Jumat, 16 Desember 2011

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia


RENCANA PEMBELAJARAN MICROTEACHING
( RPM )
 

Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 20 menit
Standar Kompetensi : 1.    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Keterampilan  : Bertanya
I.                   Kompetensi Dasar :
 1. 1 Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
II.                Indikator :
 Mengetahui proses pembentukan urin pada manusia
III.             Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu :
§  Mengetahui proses pembentukan urin pada manusia
IV.             Bahan Ajar / Materi
PROSES PEMBENTUKAN URINE
Ginjal berperan dalam proses pembentukan urin yang terjadi melalui serangkaian proses, yaitu: penyaringan, penyerapan kembali dan augmentasi.
1. Penyaringan (filtrasi)
Proses pembentukan urin diawali dengan penyaringan darah yang terjadi di kapiler glomerulus. Sel-sel kapiler glomerulus yang berpori (podosit), tekanan dan permeabilitas yang tinggi pada glomerulus mempermudah proses penyaringan.
Selain penyaringan, di glomelurus juga terjadi penyerapan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Bahan-bahan kecil yang terlarut di dalam plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat dan urea dapat melewati saringan dan menjadi bagian dari endapan.
Hasil penyaringan di glomerulus disebut filtrat glomerolus atau urin primer, mengandung asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya
2. Penyerapan kembali (reabsorbsi)
Bahan-bahan yang masih diperlukan di dalam urin pimer akan diserap kembali di tubulus kontortus proksimal, sedangkan di tubulus kontortus distal terjadi penambahan zat-zat sisa dan urea.
Meresapnya zat pada tubulus ini melalui dua cara. Gula dan asam amino meresap melalui peristiwa difusi, sedangkan air melalui peristiwa osmosis. Penyerapan air terjadi pada tubulus proksimal dan tubulus distal.
Substansi yang masih diperlukan seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah. Zat amonia, obat-obatan seperti penisilin, kelebihan garam dan bahan lain pada filtrat dikeluarkan bersama urin.
Setelah terjadi reabsorbsi maka tubulus akan menghasilkan urin sekunder, zat-zat yang masih diperlukan tidak akan ditemukan lagi. Sebaliknya, konsentrasi zat-zat sisa metabolisme yang bersifat racun bertambah, misalnya urea.
3. Augmentasi
Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal.
Dari tubulus-tububulus ginjal, urin akan menuju rongga ginjal, selanjutnya menuju kantong kemih melalui saluran ginjal. Jika kantong kemih telah penuh terisi urin, dinding kantong kemih akan tertekan sehingga timbul rasa ingin buang air kecil. Urin akan keluar melalui uretra.
Komposisi urin yang dikeluarkan melalui uretra adalah air, garam, urea dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin.
V.                Metode Pembelajaran
Ø  Metode : Diskusi dan Tanya Jawab
Ø  Pendekatan : Tujuan
Ø  Model Pembelajaran : Picture and picture
VI.             Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
KETERANGAN
1.
*                Kegiatan pendahuluan
·         Orientasi : Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa. Guru mengabsen siswa dengan cara “hari ini siapa yang tidak masuk anak-anak?”
·         Apersepsi : Guru menunjuk salah satu siswa dan memberikan pertanyaan “Apa yang kalian lakukan jika kalian bangun tidur?”
·         Motivasi : Guru memotivasi siswa dengan menanyakan kepada siswa. “Mengapa setiap hari kita mengeluarkan air seni?”. Memberi waktu siswa untuk menjawab kemudian Guru memberi penguatan seperti “iya benar, karena urin bersifat racun bagi tubuh kita maka harus dikeluarkan”.
·         Memberi Acuan : Guru menjelaskan indikator yang harus dikuasai siswa di akhir pembelajaran seperti “ Nah mengingat betapa besarnya dampak negatif urin bagi tubuh kita jika tidak dikeluarkan? maka hari ini kita akan mempelajari proses pembentukan urin”. Guru memberikan intruksi seperti “ anak-anak hari ini ibu mempunyai beberapa gambar tentang proses pembentukan urin, nanti ibu akan membentuk kelompok untuk mendiskusikan proses pembentukan urin dan bagian-bagian apa saja yang terdapat pada proses pembentukan urin tersebut dan ibu beri waktu 5 menit untuk berdiskusi dengan kelompok masing-masing” Kemudian guru membagi siswa dalam kelompok, satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok.






5 Menit






Tanya Jawab
2.
*      Kegiatan Inti
·         Explorasi (Explore)
1.      Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk mendiskusikannya secara kelompok.
2.      Guru membantu siswa dalam mendiskusikan LKS yang diberikan dan mengoreksi manakala ada kekeliruan siswa.

·         Elaborasi
1.      Setelah selesai diskusi guru meminta semua siswa menghadap kedepan dan mendengarkan perwakilan dari tiap-tiap kelompok yang akan  mempresentasikan hasil diskusi.
3.      Diharapkan siswa lain menanggapinya.
4.      Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang hasil kerjanya bagus dengan memberikan nilai 80 untuk satu kelompok.
·         Konfirmasi
1.      Guru meluruskan manakala ada konsep yang keliru dan memberikan  informasi yang benar.













10 Menit













Diskusi
Dan Tanya jawab
3.
*      Kegiatan Penutup
·         Guru mengulang sedikit materi yang telah dipelajari
·         Guru menunjuk salah satu siswa untuk membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar dengan bahasanya sendiri
·         Guru memperkuat kesimpulan tentang proses pembentukan urin pada manusia seperti “jadi Ekskresi adalah pengeluaran zat sisa sebagai hasil metabolisme di dalam tubuh yang tidak berguna dan ada tiga proses pembentukan urin yaitu penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reapsorsi), dan augmentasi.
·         Guru menugasi siswa untuk mencari contoh penyakit atau gangguan pada alat-alat ekskresi yang sering ditemukan dimasyarakat!
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam yang diikuti oleh siswa siswinya.








5 Menit








Refleksi




Penugasan
VII.          Alat dan Bahan
Ø  Buku Siswa
Ø  Lembar Kegiatan Siswa
Ø  Gambar
VIII.       Penilaian
1.      Tehnik : Diskusi dan tanya jawab
2.      Instrumen : Lembar Kerja Siswa
3.      Bentuk Intrumen :
Ø  Kelompok 1
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?


 



D
 
A
 
2 .......................................
 
G
 
H
 
F
 
                                                                                   
2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!
Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi

Reabsorbsi

Augmentasi





Kunci Jawaban :
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?


Jawaban :
A.    Renal Capsul
B.     Glumerulus
C.    Glumerulus Filtrasi
D.    Glukosa Reabsore Here
E.     Renal Tubule
F.     Water
G.    Urine
1.      Filtrasi
2.      Reabsorpsi

2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!

Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi






Reabsorbsi





Augmentasi
Kapiler glumerolus






tubulus kontortus proksimal


tubulus kontortus distal
filtrat glomerolus atau urin primer


urin sekunder




garam, urea dan sisa substansi lain
plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat

gula dan asam amonia




urin sekunder
asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya



air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan pembau pada urin

air, urea, amonia, asaam laktat, fosfat, garam garaman


Ø  Kelompok 2
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?







1
 


2
 

3
 
 
F
 
I
 
B
 
A
 
D
 
E
 
H
 
G
 
C
 
2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!
Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi
Reabsorbsi
Augmentasi




Kunci Jawaban:
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6LjErtMfiaQaizVyKGZBlg0BCITkG0rTetG4gA56Dl5IAEXla8HJWWgkH2sLjhLvb8wbiglmaSvGaVAMUMSNloI32U3eIGlL52qEd8g2n5BX5sU2EqHl7FeeMi89_wwUzwPpFKDOLG0Q/s400/NEFRON+GINJAL.jpg
Jawab :
A.    Glumerulus
B.     Kapsul Bowman
C.    Arteriol
D.    Arteri
E.     Venula
F.     Vena
G.    Lengkung Henle
H.    Saluran Pengumpul (Tubulus Kolekta)
1.      Filtrasi
2.      Reapsorsi
3.      Augmentasi
2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!

Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi






Reabsorbsi





Augmentasi
Kapiler glumerolus






tubulus kontortus proksimal


tubulus kontortus distal
filtrat glomerolus atau urin primer


urin sekunder




garam, urea dan sisa substansi lain
plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat

gula dan asam amonia




urin sekunder
asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya



air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan pembau pada urin

air, urea, amonia, asaam laktat, fosfat, garam garaman

Ø  Kelompok 3
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?



C
 
D
 
F
 
E
 
B
 
A
 
http://rafigoing2sma.files.wordpress.com/2010/11/reabsopsi.jpg?w=640&h=402






2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!
Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi
Reabsorbsi
Augmentasi





Kunci Jawaban:
1.      Coba diskusikan dengan kelompok anda bagaimana proses pembentukan urin?



 


D
 
F
 
E
 
C
 
B
 
http://rafigoing2sma.files.wordpress.com/2010/11/reabsopsi.jpg?w=640&h=402
Jawaban:
A.    Glumerulus
B.      

2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!

Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi






Reabsorbsi





Augmentasi
Kapiler glumerolus






tubulus kontortus proksimal


tubulus kontortus distal
filtrat glomerolus atau urin primer


urin sekunder




garam, urea dan sisa substansi lain
plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat

gula dan asam amonia




urin sekunder
asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya



air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan pembau pada urin

air, urea, amonia, asaam laktat, fosfat, garam garaman
Ø  Kelompok 4
1.      Sebutkan nama bagian nefron yang ditunjukkan pada gambar nefron dibawah ini dengan kelompokmu!
2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!
Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi
Reabsorbsi
Augmentasi




Kunci Jawaban:
1.      Sebutkan nama bagian nefron yang ditunjukkan pada gambar nefron dibawah ini dengan kelompokmu!

Jawaban:
1.kapsula bowmen.
2.glumerulus.
3.tubulus kontortus proksima.
4.lengkung henle.
5.tubulus kontortus distal
6.tubulus pengumpul.



2.      Lengkapi tabel pembentukan urine dibawah ini!

Proses
Tempat terjadinya
Hasil
Zat yang diproses
Zat yang terkandung dalam hasil
Filtrasi






Reabsorbsi





Augmentasi
Kapiler glumerolus






tubulus kontortus proksimal


tubulus kontortus distal
filtrat glomerolus atau urin primer


urin sekunder




garam, urea dan sisa substansi lain
plasma darah, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat

gula dan asam amonia




urin sekunder
asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya



air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan pembau pada urin

air, urea, amonia, asaam laktat, fosfat, garam garaman

                                                                        


Semarang, 16 Desember 2011
Mengetahui



    Kepala Sekolah,                                                                                       Guru Mata Pelajaran,

Agung M.Pd                                                                                      Erni Setyawati
NIP. 196206161988031015                                                               NPM. 08320348


RENCANA PEMBELAJARAN MICROTEACHING
(RPM)
“Keterampilan Bertanya”
Disusun untuk  memenuhi Tugas mata kuliah microteaching
Dosen Pengampu : Drs. Agung Purwoko, M. Pd




JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI SEMARANG
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar