Jumat, 16 Desember 2011

MEKANISME TRANSPORT PADA MEMBRAN PLASMA IPA BIOLOGI XI


CERDAS CERMAT
MEKANISME TRANSPORT PADA MEMBRAN PLASMA
IPA BIOLOGI XI


Di Susun Oleh :
1.  Danang Dwi A     (08320343)
2.  Mariana            (08320359)
3.  Muthmainah       (08320362)
4.  Suharti            (08320418)
5.  Starletta          (08320416)

Up Ribbon: Lembar Kerja Siswa 1  

PERTEMUAN I
Petunjuk Praktikum
Mengamati Transpor Melalui Membran Sel
Tujuan :
Ø Untuk Mengamati proses difusi melalui membran sel
Ø Untuk Mengamati proses osmosis melalui membran sel

Dasar Teori :
Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel dapat terjadi dengan transpor pasif dan transpor aktif. Transpor pasif terjadi secara difusi dan osmosis. Biasanya transpor pasif terjadi secara spontan aatau tanpa bantuan energi. Transpor aktif meliputi endositosis dan eksositosis dengan bantuan energi atau menggunakan ATP dan biasanya membawa molekul melawan gradien konsentrasinya. Proses difusi terjadi dari larutan hipertonis ke larutan hipotonis, sedangkan pada osmosis terjadi dari larutan hipotonis ke larutan hipertonis.

Alat dan Bahan
A.    (Difusi)
·         Tinta cair dengan konsentrasi 70%, 50%, dan 25%
·         Beaker glass 500 mL sebanyak 3 buah
·         Stopwatch
Cara Kerja
1.      Isi tiga gelas beker dengan air, masing-masing dengan volume sama (misalnya 400 mL).
2.      Tetesi masing-masing gelas dengan tinta sebanyak lima tetes, sesuai dengan konsentrasi tinta sebagai berikut:
·         Gelas I, kosentrasi tinta 70%,
·         Gelas II, konsentrasi tinta 50%,
·         Gelas III, konsentrasi tinta 25%.
3.      Amati proses yang terjadi dan ukur waktu yang diperlukan tinta dan air untuk tercampur sampai merata.
4.      Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel.


Hasil Pengamatan

Setelah tinta diteteskan ke dalam air, proses yang terjadi adalah
………………………............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tabel
 Waktu yang diperlukan tinta tercampur samapai merata di dalam air.

Gelas beker
Konsentrasi tinta
Waktu
I
70%

II
50%

III
25%



Alat dan Bahan
B.     (Osmosis)
·         Gelas beker sebanyak dua buah 
·         Aquades                                                                                                              
·         neraca atau timbangan.
·         larutan garam 20%
·         Irisan buah papaya
Cara Kerja
1.      Isi satu gelas beker dengan air garam sebanyak 100 mL dan satu gelas beker lainnya dengan aquades sebanyak 100 mL.
2.      Potong buah pepaya berbentuk kotak sebanyak dua buah kemudian masing-masing irisan ditimbang beratnya.
3.      Masukkan satu potong pepaya ke dalam gelas beker yang berisi air dan satu potong lainnya ke dalam gelas beker berisi air garam.
4.      Biarkan selama 24 jam atau lebih.
5.      Setelah 24 jam, ambil potongan buah pepaya kemudian ditimbang kembali.
6.      Catat volume air di masing-masing gelas beker setelah 24 jam.
7.      Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel.
Hasil Pengamatan
Tabel Berat pepaya dan volume air sebelum dan setelah percobaan.
Gelas beker
Perlakuan
Berat Pepaya
Volume air
Sebelum
Sesudah
Sebelum
Sesudah
I
Aquades




II
Air garam 20%






Pertanyaan :
a.      Pada tabel yang mana berat papaya mengalami kenaikan ?
b.      Pada tabel yang mana berat papaya mengalami penurunan ?
c.       Apa peningkatan berat papaya di ikuti volume penurunan berat air ?
d.      Yang keluar masuk dalam praktikum ini adalah air, fenomena apa yang terjadi ?
















Up Ribbon: Lembar kerja siswa

 

PERTEMUAN II
TRANSPOR AKTIF, ENDOSITOSIS dan EKSOSITOSIS
Pertemuan II
Tujuan
Ø  Untuk membedakan mekanisme transpor aktif dan menjelaskan mekanisme transport aktif.
Ø  Untuk mejelaskan proses pinositosis.
Ø  Untuk mejelaskan tahap- tahap fagositosis.

1.      Gambar di bawah ini adalah mekanisme transport aktif, mekannisme transpor aktif di bedakan menjadi berapa ? jelaskan !

Jawaban ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Deskripsikan perbedaan apa yang terjadi pada gambar di bawah ini !

Gb

Jawaban
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Gambar di bawah ini adalah proses pinositoses, jelaskan proses gambar sesuai dengan nomor  yang ada pada gambar !

Jawaban …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4.      Sesuai dengan gambar di di bawah adalah tahap fagositoses, dalam tahap-tahap ini di ambil gambar amoeba? jelaskan keterangan pada nomor yang ada pada gambar !
Jawaban ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..........................................................................................................
           
5.      Deskripsikan apa yang akan terjadi terhadap sel darah merah dan sel epidermis daun apabila di masukkan ke dalam air suling dan air garam dapur dengan kosentrasi 1%! Adakah perubahan yang mungkin terjadi pada sel darah merah dan sel epidermis daun, serta pengaruh air suling dan air garam dapur terhadap sel-sel tersebut !
Jawaban
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar