Jumat, 16 Desember 2011

Memahami keaneragaman makhluk hidup


RENCANA PELAKSANAAN MIKRO
(RPM)
Disusun untuk memenuhi tugas PPL 1
IKIP PGRI Semarang (2)Dosen pengampu : Fillia Prima Artharina M.pd







Oleh:
Desintya Indah Ayu Ainur Syah        (08320219)



JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN
ILU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPM)

Sekolah                       :
Mata Pembelajaran      : Biologi SMP
Kelas/Semester            :VII/Satu
Pertemuan Ke             :
Alokasi Waktu            :20 menit
Standar Kompetensi   : Memahami keaneragaman makhluk hidup
Kompetensi dasar       :6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
Indikator                     :
·         Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dmiliki
·         Menjelaskan cii-ciri makhluk hidup

       I.            Tujuan pembelajaran
·         Siswa Dapat membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
·         Siswa dapat mendiskripsikan keaneragaman makhluk hidup untuk mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
·         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup



    II.            Materi pembelajaran
Semua mahluk hidup memiliki persamaan cir-ciri yang dapat membedakannya dengan benda mati. Ciri-ciri  makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, memerlukan makan, tumbuh, menerima rangsang dan mengeluarkan zat sisa.
 III.            Metode/Model Pembelajaran
Metode pembelajaran
ü  Ceramah
Model pembelajaran
ü  Direct intruction
 IV.            Kegiatan pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran:
A.    Kegiatan awal
1.      Praktikan memberikan salam dan menanyakan keadaan peserta PPL
2.      Guru melakukan presensi
3.      Guru memberikan apersepsi
v  Siapa diantara kalian pernah ke kebun binatang dan  ke goa?
v  Apa Kira-kira apa yang kalian temukan bila pergi kesana?
v   Dapatkah kalian membedakan gajah dengan batu?
B.     Kegiatan inti
v  Eksplorasi
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan di capai
2.      Guru menyampaikan materi sebagai penggantar
3.      Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi
v  Elaborasi
1.      Guru menunjukkan peserta didik secara bergantian dan meminta untuk mengedentifikasi gambar yang ditampilkan
2.      Guru menanyakan alasan /dasar pemikiran dari hasil analisis peserta  siswa
3.      Guru meminta peserta didik yang lain untuk menanggapi dari hasil analis temannya tadi

v  Konfirmasi
1.      Guru mulai menanamkan konsep sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
C.      Kegiatan akhir
1.      Guru menginformasikan kepada peserta didik agar mempersiapkan materi selanjutnya
2.      Guru menutup pelajaran dengan  salam
    V.            Alat/bahan/sumber belajar
1.      Buku paket biologi VII
2.      Sumber-sumber yang relevan
 VI.            Media
1.      LCD
2.      Komputer
3.      White board
VII.            Evaluasi
1.      Teknik : lisan dan kerja


Semarang,.....................................


Dosen Pembimbing                                                                             Mahasiswa Praktikan


....................................                                                                       .......................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar