Jumat, 16 Desember 2011

BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satu implementasi dari hak ini, setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan  bagian dari pencapaian tujuan pendidikan nasional, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidian Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan pendidikan, penelitian, dan pegabdian pada masyarakat yang terintegrasi. Oleh karena itu, Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan mahasiswa di luar kampus bersama dengan masyarakat (baik di pedesaan maupun di perkotaan) maka pembimbingannya dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), Kepala Desa atau Kepala Kelurahan, dan Camat. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai penggerak pembangunan dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat, mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, dan mampu memberikan solusinya. Dengan demikian, besar kemungkinan berbagai instansi ikut terlibat dalam kegiatan KKN.
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi selalu berusaha melaksanakan Tri Dharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) secara optimal, baik di dalam maupun di luar kampus. Kegiatan Tri Dharma dilakukan oleh setiap civitis akademiknya, termasuk mahasiswa.
Kelurahan Palebon termasuk salah satu kelurahan yang memiliki banyak Rukun Warga (RW), dengan banyak warga yang mempunyai anak usia dini yang masih sedikit menerima Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), meskipun sudah terdapat beberapa Pos Pelayanan PAUD.
PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar, yang merupakan upaya pembinaan anak 0-6 th melalui rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memaaui pendidikan lanjut.PAUD adalah pendidikan yg menitikberatkan ke berbagai arah:
v  Pertumbuhan
v  Perkembangan fisik(koordinasi motorik)
v  Kecerdasan (IQ,EQ,SQ)
v  Sosio-emosional (sikap dan perilaku beragama) bahasa dan komunikasi.
Tiga tujaun utama di adakan PAUD:
n  Tujuan utama: membentuk anak Indonesia yang berkualitas (tumbuh kembang sesuai tingkat perkembangan)
n  Tujuan Praktis: membantu mengembangkan potensi dan kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral dan agama sec.optimal.
n  Tujuan penyerta: membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik).
Pentingnya PAUD
n  PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan SDM .
n  PAUD memegang pernan penting sebagai fondasi dasar  kepribadaian anak.
n  Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada optimalisasi potensi.
n  Merupakan masa Golden Age (keemasan). Usia paling vital mencapai 80% perkembangan otak.
n  Cerminan diri melihat keberhasilan anak dimasa mendatang.
Ruang lingkup PAUD
n  Infran (0-1th)
n  Toddler (2-3th)
n  Preschool/Kindergarden Children( 3-6 th)
n  Early Primary school (SD awal 6-8th)
Satuan pendidikan penyelenggara yg ada: Taman kanak-kanak(TK), Raudatul Athfal (RA), Bustanul Athfal(BA),kelompok Bermain (KB),Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD sejenis(SPS), SD Kelas Awal(kelas 1,2,3),Bina keluarga Balita, Posyandu, keluarga , lingkungan.
Pola pembelajaran PAUD Berbasis Life Skills.
Tahap perkembangan anak, (Montessori),
n  0-3th, memiliki kepekaan sensoris yang mulai dapat menyerap pengalaman.
n  0,5-3th, memiliki kepekaan bahasa dan sangat tepat untuk mengembangkan bahasanya.
n  2-4th, gerakan otot mulai dapat dikoordinasikan dengan baik, untuk berjalan dan bergerak serta mulai menyadari waktu.
n  3-6th, memiliki kepekaan indrawi, sekitar 4 th memiliki nkepekaan menulis, dan 4-6 th kepekaan yangg bagus untuk membaca.
Tugas perkembangan yang diemban anak-anak
n  Belajar keterampilan fisik yang diperlukan untuk bermain.
n  Membangun sikap yang sehat terhadap diri sendiri.
n  Menyesuaikan diri dengan teman sebaya.
n  Mengembangkan peran sosial sebagai L/P.
n  Mengembangkan hati nurani, moral, sopan santun.
n  Mengembangkan keterampilan dasar.
n  Mengembangkan diri untuk kemerdekaan diri.
Memperhatikan hal-hal tersebut, pada tahun 2010 Kuliah Kerja Nyata IKIP PGRI Semarang menetapkan Tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention)”. Dalam konteks tersebut maka KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat menjawab tantangan pembangunan masa depan.

B.       Tujuan Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention).
1.    Tujuan Umum
a.    Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian Masyarakat.
b.    Sebagai proses pembeljaran mahasiswa dalam berfikir, bersikap dan berperilaku secara  realistis dan akademis yang dilandasi dengan semangat dan komitmen yang tinggi untuk memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.
c.    Sebagai proses pembelajaran kepada mahasiswa dalam mengimplementasikan seperangkat teori yang telah diterima di bangku kuliah kepada masyarakat secara langsung.
d.   Sebagai proses pendidikan mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dalam mengawal pembangunan serta memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan bangsa dan Negara.
e.    Membentuk sarjana yang penuh berilmu, cakap berbudi pekerti luhur serta memilki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi atas kesejahteraan masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 .
f.     Membentuk sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mampu mengembangkan pemikiran maupun penalaran untuk belajar memecahkan permasalahan yang kompleks secara pragmatis dan interdisipliner.
g.    Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan pembangunan dan dinamika masyarakat.
2.    Tujuan Khusus
a.    Melaksanakan program sosialisasi PAUD, menginformasikan arti pentingnya PAUD bagi perkembangan anak.
b.    Menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan mengembangkannya secara tepat guna dalam kehidupan masyarakat.
c.    Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
d.   Membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya Jawa Tengah

C.      Rencana Kegiatan
Rencana kegiatan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention) meliputi kerja fisik, maupun non fisik, rencana kegiatan KKN dibuat sesuai dengan permasalahan yang ada melalui observasi dan pengamatan di lapangan dengan mengacu pula pada tema KKN IKIP PGRI Semarang yaitu : “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention)” juga menimbang dari waktu dan kemampuan. Hal ini merupakan permasalahan yang timbul dari orientasi langsung dari lokasi maupun berasal dari aparat kelurahan dan masyarakat setempat. Dari permasalahan yang ada dan pertimbangan-pertimbangan dan tidak melupakan tujuan semula, kami dapat menentukan rencana kegiatan KKN.
Program Rencana kegiatan utama Tim KKN ini adalah:
1.            Sosialisasi PAUD.
2.            Bimbingan Belajar Anak.
3.            Sosialisasi Pendidikan Cara Menggosok gigi dan Mencuci Tangan yang Benar untuk anak TK.
4.            Bimbingan Belajar Alqur’an (Membaur bersama TPQ yang ada).
Akan Tetapi selain program utama di atas, tim KKN juga menjalankan program-program tambahan lain seiring jalan serta mengikuti program dari Institut, kelurahan, maupun program dari tiap-tiap RW.

D.      Tempat Pelaksanaan KKN
Tempat pelaksanaan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention)  adalah di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Kelurahan Palebon dibagi menjadi 11 RW dan  77 RT.

E.       Waktu Pelaksanaan KKN
Pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention) di lapangan berlangsung selama 30 hari dimulai tanggal 12 Juli 2010 sampai dengan 10 Agustus 2010.

F.       Rencana Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC  (Child Rights Convention )
PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar, yg merupakan upaya pembinaan anak 0-6 th melalui rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memaaui pendidikan lanjut.PAUD adalah pendidikan yg menitikberatkan ke berbagai arah:
v  Pertumbuhan
v  Perkembangan fisik (koordinasi motorik)
v  Kecerdasan (IQ,EQ,SQ)
v  Sosio-emosional (sikap dan perilaku beragama) bahasa dan komunikasi.
berdasarkan sedikit uraian diatas maka sangatlah cocok program kegiatan TimKKN IKIP PGRI Semarang kelurahan Palebon seprti di bawah ini:
1.      Sosialisasi PAUD
2.      Bimbingan Belajar
3.      Sosialisasi Pendidikan Cara Menggosok gigi dan Mencuci Tangan yang Benar untuk anak TK.
4.      Bimbingan Belajar Alqur’an (Membaur bersama TPQ yang ada).


BAB II
PROGRAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN

A.      Program Kegiatan
Untuk dapat melaksanakan suatu program kegiatan, maka harus terlebih dahulu ditentukan sasaran siapa, dimana, dan manfaat apa yang dapat di hasilkan dari kegiatan tersebut. Mahasiswa KKN merupakan penduduk baru bagi sebuah tempat dimana dia diterjunkan, sehingga untuk memperkenalkan hingga melaksanakan suatu program Mahasiswa harus terlebih dahulu menyatu dam membaur dengan masyarakat.
Dalam menyesuaikan diri pada lingkungan baru, merupakan hal penting perlu diperhatikan. Seperti apa yang dialami Tim KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention) IKIP PGRI Semarang di Kelurahan Palebon, Kecamatan Pedurungan. Dalam pendataan penduduk, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam masyarakat, maka kami segera melakukan orentasi lapangan yang difokuskan pada kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.      Mengadakan perkenalan dengan Lurah dan staff kelurahan lainnya, serta para tokoh masyarakat setempat khususnya di semua RW dalam rangka membangun hubungan sosial yang baik dengan pihak masyarakat.
2.      Mengadakan koordinasi dan kolsutasi dengan Lurah, DPL dan aparat lain untuk menyusun rencana program kegiatan KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan  Kecakapan Hidup (Life Skill Education).
3.      Melakukan pendataan jumlah penduduk di wilayah Palebon,  serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat.
4.      Mensosialisasikan kepada masyarakat program-program apa saja yang akan dilakukan oleh Tim KKN, sosialisasi ini dibantu oleh Bapak/ Ibu RW di tiap-tiap wilayah.
5.      Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung yang dibutuhkan dalam menunjang program-program yang dilakukan oleh mahasiswa dan masyarakat.

B.       Kegiatan Pelaksanaan Program
Para mahasiswa KKN mempunyai beberapa program kerja utama yang dilakukan di Kelurahan Palebon, antara lain :
1.    Sosialisai PAUD.
Pelaksanaan Sosialisasi PAUD di Kelurahan Palebon dilaksanakan serentak pada tiap-tiap RW pada tanggal 19 Juli 2010. sosialisasi PAUD bertujuan meninformasikan betapa pentingnya  pendidikan anak usia dini untuk anak pada masa perkembangan awal, dimana pada tahap itu pertumbuhan dan perkembangan otak anak mencapai 80%.
2.    Bimbingan Belajar (Bimbel).
Program bimbingan belajar bagi anak-anak di wilayah Kelurahan Palebon tingkat SD dan SMP. Kegiatan ini dilakukan setiap hari di mulai dari pukul 12.00-15.00 WIB dan pukul 19.00-21.00 WIB di Posko KKN. Peserta berasal dari berbagai RW yang ada di kelurahan Palebon. Program Bimbel juga dilaksanakan khusus di RW 4 setiap hari Selasa, Rabu, dan Jumat. Program bimbingan belajar ini dilakukan dengan tujuan melatih mahasiswa untuk lebih terampil dalam mengajar serta meningkatkan kemampuan pendidikan bagi anak-anak yang mengikiti bimbingan belajar. Program bimbingan belajar ini dilaksanakansesuai dengan mata pelajaran siswa di sekolahnya, pelajaran tambahan lain yaitu dengan  membahas soal-soal, selanjutnya tanya jawab tentang materi yang dianggap sulit oleh para siswa.
3.      Sosialisasi dan Pendidikan Cara Menggosok gigi dan Mencuci Tangan yang Benar untuk Anak TK.
Program Sosialisasi Pendidikan Cara Menggosok gigi dan Mencuci Tangan yang Benar untuk anak TK di laksanakan pada tanggal 31 Juli 2010 di TK Al insyirah dengan penenggung jawab kegiatan, ketua kegiatan sekaligus pemateri utamanya adalah Chondro lestiyo utomo, di dampingi Ary Widyastuti, Anjar M, Budi M, dan  Korkel Deny. Tujuan Utana Kegiatan Ini adalah:
a.       Membentuk kepribadian peserta didik yang tertib menjaga kebersihan tangan dan kesehatan gigi.
b.      Meningkatkan ilmu pengetahuan cara menggosok gigi yang baik dan benar.
c.       Meningkatkan kedisiplinan dan kesehatan peserta.
d.      Mengupayakan kepada peserta agar kegiatan kebersihan hidup menjadi kebiasaan hidup sehat peserta.
4.      Bimbingan Belajar Alqur’an (Membaur bersama TPQ yang ada).
Selain program kerja utama yang dilakukan di kelurahan, kami juga melaksanakan program-program lain, antara lain :
1.      Mengajar di instansi (PAUD&TK).
Program mengajar di instansi seperti TK dan PAUD ini merupakaN tindak lanjut dari program utama sosialisasi PAUD, dimana kita tahu bahwa menurut undang-undang anak usia TK juga masih tergilong anak usia dini. Dalam kegiatan ini Mahasiswa berusaha memberikan materi yang bermanfaat sesuai perkembangan anak, membuat model pembelajaran, alat peraga dll. Sehingga selain dapat menimba pengalaman mahasiswa juga berusaha memperkenalkan cara dan model pembelajaran modern yang inivatif, murah, namun bermanfaat merangsang psikomotorik dan perkembangan anak.
2.      Posyandu.
Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan Posyandu Balita. Kegiatan ini dilakukan di wilayah tingkat RW dan jadwal serta tempatnya telah ditentukan. Kegiatan ini meliputi:
a.    Membantu pemberian PMT yang diharapkan dapat menambah gizi bagi balita dan lansia sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.
b.    Memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
c.    Membantu pengukuran tinggi badan, berat badan serta pengisian data kesehatan balita.
3.      Kebersihan Lingkungan.
Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan kerja bakti yang dilakukan baik di tingkat RW. Kegiatan kerja baki paling dominan terlihat adalah di RW7 pada tanggal 16-18 Juli 2010, kerja bakti dilakukan secara intensif dikarenakan RW 7 merupakan RW yang ditunjuk mewakili Kelurahan Palebon dalam rangka LBS. Kerja bakti ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang. Kegiatan dalam kerja bakti antara lain; membersihkan jalan, pengadaan tempat sampah pada tiap-tiap rumah (sampah basah dan kering), pemasangan bendera-bendera, pemasangan spanduk, pencanangan area-area bebas asap rokok.
4.      Penanaman Tanaman Toga.
Kegiatan penanaman tanaman toga dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2010 di RW7 bersamaan dengan hari kedua kegiatan kerja bakti dalam rangka LBS. kegiatan penanaman ini juga disertai pemberian pemnulisan nama tumbuhan tersebut. Tiap RW dikelurahan Palebon minimal sudah memiliki satu komplek taman khusus untuk tanaman toga. Selain dapat digunakan sebagai obat untuk pertolongan  pertama, tanaman ini juga menambah asri suasana sekitar.
5.      Pendampingan LBS dan PHBS Kelurahan Palebon.
Pendampingan LBS dan PHBS Kelurahan Palebon yang dalam LBS dan PHBS ini Kelurahan Pelebon diwakili RW7, dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2010. Kegiatan pendampingan di ikuti oleh beberapa perwakilan Mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang beserta kader-kader dari RW7 dan Ibu Budi Asmani selaku ketua RW7. Kegiatan meliputi penyambutan Tim Penilai, Upaca Pembukaan, sampai dengan pendampingan tim penilai dalam menilai lingkungan dan rumah-rumah di RW7.
6.      Kebersihan Lingkungan dalam rangka Kakikol.
Kebersihan lingkungan dalam rangka kakikol dilaksanakanpada tanggal  25-27 Juli 2010. kegiatan dilakukan oleh seluruh mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang. Bentuk kegiatan antara lain; pengecatan taman sepanjang jalan, pengecatan tembok-tembok pinggir jalan, membersihkan sekitar tepi-tepi sepanjang jalan protokol. Kegitan ini sempat juga di hadiri sekretaris kelurahan dan Lurah Palebon.
7.      Pembuatan Taman.
Pembuatan taman di tepi jalan protokol dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juli 2010. kegiatan ini dilaksanakan secara intensif mulai dari pengadaan tanah, tumbuhan, serta pembuatan tugu kecil ditengah taman.
8.      Kegiatan Lomba Menyambut HUT RI  Ke-65.
Kegiatan lomba dalam rangka menyambut HUT RI ke-65 diadakan berbagai macam lomba, antara lain lomba bulu tangkis dewasa pada tanggal 19-22 Juli 2010, lomba catur dewasa yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2010, lomba mewarnai oleh anak TK, lomba geguritan tingkat SD, lomba joged balon berintangan dengan peserta dewasa, lomba mementuk dan menghias buah oleh ibu-ibu, lomba-lomba tersebut dilaksanakan bersama pada tanggal 1 Agustus 2010. Panitia utama kegiata lomba adalah perangkat kelurahan, Ketua RW, dan Mahasiswa IKIP PGRI Semarang.
9.      Kegiatan Penyuluhan NAPZA pada tanggal.
Kegiatan penyuluhan NAPZA dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2010, dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN IKIP PGRI bertindak sebagai panitia. Peserta dalam kegitan ini meliputi ketua RW,RT, serta mahasiswa dari kelurahan lain kecamatan pedurungan. Kegiatan ini membahas pengertian, bahaya, cara menanggulangi, serta hukum yang mengatur kasus-kasus tentang NAPZA untuk generasi muda.
10.  Kegiatan Karnaval Menyambut HUT RI Ke-65.
Kegiatan karnaval kelurahan palebon dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2010, kegiatan ini diikuti oleh tiap- tiap RW di kelurahan Palebon. Konsep dari kegiatan karnaval adalah kegiatan arak-arakan keliling seluruh jalan-jalan dikelurahan Palebon dengan peserta minimal 20 orang dengan mengenakan pakaian adat, pakaian profesi, serta kesenian dari tiap-tiap RW.


11.  Pengembangan Beberapa Instansi Terkait PAUD.
Pengembangan instansi terkait PAUD oleh Mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang dilaksanakan dengan cara melakukan kegiatan pembelajaran pada PAUD, memberi model pembelajaran, pengadaan alat peraga edukasi, serta berbagai macam materi yang dapat memajukan dan diharapkan dapat mengembangkan PAUD. Instansi lain yang mendapatkan program seperti ini adalah TK Widya dan RA. Al’Insyirah.
12.   Pengadaan Tanaman Untuk Kecamatan.
Kegiatan pegadaan untuk kecamatan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2010. pengadaan tanaman dilakukan mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang dengan wakil yang menyerahkan ke kecamatan dalam kegiatan pengadaan dan penanaman adalah Chondro Lestiyo Utomo dan Ary Widyastuti. Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN IKIP PGRI Semarang Kelurahan Palebon mengumpulkan tanaman Matoa (Pometia pinnata) dan Kantil (Michelia sp).
Di samping kegiatan di atas, kegiatan rinci KKN selama 30 Hari adalah sebagai berikut:
No.
Hari/Tanggal
Kegiatan
Mahasiswa yang terlibat
1.
Senin,
12-07-2010
§  Penerjunan KKN
§  Bimbingan DPL 1
§  Bimbingan Lurah
Seluruh Mahasiswa KKN
2.
Selasa,
13-07-2010
§  Survey dan silaturahmi  Koordinator tiap RW dan pengenalan program KKN.
Semua mahasiswa

3.
Rabu,
14-07-2010









§  Kunjungan RW dan Penyebarab Undangan Kelurahan Dalam rangka HUT RI ke-65.
§  Sosialisasi TK Al insyirah


§  Semua Mahasiswa



§  Tri Yuli
§  Rita
§  Anjar
§  Budi M

4
Kamis
15 Juli 2010
§  Rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan program KKN
§  TK dan TPQ Al insyirah




§  Posyandu RW6







§  Posyandu RW8








§  Posyandu RW11



§  Semua Mahasiswa


§  Tri Yuli
§  Rita
§  Anjar
§  Budi M

§  Chondro LU
§  Amin
§  Ary W
§  Nunung
§  Novia
§  Efi
§  Devi W

§  Chondro LU
§  Rinanto
§  Devi W
§  Efi
§  Novia
§  Nunung
§  Turasih
§  Nur Itjeh
§  Novana
§  Amin
§  Novia
5
Jumat
16 Juli 2010
§  Kerja Bakti Dalam Rangka LBS Dan PHBS RW7
§  TK dan TPQ Al Insyirah


§  Bimbel Posko






§  TK Widya

§  Pos PAUD Dahlia

§  Semua Mahasiswa


§  Anjar
§  Budi
§  Tri Yuli

§  Endah
§  Chondro
§  Efi U
§  Vicky
§  Paulus
§  Turasih
§  Pak Sugito
§  Nunung, novi, efi, Chondro.
§  Deny. Endah, amin, devi, rendra, rokhayati, eko, tyas, paulus, nanik,
6
Sabtu
17 Juli 2010
§  Kerja Bakti Dalam Rangka LBS Dan PHBS RW7
§  Bimbel Posko




§  TK Widya
§  Semua Mahasiswa


§  Ary W
§  Rendra
§  Chondro
§  Endah
§  Intan Nilam
§  Novia, efi, nunung, turasih.


7
Minggu.
18-07-2010
§  Kunjungan dan Penyebaran Undangan terkait hasil rapat kelurahan tentang HUT-RI ke 65




§   kunjungan TPQ-TPQ





§  Pondok Seni RW9







§  Bimbel posko
§  Chondro LU
§  Ary W
§  Rinanto
§  Paulus S
§  Vicky
§  Endah R
§  Eko Heris

§  Rita
§  Nanik,
§  Tsaniatun
§  Khuzaenah
§  Chondro LU

§  Chondro LU
§  Ary W
§  Eko Heris
§  Endah
§  Rokhayati
§  Tyas
§  Tri ratna
§  Deny
§  All Mahasiswa

8
Senin
19 Juli 2010
§  TK dan TPQ Al Insyirah


§  TPQ Panda Raya




§  Bimbel RW4



§  Pendampingan LBS dan PHBS RW7








§  TPQ al Muhajirin





§  Posyandu RW10


§  TPQ Nurul iman

§  TPQ Al Ikhsan

§  Pondok seni RW9



§  Lomba Bulutangkis Kelurahan


§  Bimbel posko
§  Sosialisasi PAUD di Tiap RW.
§  anjar
§  tri yuli
§  tri ratna
§  endah budi
§  risca
§  intan
§  nur avinita
§  risca
§  nanik
§  risca, nur avinita, ary, endah, tsani, chondro, rita, intan, rochayati, ratna, tyas, bangkit.
§  chondro
§  bangkit
§  ayu ws
§  m.khoirudin
§  novana
§  intan
§  endah
§  tri yuli
§  nur itjeh

§  novana
§  rinanto
§  ary w
§  nur itjeh
§  endah
§  nanik
§  tyas, vicky, paulus, tri ratna, nanik, endah, tri yuli.
§  risca, nur avinita, intan, nanik, tri ratna.
§  chondro lu, tsaniatun, khuzaenah.
§  chondro lu, ary w, tsaniatun, rokhayati, tri ratna, paulus, endah, deny.
§  Chondro, bangkit, deny, rinanto, paulus, rendra, amin, vicky, nunung.
§  All mahasiswa
§  All mahasiswa

9
Selasa
20 Juli 2010
§  TK AL insyirah

§  TPQ Al Insyirah



§  Pengecatan TK Widya
§  TPQ Nurul Iman

§  Lomba Bulu Tangkis Kelurahan
§  Bimbel posko

§  Anjar
§  Budi M
§  Tri Yuli
§  Rita
§  Endah L
§  Tri Ratna
§  Semua Mahasiswa
§  Risca, Nur avinita, Tri ratna, Rokhayati, intan.
§  Mahasiswa Laki-laki

§  All mahasiswa




10
Rabu
21-07-2010
§  Pengecatan TK Widya
§  TK Al insyirah
§  TPQ Al Insyirah
§  PAUD Harapan Bunda RW2

§  Lomba Bulu tangkis Kecamatan
§  TPQ Al Muhajirin


§  Pengecatan Jalan Protokol (majapahit)
§  Bimbel Posko
§  TPQ al ikhsan
§  Bimbel RW4
§  Semua Mahasiswa
§  Anjar, Budi.
§  Novana, Tri Yuli
§  Endah, devi, tsaniatun, masyari, tri ratna.
§  Mahasiswa Laki-laki.

§  Rinanto, Novana, Vicky, Nur itjeh, Tri ratna, Devi W, Prima H.
§  Semua mahasiswa

§  Semua Mahasiswa
§  Tsaniatun, khuzaenah.
§  Chondro, ary, tyas, avinita, endah, risca, tsani, bangkit, rita, intan, khuzaenah,devi w, tri ratna, rokhayati.
11
Kamis
22-07-2010
§  Pengecatan TK Widya
§  TK Al insyirah

§  TPQ Al insyirah
§  TPQ Al muhajirin


§  TK Widya
§  Lomba Catur Kelurahan
§  Bimbel posko
§  Semua mahasiswa
§  Anjar, budi, Chondro, Ary
§  Tri yuli, novana
§  Novana, rinanto, Chondro LU, Ary W, Devi, Prima.
§  Novia, amin, efi.
§  Mahasiswa laki-laki.
§  All mahasiswa
12
Jumat
23-07-2010
§  Kerja Bakti Rw4
§  Bimbel Rw4
§  Tk Al Insyirah

§  Tpq Al Insyirah
§  Tpq Al Muhajirin

§  Tpq  Nurul Iman

§  Posyandu Rw5

§  Bimbel Rw4
§  Pos Paud Dahlia


§  Pengecatan Taman Jalan Protokol
§  Bimbel Posko
§  Paud Soka Indah RW6
§  Semua mahasiswa
§  Semua Mahasiswa
§  Ary w, Chondro, Ajar, Budi.
§  Tri yuli, Novana.
§  Novana, Devi, Prima, Rinanto,Nanik.
§  Risca, Intan, Bagkit, Nur avinita.
§  Ary w, vicky, paulus, endah, ratna, novana.
§  Semua mahasiswa
§  Rendra, endah, ratna, rokha, eko, itjeh, nanik, Ary W.
§  All Mahasiswa.

§  All mahasiswa
§  Efi, amin, nunung.
13
Sabtu,
24 -07-2010
§  TK al Insyirah

§  Pos PAUD Anggrek


§  Bimbel Posko
§  Budi, anjar, chondro, Ary.
§  Chondro, Ary, Paulus, Bangkit, Intan, Risca, Nur Avinita, Rokha.
§  All Mahasiswa
14
Minggu,
25-07-2010
§  Pembuatan taman
§  Pengadaan Tanaman Kecamatan
§  Penyerahan Tanaman Kecamatan
§  All Mahasiswa
§  All Mahasiswa

§  Chondro LU, Ary W.
15
Senin
26-07-2010
§  TK Al Insyirah

§  TPQ Al Insyirah

§  TK Widya


§  Bimbel posko
§  Paud Harapan Bunda RW2
§  TPQ Al Muhajirin

§  TPQ Al Ikhsan

§  TPQ Nurul iman

§  Bimbel RW4



§  Bimbel Posko
§  Chondro, Ary, Anjar, Budi.
§  Tri Yuli, Tsani, Endah, Ratna, Ary.
§  Nunung, amin. Novia, rinanto, efi, vicky, rendra, ayu wulan.
§  All Mahasiswa
§  Masyari, paulus, tsaniatun, rokhayati.
§  Novana, vicky, rinanto, prima, intan.
§  Tsaniatun, rokhayati, khuzaenah.
§  Risca, nur avinita, nanik, intan, bangkit.
§  Bangkit, budi, rokhayati, novana, risca, nur avinita, ratna, tyas, endah, tsaniatun.
§  All mahasiswa
16
Selasa,
27-07-2010
§  Tk Al Insyirah

§  TK Widya

§  TPQ Al Insyirah


§  TPQ Nurul Iman


§  TPQ Al Muhajirin



§  Bimbel Posko
§  Chondro, Ary, Anjar, Budi.
§  Nunung, Novia, Efi, M.Khoirudin, Amin.
§  Khuzainah, Tsaniatun,Tri Yuli, Ary, Chondro.
§  Risca, Nur Afinita, Nanik, Intan, Rokhayati, Bankit
§  Rinanto,novana, vicky, nur ijeh, tri ratna, eko heris, ary W. , Chondro L.U
§  Semua mahasiswa
17
Rabu,
28-07-2010
§  TK Al- insyirah

§  TK Widya

§  TPQ Al Insyirah
§  Chondro, Ary, Anjar, Budi
§  Nunung, Novia, Efi, Rinanto, M. Khoirudin
§  Tri Yuli, Rita T.


§  Tpq Al Muhajirin


§  Tpq Nurul Iman


§  TPQ Al Ikhsan

§  PAUD Harapan Bunda

§  Bimbel Posko
§  Rinanto,vicky, novana, nunung, efi, prima
§  Risca, Nur Afinita, Rokhayati, Nanik, Intan Nilam
§  Tsaniatun, Khuzainah, rokhayati
§  Tsaniatun , rokhayati, M. Masyhari
§  Semua mahasiswa
18
Kamis,
29-07-2010
§  TK Al Insyirah

§  TK Widya

§  Bimbel posko
§  Kunjungan tiap RW dan tokoh masyarakat dalam rangka undangan penyuluhan Napza
§  Anjar, budi, Ary, Chondro.
§  Nunung, novia, efi, M. Khoirudin
§  Semua mahasiswa
§  All Mahasiswa
19
Jum’at,
30-07-2010
§  TK Al Insyirah

§  TK Widya

§  TPQ Al Muhajirin

§  BimBel RW IV
§  TPQ Al ikhsan

§  PAUD soka Indah

§  TPQ Nurul Iman

§  Bimbel posko
§  Chondro, Ary,Budi, Anjar, khuzainah, novana, Tsaniatun
§  Nunung, Novia, Efi, Rinanto, M. Khoirudin
§  Rinanto, novana, devi
§  Semua mahasiswa
§  Khuzaenah, tsaniatun, rockhayati.
§  Efi, nunung, novia, ayu, amin.
§  Risca, nur avinita, nanik.
§  All mahasiswa
20
Sabtu
31-07-2010
§  Penyuluhan cara mencuci tangan dan gosok gigi Tk Al Insyirah
§  Gladi Kesiapan Penyuluhan NAPZA
§  Penyuluhan NAPZA IKIP PGRI Semarang
§  Chondro L.U, Ary W, Denny R , M. Masyhari, Anjar M, Budi m.

§   All mahasiswa

§  All mahasiswa
21
Minggu,
01-08-2010
§  Podok seni RW9



§  Lomba mewarnai TK
§  Lomba Geguritan
§  Lomba Joget balon
§  Bimbel posko
§  Chondro LU, Ary w, Rokhayati, Novana, Tsaniatun, Rinanto, Rendra, Deny R.
§  All Mahasiswa
§  All Mahasiswa
§  All Mahasiswa
§  All mahasiswa
22
Senin,
02-08-2010
§  Bimbel RW4
§  TK AL insyirah

§  TPQ Al Insyirah

§  TPQ Al Ikhsan


§  TPQ Nurul iman

§  TPQ al muhajirin
§  Bimbel posko
§  Al Mahasiswa
§  Chondro LU, Ary W, Anjar, Budi.
§  Chondro LU, Anjar, Ary W.
§  Khuzaenah, Tsaniatun, Rokhayati, Rita.
§  Risca, nanik, intan, nur avinita, Rokhayati.
§  Rinanto, novana
§  All mahasiswa
23
Selasa,
03-08-2010
§  TK Al insyirah
§  TPQ Al insyirah
§  TPQ Al Ikhsan

§  TPQ Nurul Iman

§  TPQ Al Muhajirin

§  Bimbel posko



§  Chondro LU, Ary w.
§  Tsaniatun, Khuzaenah
§  Tsaniatun, Khuzaenah, Rokhayati.
§  Risca, nanik, intan, Nita.
§  Novana, rinanto, prima.
§  All mahasiswa

24
Rabu,
04-08-2010
§  Bimbel RW4
§  PAUD Harapan Bunda RW2
§  TK Al insyirah

§  TPQ Al insyirah
§  TPQ Al Muhajirin


§  TPQ Nurul Iman

§  Bimbel posko
§  All Mahasiswa
§  Ary W, Tsaniatun, novana, rokhayati, devi w
§  Chondro, Ary, Budi, Anjar, Deny.
§  Tri yuli, khuzaenah.
§  Novana, Novia, rinanto, vicky, eko haris, efi.
§  Risca, rokhayati, nanik, intan, nur avinita.
§  All mahasiswa
25.
Kamis,
05-08-2010
§  TK Al insyirah

§  TPQ Nurul Iman

§  TPQ Al Ikhsan
§  TPQ Nurul Iman

§  Bimbel posko
§  Chondro, Ary, Budi, Anjar, Deny, tsaniatun.
§  Risca, Rockhayati, nanik, intan, nita.
§  Khuzaenah, Tsaniatun
§  Risca, Rochayati, nanik, intan, nita.
§  All mahasiswa
26
Jumat,
06-08-2010
§  TPQ Nurul iman & Perpisahan
§  PAUD soka Indah& Perpisahan
§  Posyandu RW7


§  Bimbel RW4 & Perpisahan
§  TPQ Al Ikhsan & perpisahan
§  Pos PAUD Dahlia & perpisahan

§  Lomba Footshall Kecamatan
§  Bimbel posko
§  Risca, Rockhayati, nanik, intan, nita.
§  Tsaniatun, novia, efi.

§  Chondro LU, Ary W, tri ratna, turasih, deny, eko haris, ayu wulan.
§  All Mahasiswa

§  Tsaniatun, Khuzaenah

§  Ary W, Rokhayati, Novana, Endah, Tri Ratna, Chondro LU.
§  All Mahasiswa Laki-laki.
§  All mahasiswa
27
Sabtu,
07-08-2010
§  TK Al insyirah & perpisahan
§  Bimbel posko
§  Chondro LU, Ary w, Budi, Anjar, Deny.
§  All mahasiswa
28
Minggu,
08-08-2010
§  Penyerahan kenang-kenangan dan APE untuk tiap-tiap Instansi (PAUD,TK,TPQ, dll)
§  Kunjungan ke tiap RW, Perangkat kelurahan, tokoh masyarakat, guru atau pimpinan instansi dalam rangka undangan perpisahan
§  All Mahasiswa



§  All Mahasiswa
29
Senin,
09-08-2010
§  Kunjungan seminar undip ttg kenakalan remaja
§  Melatih pentas seni anak-anak serta gladi kesiapan perpisahan.
§  All Mahasiswa

§  All Mahasiswa

30
Selasa,
10-08-2010
§  Upacara Penarikan
§  Perpisahan dan Pentas seni.
§  All Mahasiswa
§  All Mahasiswa




C.      Kegiatan Hasil
Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim KKN beserta masyarakat Kelurahan Palebon dapat berjalan dengan lancar. Berdasarkan hasil yang diamati dari berbagai kegiatan seperti : pemberian keterampilan pembuatan APE (Alat Peraga Edukatif), bimbingan belajar, PAUD dan sebagainya, kami menyimpulkan bahwa hasil yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan tersebut berhasil dan cukup memuaskan. Sehingga dengan hasil ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat Kelurahan Palebon.

D.      Kegiatan Hambatan
Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Tim KKN cukup berjalan dengan lancar , akan tetapi tetap saja kami menemui dan mengalami beberapa hambatan, antara lain :
1.    Dalam kegiatan PAUD sebagian besar warga kurangnya menyadari arti pentingnya pendidikan terutama PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini) dan sisanya oleh karena faktor ekonomi.
2.    Terbatasnya dana yang dimiliki oleh mahasiswa KKN menyebabkan beberapa kegiatan yang direncanakan terpaksa ditunda.

E.       Cara Mengatasi Hambatan
Dari beberapa hambatan tersebut, kami melakukan beberapa upaya untuk mengatasinya, antara lain :
1.    Memberi  keterampilan membuat APE (Alat Peraga Edukatif) karena telah memiliki Pos PAUD sehingga kelak dapat membuat alat peraga tanpa membeli dengan harga mahal melainkan memanfaatkan barang bekas sebagai daur ulang. Hal ini dilakukan agar warga di wilayah lain berubah pikiran tentang adanya PAUD yang menurutnya hanya menghabiskan uang saja.
2.    Memberikan sosialisasi tentang arti pentingnya pendidikan terutama PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
Demikianlah gambaran umum untuk program kerja Tim KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) dari Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan yang dapat terealisasi dengan baik. Keberhasilan kami merupakan hasil maksimal dari kerja Tim KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) dan partisipasi serta dukungan dari segenap masyarakat Kelurahan Palebon.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Tim KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention) IKIP PGRI Semarang tahun 2010 di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan sejak tanggal 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2010, dengan kegiatan yang bersifat non fisik maupun fisik dan penunjang  dengan hasil-hasil yang sudah dicapai maka kami dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.    Bidang Kerohanian
Kegiatan-kegiatan kerohanian yang ada di Kelurahan Palebon sudahlak kompleks. Di kelurahan ini sudah terdapat TPQ maupun Tempat ibadah yang baik, sehingga dengan adanya tersebut kegiatan yang bersifat spiritulalis dapat terlaksana dengan baik disamping hal tersebut dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat.
2.    Bidang Pendidikan
a.    Masyarakat di Kelurahan Palebon sadar akan pentingnya pendidikan hal ini dapat dilihat dari data statistik, adapun untuk mempertahankan ini dan meningkatkan mutu pendidikan merupakan tugas pemerintah dan masyarakat  Kelurahan Palebon yang harus dilanjutkan. Sadaranya masyarakat palebon sudah di mulai sejak anak usia dini, sehingga hampir tiap RW dikeluaha palebon kini minimal hampir memiliki POS PAUD, sedangkan RW yang belum memiliki masih dalam tahap membangun. Beberapa RW juga berinisiatif untuk dapat memiliki rumah pintar sehingga dapat mencerdasakan n warganya.
b.    Kegiatan KKN Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis CRC (Child Rights Convention) yang dilaksanakan Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan masyarakat menguasai keterampilan yang telah diberikan oleh Tim KKN.
3.    Bidang Sosial Masyarakat
Jiwa gotong royong dan kekeluargaan yang bersifat sosial dan kemasyarakatan sudah sangat baik. Dilihat dari program kerja PKK yang sudah berjalan dengan baik. Hal ini juga terlihat dari kegiatan posyandu, kegiatan bersih-bersih desa, serta perkumpulan warga Kelurahan Palebon.
B.       Rekomendasi
Demi kesempurnaan KKN yang akan datang maka kami mempuyai sedikit usulan, yaitu :
1.    Kepada Pemerintahan Kelurahan
a.    Untuk peningkatan kesejateraan di Kelurahan Palebon maka perlu meningkatkan manajemen dan program kerja kelurahan dengan baik.
b.    Pemerintahan keluahanarus lebih memantau RW-RW yang sarana dan prasarana masih kurang, sehingga Rw tersebut tidak smakin tertinggal denga RW yang sudah maju.
c.    Komunikasi antara staf kelurahan dengan warga masyarakat secara intensif sangat diperlukan demi mempercepat  peningkatan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, hendaknya kegiatan serta perkumpulan yang selama ini sudah berjalan tetap dijaga kelanggengannya serta kualitasnya.
d.   Kerjasama antar RT/RW sangat diperlukan demi meningkatkan persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terjalin dengan harmonis.
2.    Kepada Kecamatan
a.       Pihak kecamatan harus lebih memberikan dukungan, baik riil maupun materi untuk setiap pelaksanaan KKN, sehingga Tim KKN benar-benar dapat bekerja secara optimal dalam tujuannya membangun desa.
b.      Meningkatkan pembinaan dan arahan kepada Tim KKN, sehingga lebih siap terjun di masyarakat.

C.      Kata Penutup
Dengan mengucapkan syukur yang teramat besar kepada Tuhan yang Maha Kuasa oleh karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan pembuatan laporan ini. Perlu diketahui bahwa laporan ini merupakan hasil dari kegiatan KKN selama kurang lebih 30 hari yang memuat seluruh program yang telah direncanakan. Setelah KKN ini kami berharap kkenaikan level step yang telah kami bawa bagi Palebon terutama tiap instansi untuk di jaga dan di tingkagtkan lebih tinggi, karena sebuah ilmua akan lebih bermanfaat jika di gunakan dan di kembangkan bersama orang lain. Begitu pula timbal baliknya terhadap kami, KKN ini telah memberikan kenaikan step instuisi tiap mahasiswa, hal tersebut merupakan sebuah ilmua yang tidak akan pernah dapat ditemukan dalam buku teori manapun, dan ilmu itu tentu akan bermanfaat bagi kami untuk hidup bermasyarakat dimasa mendatang. Segala yang telah berlalu merupakan kenangan, dan masa yang akan berupa harapan dan impian. Tapi perlu di ingat juga, bahwa apa yang terjadi pada masa lalu adlah yang membawa kita hingga pada masa kini, dan yang kita lakukan pada masa kini adalah hal yang akan membawa kita ke masa yang akan datang. Hal itulah yang senantiasa kami ingat dan tidak akan pernah kami lupakan berbagai manfaat yang telah kami dapat di Palebon. Sekali lagi, Kami menyadari bahwa dalam menjalankan tugas tidak lepas dari kesalahan dan kekhilafan. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terutama masyarakat kelurahan Palebon. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian, bimbingan dan bantuan dalam bentuk apapun demi terlaksananya program-program yang telah kami rencanakan. kami Tim KKN mengucapkan terimakasih karena semua pihak membantu, menginspirasi, dan memberikan dorongan untuk kami dapat berkembag lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar