilakukan tanpa dilandasi prinsip-prinsip ilmiah
2.    Dilakukan hanya berdasarkan pengalaman yang diwariskan secara turun-temurun
3.    Umumnya belum dapat diproduksi secara masal
Saat ini telah berkembang bioteknologi modern yang memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memperoleh barang atau jasa. Bioteknologi modern berkembang berkat bantuan ilmu-ilmu yang lain. Adapun ciri-ciri bioteknologi modern adalah :
1.      Dilakukan menggunakan prinip-prinsip ilmiah
2.      Dilakukan tidak hanya berdasarkan prinsip turun menurun tetapi berdasarkan pengkajian yang mendalam
3.      Dapat diproduksi secara masal
C.     Penggunaan Mikroorganisme dalam Bioteknologi
1.      Mikroorganisme sebagai penghasil dan pengubah makanan atau minuman
2.      Mikroorganisme sebagai penghasil proten sel tunggal
3.      Mikroorganisme sebagai penghasil zat-zat organik
4.      Mikroorganisme sebagai penghasil energi
D.    Dampak Bioteknologi
1.    Dampak Negatif Bioteknologi
Bioteknologi seperti juga lain, mengandung resiko akan dampak negatif. Timbulnya dampak yang merugikan terhadap keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen kerabat dekat.
2.    Dampak Positif Bioteknologi
Keanekaragaman hayati merupakan modal utama sumber gen untuk keperluan rekayasa genetik dalam perkembangan dan perkembangan industri bioteknologi.
E.     Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika adalah teknik memanipulasi gen suatu organisme untuk mendapatkan produk baru. Cara-cara umum yang dipakai yaitu teknik ADN rekombinan dan teknik hibridoma.

C.  METODE PEMBELAJARAN
1)      Model pembelajaran          : Cooperative Learning  (PBL)
: Concept attainment
2)      Metode pembelajaran        : Ceramah,Diskusi ,Penugasan
D.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN
v  Pertemuan I :
1.     Kegiatan Pendahuluan 
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk kedalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
3.      Guru menanyakan kabar siswa dan mempresensinya
4.      guru menanyakan kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya, untuk mengeetahui apakah siswa telah memahaminya
5.      Guru menyampaikan sub bab materi yang akan disampaikan, yaitu mengenai bioteknologi

§  Apersepsi dan Motivasi:
1.      Guru menanyakan kepada siswa misalnya pernahkah kalian makan  tape atau tempe?
2.      Guru memberikan gambaran tentang manfaat bioteknologi
2.     Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
1.      Siswa diminta membaca bahan ajar tentang bioteknologi
2.      Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 8 siswa   
b)     Elaborasi
1.   Siswa diminta mendiskusikan LKS yang berisi gambar proses pembuatan tempe dan kultur jaringan.
2.   Perwakilan dari Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

c)      Konfirmasi
1.     Guru memberikan nilai plus atau hadiah bagi kelompok yang dapat memecahkan masalah dalam diskusi dengan baik
2.     Siswa diminta untuk memberikan kesimpulan dari hasil diskusi tersebut
3.     Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan pertanyaan tentang masalah tersebut.
                            
3.     Penutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
b.      Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilakukan dengan konsisten dan terprogam
c.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
d.      Menutup pelajaran

v  Pertemuan II
1.   Pendahuluan
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk kedalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
3.      Guru menanyakan kabar siswa, kemudian mempresensinya
4.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya, untuk mengeetahui apakah siswa telah memahaminya
5.      Guru menampilkan power point mengenai contoh produk bioteknologi misalnya tempe dan contoh yang bukan  produk bioteknologi

§  Motivasi dan Apersepsi :
1.      Setelah slide power point ditayangkan, dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment
2.      Guru memberi gambaran mengenai bioteknologi
§  Prasyarat pengetahuan :
Mengetahui Contoh penerapan bioteknologi
2.   Inti
a)      Eksplorasi
1.      Siswa dapat melihat / membaca bahan ajar tentang bioteknologi yang telah diberikan guru.
2.      Siswa diminta membuat kelompok,tiap kelompok terdiri dari 7 siswa.
3.      Siswa diminta mendiskusikan LKS yang telah diberikan oleh guru


b)     Elaborasi
1.      Siswa mendiskusikan suatu masalah didalam LKS tentang menganalisis proses pembuatan tempe yang sebelumnya siswa diminta/diberi tugas untuk melakukan eksplorasi/pengamatan tentang proses pembuatan tempe didekat tempat tinggalnya.
2.      Setelah diskusi selesai perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
                                                                                                                       
c)      Konfirmasi
1.      Guru memberi nilai plus bagi kelompok yang aktif/ menjawab dengan benar dalam diskusinya
2.      Siswa diminta menyampaikan kesimpulan  dari diskusi kelas
3.      Guru memberikan konfirmasi penilaian elaborasi dan eksplorasi
3.   Penutup                                                     
a.   Guru memberi refleksi kegiatan, seperti memberi 3 petanyaan secara lisan untuk memperkuat pengetahuan siswa
b.   Guru bersama siswa memberi kesimpulan pada akhir pembelajaran
c.   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
d.   Menutup pelajaran

v  Pertemuan III :
1.   Pendahuluan
§  Orientasi :
1.      Guru memberikan salam ketika masuk kedalam kelas
2.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum proses belajar mengajar dimulai
3.      Guru menanyakan kabar siswa kemudian mempresensinya
4.      Guru mengulas sedikit materi pada pertemuan sebelumnya untuk meningkatkan daya ingat siswa
5.      Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan kali ini

§  Motivasi dan Apersepsi
Apersepsi:Guru menampilkan powerpoint yang berisi gambar domba dolly dan kedua induknya.
Motivasi:Setelah siswa melihat gambar tersebut, Guru memberi pertanyaan pada siswa misalnya “Dilihat dari kedua induk tersebut Kenapa bisa menghasilkan keturunan domba dolly?”

2.   Inti
a.      Eksplorasi
     
1.      Siswa dapat melihat / membaca bahan ajar tentang bioteknologi yang telah diberikan guru.
2.      Siswa diminta membuat kelompok,tiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
3.      Siswa diminta mendiskusikan LKS yang telah diberikan oleh guru


b.      Elaborasi
1.    Siswa mendiskusikan LKS yang berisi gambar proses pengkloningan domba doli.Setelah melihat gambar tersebut siswa diminta untuk menjawab/memecahkan suatu masalah.
2.    Setelah diskusi selesai perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
                                                                                                                       
d)     Konfirmasi
1.      Guru memberi nilai plus bagi kelompok yang aktif/ menjawab dengan benar dalam diskusinya
2.      Siswa diminta menyampaikan kesimpulan  dari diskusi kelas
3.      Guru memberikan konfirmasi penilaian

3.   Penutup
1.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
2.      Siswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang dampak dari bioteknologi
3.      Menutup pelajaran

E.                 SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
·         Buku Paket Biologi SMA Kelas XII karangan Sri Hidayati dkk halaman 221-242
·         LKS
·         Internet, alamat website :

Media Peembelajaran  :
·         OHP/komputer –LCD
·         Power point

F.                 PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik Penilaian :
-          Tes Tertulis
-          Tugas
Bentuk Instrumen :
-          Isian
-          Pilihan Ganda

A.    TUGAS TERSTRUKTUR
1.      Menyelesaikan soal-soal  tentang materi bioteknologi untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya


B.     TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
1.      Mencari  berbagai informasi dari berbagai literatur, media dan internet mengenai  rekayasa genetika dan jenis-jenis bioteknologi.


Semarang ,....  April 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                               Guru Mapel

...........................................                             ....................................
NIP.    196011061983                                    NIP. 1984051920090220

Tidak ada komentar:

Posting Komentar