Sabtu, 17 Desember 2011

LEMBAR KERJA SISWA SAINS BIOLOGI


LKS
( Lembar Kerja Siswa )
Sains Biologi X A




NAMA       :
KELAS          :
NO. ABSEN :
 



Ekosistem
Standar kompetensi           : Memahami hakikat biologi sebagai ilmu, menentukan                                                      obyek, dan ragam persoalan dari berbagai tingkat                                                           organisasi kehidupan yang ada dilingkungan sekitar.

Komponen dasar                :  Mempelajari ruang lingkup Biologi, manfaat, dan                         bahayanya.

Indikator                             :
1.    Mendiskripsikan karakteristik biologi sebagai ilmu.
2.    Mendiskripsikan objek- objek dan persoalan biologi    pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma.
3.    Mengidentifikasikan cabang – cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji.
4.    Menganalisis manfaat Biologi bagi manusia dan lingkungan.
5.    Merumuskan tujuan, hipotesis, variabel instrumen, data, langkah- langkah kerja dan cara pengumpulan data.

Alokasi Waktu             :  2 Jam pelajaran ( 2 X 45 menit )
Materi Pokok                : Ruang Lingkup Biologi
Apakah yang  dimaksud dengan komponen ekosistem?
Bagaimana ekosistem mempengaruhi kelangsungan hidup
Suatu organisme? Bagaimana pula peran ekosistem dan upaya pelestarian suatu organisme?














KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmah dan hidayahNYA maka LKS ini dapat hadir di tengah-tengah siswa.
LKS ini dibuat berdasarkan SILABUS dan RPP kelas X semester 2 KD 4.1 yang sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. LKS ini dikemas sedemikian rupa agar memudahkan siswa dalam menerima pembelajaran. Penyajian LKS ini berupa ringkasan materi, evaluasi, dan juga lembar kerja siswa. LKS ini merupakan sarana menuju siswa yang kreatif, mampu mengembangkan dirinya dan selalu mengarah pada kebaikan. Isinya ringkas, padat dan berbobot.
Kami berharap semoga LKS ini dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi.

Koordinator

Tim penyusun
1.      Ida nurcholifah                                       
2.      Maya oktaviana devi                               
3.      Isnayati
4.      Fajariadi Prambudi
5.      Warta








RANGKUMAN MATERI
 



A.       BIOLOGI SEBAGAI ILMU
     Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios ("hidup") dan logos ("ilmu"). Dahulu sampai tahun 1970-an digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya "ilmu kehidupan").
     Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari makhluk hidup dan segala aspek yang menyertainya, mulai dari proses biokimia di dalam sel sampai pada tingkatan ekosistem, bahkan hingga ke perubahan iklim global.
     Pada awal perkembangannya, ahli biologi banyak mempelajari tingkatan organisme. Tentu kita masih ingat apa yang dilakukan oleh Antony Van Leuwenhoek dan Carolus Linneaus. Leuwenhoek banyak mempelajari organism mikroskopis setelah ia menemukan mikroskop. Sejak itu manusia menyadari bahwa di lingkungan terdapat berbagai macam organisme yang tak tampak oleh mata. Carolus Linnaeus mencetuskan system penamaan spesies dan penamaan berbagai macam tumbuhan. Pada masa
itu kajian tentang gen dan biokimia sel belum dilakukan.
     Selain mengkaji tingkatan organisme, ahli biologi saat ini lebih banyak menfokuskan penelitiannya pada tingkatan molekul, misalnya proses biokimia di dalam sel, bagaimana otak manusia bekerja, komposisi gen, dan kerja system organ. Kajian para ahli pada gen dimulai sejak ditemukannya struktur DNA dan RNA oleh James Watson dan Francis Crick. Gen dan urutan DNA manusia merupakan topic kajian dalam biologi yang menarik karena memungkinkan para ahli dapat memecahkan misteri perilaku
manusia dan penyakit menurun. Peneliti biologi saat ini juga sedang mencari sumber makanan baru, baik untuk menemukan jenis organism baru maupun cara menstimulasi suatu tumbuhan dan hewan agar berkembang lebih cepat sehinga menghasilkan sumber makanan dalam waktu yang singkat.

B.        OBJEK BIOLOGI
      Biologi mempelajari kehidupan pada berbagai tingkatan organisasi. Tingkatan organisasi kehidupan tersebut meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bahkan pada tingkat yang lebih tinggi yaitu biosfer.
     Sel adalah kesatuan kehidupan terkecil contohnya adalah sel- sel yang menyusun otot jantung. Pada tingkatan sel, biologi mengkaji molekul- molekul penyusun sel beserta fungsinya, organel didalam sel, serta cara kerja organel tersebut.
     Sel- sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk jaringan dan cara kerja masing- masing jaringan dikaji dalam biologi pada tingkat jaringan. Contoh jaringan adalah jaringan otot pada manusia.
     Berbagai jaringan yang secara bersama melakukan fungsi tertentu yang disebut dengan organ. Contoh organ adalah jantung pada manusia. Organ – organ pada makhluk hidup dipelajari struktur, fungsi, dan cara kerjanya dalam biologi pada tingkat organ.
     Kumpulan Organ yang mempunyai fungsi yang berkaitan membentuk sistem organ. Salah satu satu sistem organ. Misalnya sistem transportasi yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Struktur dan cara kerja sistem transportasi adalah objek yang dipelajari dalam biologi pada tingkatan sistem organ.
     Berbagai sistem organ yang bekerja bersama- sama melakukan berbagai kehidupan membentuk individu. Pada tingkat Individu, biologi mempelajari ciri khas berbagai individu, biologi mempelajari ciri khas berbagai jenis individu tersebut untuk dapat melangsungkan kehidupanya.
     Kumpulan individu- individu dari organisme sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu tempat tertentu membentuk populasi. Populasi- populasi dari berbagai jenis organisme yang berinteraksi pada suatu tempat tertentu akan membentuk komunitas.  Komunitas yang berinteraksi dengan komponen lingkunganya  yang tidak hidup ( abiotik ) seperti cahaya matahari, air, udara dan tanah disebut ekosistem. Keseluruhan ekosistem dibumi ini akan berinteraksi secara langsung atau tidak langsung membentuk biosfer.

C.      CABANG – CABANG BIOLOGI
     Sebagai cabang dari ilmu sains atau ilmu pengetahuan alam Biologi terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi sehingga ruang lingkupnya menjadi semakin luas. Perkembangan tersebut dapat diketahui dari makin banyaknya obyek yang diamati serta semakin banyaknya hal yang dieksperimenkan, sehingga telah menghasilkan banyak penemuan dibidang Biologi. Untuk memperdalam pengetahuan pengetahuan terhadap Biologi. Bidang kajian Biologi dibagi beberapa cabang. Antara lain :
                    1.            Zoologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan.
                    2.            Botani, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan.
                    3.            Fisiologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh.
                    4.            Anatomi, yaitu ilmu yang mempelajari bagian – bagian tubuh.
                    5.            Genetika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat makhluk hidup.
                    6.            Mikrobiologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme.
                    7.            Mikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang jamur.
                    8.            Embriologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio.
                    9.            Virologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang virus.
                10.            Sitologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel.
                11.            Taksonomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup.
                12.            Histologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang jaringan.
                13.            Ekologi, yaitu ilmu yang memelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkunganya.
                14.            Patologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang penyakit.
                15.            Morfologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar makhluk hidup.
                16.            Ornitologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang burung.
                17.            Enzimologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang Enzim.
                18.            Rekayasa Genetika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang rekayasa genetik.

D.      MANFAAT
Manfaat Perkembangan Biologi Bagi Kehidupan.
Ilmu biologi berkembang dengan pesat yang ditandai dengan banyaknya cabang ilmu biologi. Pendalaman pada cabang- cabang ilmu biologi ternyata membawa dampak positif bagi kehidupan. Banyak sekali sekarang ini penemuan- penemuan yang membawa kesejahteraan dalam kehidupan. Orang banyak mengalami kemudahan dalam berbagai bidang. Oleh karena itu pengembangan dan pemamfaatan yang baik perlu kita laksanakan dan kembangkan. Beberapa manfaat ilmu biologi dalam berbagai bidang kehidupan adalah :
1.      Bidang Industri
a         Penemuan serat sutra alam atau kapas yang mampu meningkatkan produksi sandang.
b        Penerapan biologi pada Industri makanan, misalnya pembuata yogurt, dan pengelengan makanan.
c         Pengolahan limbah industri agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan
2.      Bidang Farmasi
a         Penemuan berbagai vaksin dan obat untuk penyakit.
b        Inventarisasi hewan atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan obat- obatan.
3.      Bidang Perikanan.
     Penemuan biologi adalah sebagai landasan pengetahuan ( Basic Science ) dalam usaha membudidaykan ikan- ikan atau hewan laut lainya yang diketahui memiliki nilai gizi tinggi ( zaitu sebagai sumber protein hewani) dan bernilai ekonomis. Selain itu, biologi juga dapat dijadikan landasan pengetahuan dalam penelitian- penelitian lain yang lebih luas lingkupnya, yakni pada lingkup ekosistem perairan laut dan pantai.
4.      Bidang Pertanian.
Teknik Rekayasa genetika yang bertujuan menciptakan tanaman yang unggul sifatnya, dilanjutkan dengan teknik kultur jaringan, sehingga tanaman – tanaman yang berjenis unggul tersebut dapat segera diperoleh dalam waktu singkat, dengan jumlah yang banyak, tanpa memerlukan lahan yang luas, dengan kondisi steril.
5.      Bidang Peternakan
Teknik rekayasa genetika dilanjutkan dengan teknik fertilisasi in vitro atau teknik superevolusi, kemudian teknik inseminasi buatan, dengan tujuan segera diperoleh ternak jenis unggul dalam jumlah banyak.

METODE ILMIAH
               Penelitian dapat diartikan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, usaha- usaha itu dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.Masing- masing ilmuan bekerja dengan cara mereka masing- masing. Sumber utama dari fakta ilmiah adalah pengamatan dan percobaan yang cermat, yang bebas dari prasangka dan dilaksanakan secara sekuantitatif mungkin. Kemudian pengamatan dan percobaan itu dianalisis atau disederhanakan dalam bagian – bagian yang baku sehingga fenomena yang diamati itu dapat disusun secara teratur. Bagian baku itu kemudian disusun kembali dan keterkaitanya satu dengan lainya dijelaskan. Berdasarkan Pengamatan- pengamatan tersebut seorang ilmuan merumuskan kerangka acuan berfikir yaitu :
Kerangka Acuan Penelitian
               Kerangka acuan bagi siswa berfungsi untuk sarana konsultasi dengan guru atau peneliti yang lebih senior. Kerangka acuan terdiri dari:
1.       Judul Penelitian
            Judul penelitian berfungsi sebagai nama sekaligus identitas penelitian yang dicantumkan dalam berbagai dokumen. Judul penelitian ringkas dan spesifik, cukup jelas untuk memberi gambaran mengenai masalah yang diteliti
2.      Latar Belakang
                        Latar belakang suatu penelitian menunjukkan konteks masalah yang akan               diteliti serta kepentingan penelitian tersebut.
3.      Rumusan Masalah
                        Bagi siswa atau peneliti pemula, merumuskan masalah penelitian merupakan langkah paling sulit. Penelitian eksperinen perlu memiliki rumusan masalah, sedangkan penelitian pengamatan harus memiliki pertanyaan penelitian.

4.      Tujuan Penelitian
                        Penelitian pengamatan dapat bertujuan untuk menguraikan atau mendiskripsikan suatu gejala atau objek. Tujuan penelitian eksperimen menerangakan suatu gejala atau menguji suatu hipotesis.

5.      Manfaat Hasil Belajar
                        Manfaat penelitian dapat dilihat dari dua aspek, yaitu sumbangan dari pengembangan ilmu (aspek teoritis) dan manfaat bagi penerapannya dimasyarakat (aspek praktis).
    
                        Siswa perlu berlatih menyusun kerangka acuan atau proposal penelitian sebagai latihan menuangkan ide penelitian sebagai latihan menuangkan ide penelitian secara konseptual. Dengan menggunakan kerangka acuan, siswa akan berlatih untuk:
a.       Merumuskan judul penelitian
b.      Menyusun latar belakang dilakukannya penelitian
c.       Merumuskan masalah penelitian
d.      Merumuskan tujuan penelitian
e.       Merumuskan manfaat penelitian
f.       Menjelasakan metode penelitian yang akan digunakan
g.      Menyusun jadwal kerja penelitian
              
Proposal penelitian
               Proposal penelitian merupakan pengembangan dari kerangka acuan dan disusun berdasarkan kerangka acuan dan asaran-saran dari ahli lain. Proposal penelitian membuat anatara lain: identifikasi variabel, latar belakang maslah,dan manfaat penelitian. Proposal juga juga memuat tinjauan pustaka (tinjauan teoritis), hipotesis (untuk penelitian yang memiliki hipotesis ), dan metode penelitian. Berikut ini uraian tentang variabel penelitian, tinjauan pustaka, hipotesis, dan metode penelitian yang perlu dicantumkan dalam proposal penelitian.
a.      Identifikasi variabel penelitian
Identifikasi variabel penelitian selalu mengacu pada perumusan masalah. Artinya variabel yang berpengaruh pada masa tersebut.
   Variabel manipulasi
   Variabel respon
   Variabel kontrol
 Tinjauan Pustaka
                        Bagian tinjauan pustaka sering kali dianggap sulit, karena iswa atau peneliti pemula belum terbiasa  berfikir deduktif, yaitu penelaah suatu masalah berdasarkan konsep teori yang relefan. Oleh karena itu dalam prosespembelajaran yang membahas tinjauan pustaka sebaiknya guru berperan aktif untuk memberikan contoh.
            Hipotesis
                        Hipotesis merupakan jawaban sementara dari rumusan maslah yang diajukan. Hipotesis disusun berdasarkan teori yang diuraikan pada tinjauan pustaka, yang bersifat teoritis. Hipotisis itulah yang akan dibuktikan kebenarannya melalu data yang akan didapat.
                       
   
b.      Metode Penelitian
                        Bagian metode penelitian menguraikan bagaiman cara melakukan penelitian tersebut. Mulai dari menentukan definisi populasi dan sampel, variabel, dan operasional variabel, prosedur pengumpulan data, dan analisis data.
*        Merumuskan definisi operasional variabel
*        Merancang penelitian
*        Menentukan populasi dan sampel
*        Menentukan alat dan bahan
*        Menyiapkan langkah-langkah penelitian
*        Mendeskripsikan data, menginterpretasikan data serta menguji hipotesis
*        Menyusun hasil pembahasan penelitian
*        Menyusun kesimpulan dan saran






















Lakukan
 


Seiring Dengan kemajuan iptek, objek- objek kajian biologi akan semakin berkembang mulai dari lingkup yang paling sederhana Hingga lingkup yang Kompleks seperti lingkup bioma dipermukaan bumi. Dimana interaksi antar bioma dipermukaan bumi ini membentuk lapisa makhluk hidup dibumi yang dikenal sebagai biosfer.
Permasalahan
1.      Bagaimanakah caranya mempelajari biologi yang objek kajianya sangat luas itu? Jelaskan jawaban anda !
Jawab :


2.      Sebutkan dan jelaskan tiga manfaat penting dalam mempelajari biologi.
Jawab :
























LAKUKAN
Anda telah mengetahui beberapa cabang biologi. Agar lebih memahami cabang- cabang biologi yang lain, manfaatkan literatur yang menunjang untuk melengkapi tabel dibawah ini :
No.
Kelompok Cabang Biologi
 Pengertian
1.
Berdasarkan aspek kehidupan
a.       Evolusi
b.      Paleontologi
c.                                       

d.      Etologi




Cabang Biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat
2.
Berdasarkan kelompok Organisme
a.       Malakologi
b.      Ikhtiologi
c.       Mikologi
d.     





Cabang biologi yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup.
3.
Berdasarkan hirarki kehidupan
a.       Histologi
b.                                      

c.       Onkologi
d.               



Cabang biologi yang mempelajari tentang rawa


Cabang biologi yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah.
4.
Termasuk dalam ilmu campuran dan terapan.
a.                                    

b.      Biokimia
c.       Agronomi
d.      Bioteknologi

                                        
Cabang biologi yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetik.
5.
Termasuk dalam bidang kedokteran /kesehatan/ pengobatan
a.       Ginekologi
b.      Radiologi
c.       Obstetri
d.     






Cabang biologi yang mempelajari tentang kanker dan cara
 pencegahanya.



























LAKUKAN
 

A.    Tujuan
Mengetahui manfaat dan bahaya perkembangan ilmu biologi bagi kehidupan manusia.
B.     Alat dan Bahan
1.      Media massa ( Koran, majalah, dan Internet ).
2.      Buku materi Biologi SMA/MA kelas XA.
3.      Buku penunjang lainya.
C.    Langkah Kerja
1.      Bagi siswa dalam 4 kelompok.
2.      Buatlah makalah mengenai manfaat dan bahaya perkembangan ilmu biologi bagi kehidupan manusia.
3.      Makalah harus memuat pokok- pokok permasalahan yang ada berikut ini !
4.      Presentasikan makalah yang telah kelompok anda buat didepan kelas !
D.    Permasalahan.
1.      Perkembangan ilmu biologi dapat memberi manfaat bagi kehidupan manusia pada berbagai bidang kehidupan.
a.       Sumbangan apakah yang sudah diberikan Biologi dalam upaya mengatasi masalah rawan pangan dan perbaikan gizi masyarakat?
Jawab:
................................................................................................................................................................................................................................................
b.      Sumbangan apakah yang sudah diberikan Biologi dalam bidang peternakan dan perikanan.
Jawab :
................................................................................................................................................................................................................................................
c.       Sumbangan apakah yang sudah diberikan Biologi dalam bidang kedokteran/ Kesehatan?
Jawab :
................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Selain dapat memberikan manfaat, perkembangan ilmu Biologi dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia.
a.       Sebutkan sebab- sebab mengapa perkembangan ilmu Biologi dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia?
Jawab :
...............................................................................................................................................................................................................................................
b.      Sebutkan macam- macam bahaya akibat perkembangan ilmu biologi bagi kehidupan manusia!
Jawab :
................................................................................................................................................................................................................................................
c.       Bagaimana cara penanggulangan agar perkembangan ilmu Biologi tidak menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia? Jelaskan!
Jawab :
................................................................................................................................................................................................................................................

                                                             


                                                  







OBSERVASI
 
Pengamatan dengan alat indra dan alat ukur
Tujuan
Memahami pengamatan dengan menggunakan alat indra dan alat ukur
Alat  dan bahan
1.       Sebuah stoples atau akuarium kecil
2.       Termometer batang
3.       Stopwatch dengan jarum detik
4.       Air
5.       3 jenis ikan masing- masing 1 ekor

Cara kerja
1.    Masukkan air kedalam stoples  kemudian masukkan 3 jenis ikan
2.    Lakukan pengamatan terhadap ikan yang berbeda didalam stoples atau akuarium Gunakan semua indra dan alat ukur yang ada,misalnya untuk mengukur suhu air digunakan termometer, untuk mengukur waktu digunakan stopwatch.
3.     Tuliskan masing- masing 5 hasil pengamatan dengan indra dan alat yang digunakan, kemudian masukkan kedalam tabel berikut.
Tabel hasil pengamatan
No
Hasil Pengamatan
Indra yang digunakan






Tabel hasil pengamatan
No.
Hasil Pengamatan
Alat yang digunakan







Pertanyaan :
1.      Bandingkan hasil pengamatan kelompok anda dengan hasil pengamatan kelompok lain. Adakah perbedaan dan persamaannya? Jelaskan mengapa demikian?
2.      Kesimpulan apa yang anda dapat ambil dari percobaan berikut!



Uji Kompetensi
                           

A.    Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1.      Suatu kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui proses kreatif dan sistematis serta dilanjutkan dengan proses observasi secara terus menerus disebut....
a.       sains                                           c. kerja ilmiah
b.      saintis                                        d. karya ilmiah
2.      melakukan pengamatan dengan cara mencicipi sangat tidak dianjurkan karena....
a.       hasilnya tidak akurat
b.      banyak zat yang mengandung racun
c.       subjektivitasnya tinggi.
d.      Mencicipi merupakan pengamatan yang tidak teliti.
3.      Seorang siswa dapat menjawab dengan menceritakan tentang proses yang terjadi dalam penyulingan air setelah guru mendemonstrasikan penyulingan airdihadapan siswanya. Hal itu menunjukan bahwa siswa tersebut telah....
a.       Mencari persamaan objek dalam sustu peristiwa
b.      Mencari persamaan dan perbedaan
c.       menyusun objek dalam suatu susunan
d.      mencari pengertian dalam suatu objek.
4.      Melakukan pengamatan dengan tekun dan teliti bertujuan untuk....
a.       Mengambil informasi atau pengetahuan dari objek peristiwa
b.      Mengenal objek secara detail.
c.       Mengorganisasikan persamaan dan perbedaan.
d.      Mencari pengertian yang terkandung dalam suatu objek.
5.      Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali...
a.       rasa ingin tahu
b.      jujur
c.       objektif
d.      subjektif
6.      Berikut ini yang merupakan ciri ilmu biologi adalah....
a.       dikembangkan berdasarkan pengalaman pribadi
b.      objek kajianya berupa hipotesis.
c.       menggunkan cara berfikir logis
d.      menggunakan langkah- langkah yang konkrit
7.      Cabang biologi ang mengkhususkan bidang kajianya pada struktur tubuh makhluk hidup adalah....
a.       morfologi
b.      anatomi
c.       organologi
d.      fisiologi
8.      Ruang lingkup biologi meliputi objek, tingkat organisasi, dan tema dasar. Yang termasuk tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah....
a.       animalia, biosfer, dan plantae
b.      organisme,populasi, dan komunitas
c.       molekul, sel, jaringan, dan organ
d.      plantae, komunitas dan populasi
9.      Berikut ini adalah komponen hirarki kehidupan :
1.      = komunitas
2.      = organisme
3.      = Populasi
4.      = Ekosistem
Urutan hirarki kehidupan dari yang rendah ke yang lebih tinggi adalah....
a.       2 – 1- 3 – 4
b.       2- 3 -1- 4
c.       2 – 3 – 4 – 1
d.      2 – 4 – 3 – 1
10.  Pada organisme tingkat seluler, sel – sel yang struktur dan fungsinya sama berkombinasi membentuk....
a.       individu
b.      populasi
c.       sistem organ
d.      organ
e.       jaringan

B.     Jawablah pertanyaan –pertanyaan berikut dengan benar!
1.      Biologi  sebagai ilmu pengetahuan mempunyai karakteristik khusus yang membedakan dengan ilmu pengetahuan lain. Sebut dan jelaskan karakteristik tersebut!
2.      Mengapa Biologi tidak dapat berdiri sendiri untuk memecahkan suatu masalah?
3.      Sebutkan urutan tingkat organisasi kehidupan dari yang paling kompleks hingga yang paling sederhana!
4.      Jelaskan minimal empat cabang biologi yang sering diterapakan dalam bidang pertanian.
5.      Menurut kalian, apa manfaat mempelajari biologi?
6.      Apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah?
7.      Apakah manusia sudah dapat mengungkapkan semua rahasia alam ciptaan Tuhan!
8.      Apakah perbedaan rumusan masalah dengan rumusan hipotesis!
9.      Bila sekolah kalian berencana akan membuat kolam ikan, tentu ada suatu faktor yang perlu kalian perhitungkan yang dapat mempengaruhi kondisi ikan. Rumuskan sebuah hipotesis yang mengkaitkan satu faktor tersebut dengan kondisi ikan- ikan!








1 komentar: